Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Cara Membuat Nomor Halaman di Word untuk Skripsi, Perhatikan Langkah-Langkahnya

Cara Membuat Nomor Halaman di Word untuk Skripsi, Perhatikan Langkah-Langkahnya Ilustrasi Word. businessinsider.com

Merdeka.com - Cara membuat nomor halaman di Word untuk skripsi cukup mudah. Bagi mahasiswa, pasti sudah tidak asing dengan karya tulis berupa skripsi. Skripsi adalah karya ilmiah yang dibuat oleh mahasiswa program sarjana. Skripsi ini merupakan salah satu persyaratan bagi mahasiswa jika ingin mendapatkan gelar akademiknya.

Penulisan skripsi pun juga harus mematuhi aturan yang telah ditentukan. Salah satunya yaitu tentang penomoran halaman, yang biasa mengandalkan Word untuk mempermudahnya. Tapi, cara membuat nomor halaman di Word untuk skripsi sedikit berbeda.

Cara membuat nomor halaman di Word untuk skripsi biasa dibuat berbeda-beda letak atau posisinya. Cara membuatnya mungkin tidak terlalu rumit, tapi jika tidak teliti justru akan membuat kita kebingungan.

Dalam artikel berikut ini, kami akan sampaikan bagaimana cara membuat nomor halaman di Word untuk skripsi yang dilansir dari laman liputan6.com.

Cara Membuat Nomor Halaman di Word untuk Skripsi

Berikut adalah langkah-langkah untuk cara membuat nomor halaman di Word untuk skripsi yang beda letak.

Pastikan semua bagian skripsi berada dalam 1 dokumen

Jika dokumen skripsi terpisah menjadi beberapa file, Anda perlu menyatukannya terlebih dahulu agar menjadi 1 dokumen saja. Selain mempermudah penomoran, menyatukan dokumen juga akan memudahkan kita membuat daftar isi secara otomatis.

Pastikan halaman jilid menggunakan format halaman cover

Anda bisa membuat format cover dengan menggunakan langkah menu Insert > Cover Page, lalu pilih format cover yang tersedia.

Masukan nomor halaman

Jika Anda sudah memiliki satu dokumen skripsi di Word yang siap di beri nomor halaman, Anda bisa melanjutkan cara membuat nomor halaman di Word untuk skripsi dengan langkah berikut:

LANGKAH 1:

Berikan penomoran dengan angka romawi di posisi bawah tengah. Penomoran dengan angka romawi ini umumnya diberikan pada beberapa halaman di awal selain halaman isi bab, seperti pada kata pengantar, daftar isi, daftar gambar dll yang letaknya di bagian bawah tengah.

Cara membuat nomor halaman di Word untuk skripsi dengan format romawi adalah dengan klik pada halaman yang ada judul KATA PENGANTAR, lalu pilih menu insert > page number > bottom of page > Plan Number 2 (agar posisi number di bawah tengah halaman). Nomor pun akan muncul di bagian bawah tengah halaman. Selanjutnya pilih lagi menu insert / menu design > page number > format page number, lalu pilih format romawi i, ii, iii.

Lalu tekan tombol Ok.

Untuk keluar dari mode edit page number, silakan pilih menu design > Close Header atau footer di sebelah kanan, atau Anda juga bisa double klik di tengah halaman mana saja.

Namun, langkah di atas akan membuat semua halaman pada Word Anda jadi memiliki nomor romawi yang berurutan. Padahal, nomor romawi hanya perlu digunakan untuk halaman awal saja sebelum isi, sedangkan halaman isi BAB karya ilmiah harus menggunakan penomoran dengan angka 1,2,3 dan seterusnya.

LANGKAH 2:

Lalu bagaimana cara membuat nomor halaman di Word untuk skripsi pada isi BAB?

Penomoran untuk isi BAB skripsi yang memiliki BAB dan sub BAB, umumnya menggunakan format penomoran 1,2,3, dan seterusnya secara berurutan dengan letak penomoran yang berbeda antara halaman yang ada judul BAB dengan halaman selanjutnya.

Untuk halaman yang ada di setiap awal BAB (yang ada tulisan BAB) penomoran diletakan di bagian bawah tengah, dan untuk halaman lanjutannya diposisikan pada pojok kanan atas.

Caranya bisa dengan klik pada halaman yang ada tulisan judul BAB. Kemudian pilih menu Page Layout > Breaks > Continuous dengan memilih menu tersebut biasanya tulisan akan bergeser ke bawah 1 baris, lalu silakan betulkan setelah selesai melakukan penomoran. Lalu, double klik pada bagian footer hingga bagian footer yang ada nomor halaman dalam mode edit dan nomor halaman terseleksi.

Kemudian hilangkan centang menu Link to Previous agar halaman tersebut memiliki perilaku berbeda tidak mengikuti perilaku pada halaman sebelumnya. Kemudian pilih Insert > page numbers > Format page Number..., dan pilih number format 1,2, 3, kemudian opsi start at dan silakan masukan nomor halaman tersebut, misal 1.

Kemudian tekan tombol OK. Setelah menekan tombol OK, halaman akan memiliki number 1,2,3 dst yang posisinya di bagian bawah tengah sampai ke halaman lainnya.

Posisi format number 123 di bagian bawah tengah seharusnya hanya untuk halaman yang ada tulisan judul BAB saja, sedangkan untuk halaman lanjutan penomoran berada di pojok kanan atas. Lalu keluar dari mode editor page number dengan mendouble-klik di tengah halaman atau melalui menu desain > Close Header and Footer.

LANGKAH 3:

Cara membuat halaman skripsi dengan penomoran isi yang tidak ada judul BAB agar dapat diletakkan di pojok kanan atas bisa dengan cara berikut:

  1. Silakan klik halaman setelah halaman BAB yang tidak ada tulisan judul BAB, pastikan posisi kursor ada di bagian paling atas di kiri sebelum tulisan. Lalu Pilih menu Page Layout > Breaks > Continuous.
  2. Tujuannya adalah agar halaman tersebut dan halaman setelahnya bisa dibedakan dari halaman sebelumnya. Biasanya tulisan akan bergeser satu baris ke bawah, dan Anda bisa membetulkannya terakhir setelah nomor halaman muncul.
  3. Di halaman tersebut, Sebelum insert number, silakan double klik pada bagian header, lalu setelah masuk ke mode editor header, pada menu Design > hilangkan centang Link To Previous.
  4. Setelah centang Link to Previous dihilangkan, Kemudian pilih menu Insert > Page Number > Top of Page lalu pilih Palin Number Page 3, agar posisi number muncul di pojok atas kanan halaman.
  5. Pilih menu Design / menu insert > Page Number > Format Page Number Pada dialog yang muncul, silakan pilih number format pilih 123, dst. Pada Opsi start At masukan nomor halaman yang dimaksud misal 2 atau silakan sesuaikan dengan punya Anda.
  6. Halaman tersebut umumnya masih ada number di bawah tengah karena mengikuti aturan format penomoran sebelumnya, harus kita hapus. Double klik bagian footer, setelah masuk mode edit footer dan number yang ingin dihapus terseleksi, klik menu design > hilangkan centang pada menu Link to Previous, Kemudian Pilih menu Insert > page Number > Remove page number, maka Number yang ada di bawah halaman akan terhapus. Untuk bab selanjutnya caranya sama seperti yang diuraikan di langkah 3 di atas. Agar halaman ingin dibedakan dengan halaman sebelumnya, maka Anda bisa melakukannya dengan cara break continuous melalui menu Page Layout > Breaks > Continuous.

 

(mdk/ank)
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Cara Membuat Nomor Halaman di Word untuk Skripsi, Berikut Langkahnya
Cara Membuat Nomor Halaman di Word untuk Skripsi, Berikut Langkahnya

Tak perlu bingung saat hendak menomori halaman skripsi, ikuti saja langkah-langkah ini.

Baca Selengkapnya
Contoh Paragraf Deskripsi, Begini Cara Membuatnya Mudah Banget
Contoh Paragraf Deskripsi, Begini Cara Membuatnya Mudah Banget

Singkatnya, paragraf deskripsi merupakan sejumlah rangkaian kalimat yang ditulis dengan tujuan menggambarkan sesuatu hal tertentu.

Baca Selengkapnya
Cara Mengatur Spasi di Word, Mudah Dipraktikkan
Cara Mengatur Spasi di Word, Mudah Dipraktikkan

Cara mengatur spasi di Word mudah dipraktikkan. Spasi yang tepat akan memudahkan pembaca.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
8 Tips Memilih Nama Anak, Pertimbangkan Hal Ini Agar Tidak Salah Langkah
8 Tips Memilih Nama Anak, Pertimbangkan Hal Ini Agar Tidak Salah Langkah

Proses memilih nama anak bisa menjadi sebuah perjalanan yang penuh kesenangan dan tantangan.

Baca Selengkapnya
Contoh Saran Makalah Beserta Penjelasan Lengkapnya yang Bisa Dipelajari
Contoh Saran Makalah Beserta Penjelasan Lengkapnya yang Bisa Dipelajari

Kumpulan contoh saran makalah beserta penjelasan lengkap yang mudah dipahami.

Baca Selengkapnya
Contoh Sisindiran Bahasa Sunda Kocak, Mampu Menggelitik dan Bikin Tertawa Terbahak-bahak
Contoh Sisindiran Bahasa Sunda Kocak, Mampu Menggelitik dan Bikin Tertawa Terbahak-bahak

Sisindiran Sunda ini juga mempunyai pesan yang hendak disampaikan pada pembaca atau para pendengar.

Baca Selengkapnya
Contoh Kata Keterangan, Lengkap Beserta Jenis dan Penjelasannya
Contoh Kata Keterangan, Lengkap Beserta Jenis dan Penjelasannya

Kata keterangan adalah jenis kata yang memberikan informasi tambahan atau detail mengenai kata lain dalam kalimat, kecuali kata benda

Baca Selengkapnya
Contoh Teks Tanggapan Lengkap Beserta Strukturnya yang Perlu Diketahui
Contoh Teks Tanggapan Lengkap Beserta Strukturnya yang Perlu Diketahui

Kumpulan contoh teks tanggapan dan penjelasan lengkapnya.

Baca Selengkapnya
170 Nama Anak Perempuan dari Bahasa Sansekerta, Punya Makna Kesucian & Kemurnian
170 Nama Anak Perempuan dari Bahasa Sansekerta, Punya Makna Kesucian & Kemurnian

Berikut kumpulan nama anak perempuan dari Bahasa Sansekerta yang memiliki makna kesucian dan kemurnian.

Baca Selengkapnya