Anak Sulung adalah Anak Pertama, Pahami Sifatnya

Sabtu, 13 Agustus 2022 11:53 Reporter : Novi Fuji Astuti
Anak Sulung adalah Anak Pertama, Pahami Sifatnya ilustrasi anak dan ibu. raisingchildren.net.au

Merdeka.com - Istilah anak sulung bukanlah istilah baru. Beberapa orang menyebut anak sulung adalah anak pertama. Anak yang biasanya mendapat perhatian lebih di antara anak tengah. Namun, anak sulung lebih dikondisikan untuk menjadi yang terbaik dalam segala hal daripada anak yang lainnya. Hal ini dikarenakan anak sulung dituntut untuk menjadi dewasa, matang, mapan, dan contoh yang baik bagi adik-adiknya.

Tak heran bila kemudian banyak yang menyebut anak sulung adalah individu yang dewasa dan mandiri. karena dapat mengontrol emosinya dengan baik. Mereka adalah orang-orang yang suka menyenangkan orang lain terutama ayah dan ibu mereka. Dengan kedewasaannya sikapnya, mereka menjadi pemimpin alami cenderung lebih tenang dalam menghadapi setiap masalah dan tidak terburu-buru dalam mengambil suatu keputusan.

Berikut informasi lengkap mengenai anak sulung adalah anak pertama yang telah dirangkum merdeka.com melalui repository.uin-suska.ac.id pada Sabtu, (13/08/2022).

2 dari 3 halaman

Pengertian Anak Sulung

Anak sulung adalah anak yang paling tua atau anak pertama yang lahir dari suatu keluarga. Karena anak tersebut adalah anak sulung maka berarti pengalaman merawat anak, pengalaman mendidik anak belum dimiliki oleh kedua orang tuanya.

Sering dikenal bahwa anak sulung ini sebagai “experimental child”. Kekurangan pengetahuan dan pengalaman dari orang tua membawa akibat tersendiri dalam diri anak. Jadi, karena orang tua belum berpengalaman merawat anak sewaktu menghadapi anak pertamanya, orang tua cenderung terlalu cemas dan melindungi berlebihan.

Anak sulung adalah mereka yang dibayangi sikap orang tua yang terlalu melindungi. Oleh sebab itu, anak sulung cenderung mempunyai ketakutan yang lebih banyak dibandingkan dengan anak yang lahir setelahnya.

Selain itu, anak sulung adalah mereka yang memiliki posisi yang unik, yaitu sebagai anak satu-satunya pada satu waktu dan kemudian mengalami pergeseran status ketika anak kedua lahir. Anak sulung awalnya mendapatkan perhatian utuh sampai terbagi saat adiknya lahir.

Peristiwa tersebut mengubah situasi dan pandangan anak pertama terhadap dunia. Bila anak sulung berusia lebih tua tiga tahun atau lebih ketika memiliki adik, maka biasanya akan merasa permusuhan dan kebencian terhadap adiknya.

3 dari 3 halaman

Sifat Anak Sulung

Setelah mengetahui pengertian anak sulung, selanjutnya kamu perlu tahu informasi mengenai karakter yang melekat pada anak sulung. Biasanya anak sulung adalah mereka yang memiliki sifat intelligent, independent, goal oriented, and over achievers.

Faktor penting pada pengalaman anak sulung adalah kenyataan bahwa ia pernah memiliki ayah-ibunya sendiri, curahan kasih sayang yang terfokus inilah yang kemudian memunculkan sifat intelligent.

Tetapi setelah lahirnya anak kedua dan berikutnya, kecemburuan pada adik-adiknya memunculkan sifat indenpendensi, sebuah barrier pembatas yang seolah-olah menyatakan bahwa “tak apa, urusilah adik tak perlu mengurusiku, aku mampu hidup sendiri”.

Anak sulung adalah anak tertua yang juga seringkali dituntut untuk mampu menjadi contoh yang baik bagi adik-adiknya atau segera mapan supaya kelak bisa membantu menghidupi keluarga. Hal inilah yang kemudian memunculkan sifat goal oriented and over achievers, menjadikannya individu yang optimistik tetapi juga sangat realistis.

Memiliki target tinggi, tetapi juga tidak terlalu ambisius. Anak sulung juga kerap mendapat tanggung jawab mengembangkan peran sebagai orang tua semu yang membantu mengasuh saudara kandung, ataupun orang lain.

[nof]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini