8 Makanan Penghilang Bau Mulut, Wajib Dicoba

Selasa, 18 Februari 2020 20:00 Reporter : Fatimah Rahmawati
8 Makanan Penghilang Bau Mulut, Wajib Dicoba 8 macam makanan yang dapat menghilangkan bau mulut. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Bau mulut sering dianggap sebagai hal yang memalukan. Jika tidak segera ditangani, bau mulut dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang. Bahkan bukan tidak mungkin juga, bau mulut yang dibiarkan bisa menurunkan kualitas hidup orang tersebut.

Bau mulut merupakan masalah rongga mulut yang sering terjadi tanpa disadari. Umumnya, seseorang baru sadar bahwa mulutnya mengeluarkan aroma tidak sedap ketika orang lain merasa terganggu olehnya. Adanya bau mulut menunjukkan bahwa kesehatan gigi dan mulut tidak terjaga dengan baik.

Salah satu penyebab bau mulut yaitu dipicu oleh bakteri gram negatif ketika ada peradangan di gusi. Bakteri ini menghasilkan VSC (Volatile Sulfur Compounds) yaitu gas penyebab bau mulut. Adanya sisa makanan yang terjebak dan membusuk di dalam gigi berlubang dan celah antar gigi yang tidak rapi juga bisa menimbulkan bau mulut. Lalu, tambalan gigi yang rusak, gigi palsu yang tidak pas dan jarang dilepas di malam hari, serta luka bekas pencabutan gigi juga bisa memicu bau mulut.

Berikut makanan yang dapat menghilangkan bau mulut, dilansir dari berbagai sumber:

1 dari 8 halaman

1. Susu

Susu sangat dianjurkan untuk dikonsumsi setelah seseorang makan makanan yang berbau menyengat, seperti bawang putih atau bawang merah. Penelitian telah membuktikan bahwa susu memiliki kandungan yang mampu menghilangkan bau mulut akibat mengonsumsi makanan berbau menyengat.

Selain susu, produk olahan susu berupa yoghurt juga dapat membantu menghilangkan bau mulut. Hal ini karena yoghurt mengandung probiotik yang dapat membantu mengurangi jumlah bakteri penyebab bau mulut.

2 dari 8 halaman

2. Jeruk

Sayur dan buah yang kaya akan vitamin C ternyata dapat menjadi alternatif yang praktis dan sehat untuk menghilangkan bau mulut tidak sedap. Buah seperti seperti jeruk, stroberi, jambu, dan anggur diketahui dapat menghasilkan asam pada mulut. Begitu pula dengan sayur kubis, brokoli, dan kembang kol yang sama-sama tinggi vitamin C.

Selain memiliki rasa yang menyegarkan, jeruk juga kaya akan vitamin C yang berfungsi meningkatkan produksi air liur. Dengan meningkatnya air liur, bakteri penyebab bau mulut akan banyak dibuang dari mulut. Ada juga penelitian yang menyatakan bahwa vitamin C bermanfaat untuk mencegah radang gusi dan sariawan. Asam yang dihasilkan buah jeruk ini dapat membantu mencegah bakteri jahat berkembang biak di dalam mulut.

3 dari 8 halaman

3. Teh Hijau

Teh hijau telah lama diketahui mengandung zat yang bersifat antibakteri dan antioksidan, serta terbukti mampu mengurangi peradangan. Selain itu, teh hijau ternyata juga ampuh menghilangkan bau mulut.

Teh hijau sangat berguna untuk mengusir senyawa sulfur penyebab bau dan bakteri yang ada di dalam mulut sehingga efektif untuk menghilangkan bau mulut. Untuk memperkaya cita rasa teh hijau, bisa ditambahkan daun mint ke dalam teh hijau yang akan dikonsumsi. Sama halnya dengan teh hijau, daun mint dipercaya efektif mengatasi bau mulut.

4 dari 8 halaman

4. Daun Sirih

Tumbuhan ini sering digunakan sebagai obat herbal. Secara tradisional, daun sirih banyak digunakan dengan cara dikunyah. Menurut beberapa penelitian, daun sirih memiliki efek antibakteri dan antiradang yang dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut. Hal ini sangat efektif dalam mengatasi bau mulut.

5 dari 8 halaman

5. Yogurt

Yogurt bisa jadi cara ampuh lainnya untuk menghilangkan bau mulut. Hal ini dikarenakan kandungan probiotik dalam yogurt dapat melawan bakteri jahat di mulut. Bukan hanya itu saja, probiotik dalam yogurt juga dapat menurunkan jumlah hidrogen sulfida yang dihasilkan oleh bakteri penyebab bau mulut. Hidrogen sulfida merupakan senyawa yang menyebabkan bau khas dari mulut.

Yogurt yang paling baik dikonsumsi untuk menghilangkan bau mulut adalah yogurt plain alias yang tanpa rasa. Pasalnya, tambahan gula dalam yogurt aneka rasa justru dapat menarik perhatian bakteri jahat.

6 dari 8 halaman

6. Permen Karet

Mengunyah permen karet bisa jadi cara menghilangkan bau mulut dengan sekejap di kala darurat. Mengunyah permen karet dapat membantu meningkatkan produksi air liur untuk membilas sisa-sisa plak yang menyelip di gigi.

Namun, tidak semua permen karet baik dikonsumsi untuk menghilangkan bau mulut. Pilih permen karet tanpa gula dengan rasa mint. Rasa mint dapat menyamarkan bau tak sedap di mulut. Di samping itu, permen karet tanpa gula juga lebih aman untuk mulut karena tidak mengundang bakteri.

7 dari 8 halaman

7. Apel

Manfaat apel untuk kesehatan memang tak perlu diragukan lagi. Selain kaya serat yang baik untuk melancarkan metabolisme, apel ternyata juga efektif untuk menghilangkan bau mulut. Mengunyah apel dapat membuat mulut memproduksi lebih banyak air liur yang akan membantu mengurangi plak dan sisa-sia makanan di gigi, yang biasanya jadi sumber bakteri penyebab mulut berbau.

Buah apel juga dapat membantu menghambat aktivitas bakteri penyebab bau mulut berkat kandungan polifenolnya. Polifenol dalam buah apel juga dapat menghilangkan senyawa atau gas yang berbau seperti belerang di mulut.

8 dari 8 halaman

8. Peterseli dan Kemangi

Peterseli dan kemangi mengandung polifenol yang bertindak seperti antioksidan. Polifenol ini membantu memecah senyawa sulfur di mulut. Selain itu, kandungan minyak dalam peterseli dan kemangi sangat ampuh mengusir bau mulut.

Peterseli dan kemangi juga dapat dijadikan makanan pelengkap ketika seseorang ingin makan makanan yang berbau menyengat, seperti makanan yang mengandung bawang putih. Gabungkan saja masakan dengan peterseli atau kemangi untuk menjaga agar bau bawang tidak menempel setelah makan.

[far]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini