7 Manfaat Teh Telang untuk Kesehatan, Minuman Unik yang Kaya Nutrisi

Selasa, 7 September 2021 20:30 Reporter : Andre Kurniawan
7 Manfaat Teh Telang untuk Kesehatan, Minuman Unik yang Kaya Nutrisi Ilustrasi teh bunga telang. ©2018 Merdeka.com/Pixabay

Merdeka.com - Anda mungkin mengenal teh dengan dua warna, yaitu teh hijau dan teh hitam. Namun, Anda harus mencoba varian lain yang disebut sebagai teh biru. Ya, teh ini memang memiliki warna biru yang unik, yang memiliki kesan cantik dan menyegarkan.

Teh biru ini berasal dari bunga telang, yang memang memiliki warna biru yang cantik. Bunga ini adalah tanaman dari famili Fabaceae dan umumnya ditemukan di seluruh negara Asia Tenggara seperti Thailand, Vietnam, dan Indonesia. Kelopak biru cerah dari bunga bunga telang digunakan sebagai bahan dalam minuman teh herbal selama berabad-abad.

Tapi, teh telang ini tak hanya memiliki tampilan unik, profil nutrisi dari teh ini juga mengesankan. Teh telang ini bebas kafein dan terdiri dari ramuan herbal sepenuhnya. Bersama teh hijau, teh biru juga merupakan sumber antioksidan yang baik. Teh telang mengandung sejumlah besar katekin EGCG serta sejumlah komponen anti-inflamasi dan peningkat kekebalan seperti flavonoid, tanin dan polifenol.

Jadi jangan heran jika teh telang ini juga banyak diminati. Karena selain tampilannya yang memukau, kandungan teh telang juga memberikan manfaat kesehatan yang baik bagi tubuh, seperti yang akan kami sampaikan berikut ini.

2 dari 4 halaman

Memberikan dukungan antioksidan

Manfaat teh telang yang pertama adalah sebagai sumber antioksidan. Sebuah penelitian dari tahun 2019 menemukan bahwa konsumsi bunga telang dalam bentuk minuman memang berdampak pada peningkatan aktivitas antioksidan dalam tubuh, yang pada akhirnya dapat dimanfaatkan untuk berbagai manfaat kesehatan.

atau butterfly pea

© Theayurveda.org

Mengandung antosianin

Manfaat teh telang yang kedua yaitu pada kandungan antosianinnya. Bunga telang kaya akan antosianin yang mendukung kesehatan. Dimulai dengan flavonoid, yang merupakan bahan kimia yang ditemukan pada tumbuhan.

Flavonoid ini menciptakan warna yang terlihat di alam pada bunga, sayuran, buah-buahan, dan tanaman lainnya. Flavonoid ini kemudian dipecah menjadi berbagai kelompok dan subkelompok bahan kimia tanaman. Beberapa makanan bergizi seperti blueberry, elderberry, dan cranberry mengandung antosianin yang ditemukan di lapisan sel luar. Antosianin mendukung aktivitas antioksidan dan terbukti mendukung kesehatan jantung dalam beberapa penelitian.

3 dari 4 halaman

Mendukung kulit bercahaya

ilustrasi kulit cantik©Shutterstock

Manfaat teh telang yang ketiga yakni untuk mendukung kulit bercahaya. Semua komponen dari bunga telang, dari akar hingga bunganya, dapat digunakan untuk perawatan kulit topikal. Satu studi menemukan tanaman memang memiliki pengaruh pada masalah kulit yang menenangkan. Namun, manfaat kulit utama akan terjadi dari antioksidan yang ada saat minum teh bunga telang.

Mengandung katekin serbaguna

Manfaat teh telang yang keempat yaitu pada kandungan katekinnya. Epigallocatechin gallate, atau EGCG, adalah katekin, yang merupakan antioksidan yang juga ditemukan dalam teh hijau. Penelitian menunjukkan bahwa EGCG memiliki banyak fungsi yang menyehatkan dalam tubuh, termasuk untuk membantu menjaga berat badan dan kesehatan jantung.

Secara khusus, satu penelitian menemukan bahwa mengonsumsi dua cangkir teh hijau per hari dikaitkan dengan penurunan lemak tubuh dan manajemen berat badan yang sukses. Meskipun penelitian ini dilakukan pada EGCG yang ditemukan dalam teh hijau, teh bunga telang juga mengandung katekin untuk mendukung kesehatan dan kebugaran.

4 dari 4 halaman

Dukungan kognitif

Manfaat teh telang yang kelima adalah untuk mendukung kemampuan kognitif. Sejumlah penelitian dilakukan dalam dua puluh tahun terakhir untuk memeriksa bunga telang dan dampaknya terhadap kesehatan kognitif. Beberapa dari penelitian ini telah melaporkan manfaat dalam penelitian pada hewan.

Meski pemeriksaan lebih lanjut diperlukan untuk memahami sepenuhnya bagaimana manfaat ini diterjemahkan dalam kesehatan manusia, tetapi penelitian awal tampak menjanjikan.

ilustrasi pencernaanshutterstock.com

Memperlancar pencernaan

Manfaat teh telang yang berikutnya yakni untuk memperlancar pencernaan. Teh kaya akan antioksidan, yang menjadikannya minuman yang baik untuk dimasukkan dalam diet detoks Anda, terutama di musim panas. Antioksidan melindungi tubuh dari aksi radikal bebas. Radikal bebas adalah zat berbahaya yang dapat merusak sel-sel sehat dalam tubuh. Minum secangkir teh biru sekali atau dua kali seminggu dengan perut kosong dapat mengeluarkan racun yang terakumulasi dalam sistem dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

Mempercepat penurunan berat badan

Manfaat teh telang yang terakhir yaitu membantu menurunkan berat badan. Teh biru bebas dari kafein, serta tidak mengandung karbohidrat, lemak, dan kolesterol. Oleh karena itu, minuman ini ideal bagi mereka yang sedang berjuang menurunkan berat badan, karena memurnikan usus dari sisa makanan dan kotoran, serta mengatur nafsu makan.

[ank]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini