6 Manfaat Media Sosial untuk Bisnis, Bantu Kembangkan Usaha Anda

Selasa, 29 Desember 2020 18:16 Reporter : Andre Kurniawan
6 Manfaat Media Sosial untuk Bisnis, Bantu Kembangkan Usaha Anda Ilustrasi media sosial. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Saat ini, media sosial seperti menjadi sesuatu yang wajib dimiliki oleh setiap orang. Hal ini bisa kita lihat dari banyaknya akun-akun di media sosial seperti Instagram, Twitter, atau Facebook. Dengan banyaknya pengguna di media sosial, maka tak heran jika platform ini sering dimanfaatkan dalam bidang bisnis.

Media sosial umumnya dirancang untuk memudahkan seseorang dalam bersosialisasi dan berkomunikasi dengan orang lain. Platform ini juga bermanfaat untuk menjalin silaturahmi, menambah relasi, dan bahkan saat ini juga banyak yang menjadikannya sebagai wadah untuk menunjukkan karya mereka.

Orang-orang bisnis pun juga tak mau kalah dalam memanfaatkan keramaian di media sosial. Banyaknya orang yang aktif di dalam media sosial bisa menjadi tempat yang potensial untuk memasarkan berbagai produk secara gratis.

Bagi Anda yang sedang menjalankan usaha apapun, manfaat media sosial pasti akan sangat membantu dalam mengembangkan unit bisnis atau pun untuk memperkenalkan usaha Anda pada khalayak.

Berikut adalah beberapa manfaat media sosial untuk bisnis yang telah kami rangkum dari searchenginejournal.com.

2 dari 4 halaman

Komunikasi Lebih Cepat dan Mudah

004 indra cahya
© The Next Web

Manfaat media sosial yang pertama adalah mempermudah komunikasi. Pelanggan dapat menghubungi customer service lebih cepat dan lebih mudah daripada sebelumnya berkat media sosial. Pelaku bisnis juga dapat menerima, meninjau, dan menanggapi keluhan pelanggan lebih cepat dan lebih mudah dari sebelumnya.

Berkat kehadiran media sosial, jalur komunikasi yang dulunya masih terasa sulit untuk dibangun, sekarang sudah mulai lebih mudah untuk dilakukan. Pelanggan juga bisa mendapatkan umpan balik dalam waktu yang lebih cepat dengan menggunakan media sosial.

Jaringan & Kemitraan

Manfaat media sosial yang kedua adalah mempermudah dalam menjalin kemitraan. Dalam memasarkan sebuah merek, berkerja sama dengan orang-orang terkenal dinilai akan memberikan dampak positif untuk mendapat perhatian publik.

Sebelum adanya media sosial, kita kesulitan jika ingin menghubungi seorang artis, politisi, atau influencer lainnya. Namun saat ini, kita dapat dengan mudah mendapatkan akun dari para selebritas, bintang olahraga, bahkan presiden. Sehingga, kita memiliki peluang lebih dari sebelumnya dalam menjalin kemitraan.

Membangun hubungan yang berkualitas juga jadi jauh lebih mudah dengan komunikasi yang efisien yang didapatkan dari media sosial. Dan tentunya, membangun hubungan dengan influencer dapat menghasilkan banyak nilai untuk merek Anda.

3 dari 4 halaman

Meningkatkan Visibilitas Organik

006 indra cahya©2016 Merdeka.com

Manfaat media sosial yang ketiga yaitu dapat meningkatkan visibilitas organik. Selain dapat menjalin kemitraan, masih ada banyak nilai potensial lainnya yang bisa didapatkan dari media sosial.

Media sosial juga bisa mengirimkan sinyal relevansi dan sinyal lain ke mesin telusur seperti Google untuk memastikan konten populer agar mudah dilihat dan dibagikan.

Google mengatakan bahwa like, favorites, share, backlink, dan lain semacamnya dalam media sosial bukanlah sinyal peringkat langsung, tetapi ada korelasi antara aktivitas/popularitas media sosial dan bagaimana itu bisa diberi peringkat oleh mesin pencari.

Meningkatkan Traffic Website

Manfaat media sosial yang keempat yaitu untuk meningkatkan traffic website. Media sosial dimaksudkan untuk menjangkau khalayak yang berbeda dengan cara yang menarik, berguna, dan menghibur dan merujuk pelanggan potensial yang mungkin belum pernah Anda libatkan sebelumnya untuk mengenal dan mencoba bisnis Anda.

4 dari 4 halaman

Timbal Balik Pelanggan

Manfaat media sosial yang kelima adalah mempermudah mendapatkan timbal balik dari pelanggan. Dalam dunia bisnis, penjualan, dan keuntungan, terlepas dari apa industri Anda dan kepada siapa Anda memasarkan dan menjual, fokusnya harus benar-benar berada pada pelanggan.

Kesuksesan dalam berbisnis, baik secara digital maupun tradisional, dicapai dengan memahami bagaimana layanan terbaik yang dinginkan oleh pelanggan. Dan juga, berusaha untuk memastikan pelanggan memiliki pengalaman terbaik ketika berbisnis dengan Anda.

Tentu saja, produk atau layanan yang Anda jual juga harus bagus, tetapi akan selalu ada pelanggan yang tidak senang. Bagaimana cara menanggapi pelanggan, sangat penting untuk meraih kesuksesan bisnis online Anda dan menjaga reputasinya.

Media sosial membantu pelaku bisnis dengan memberi platform untuk berinteraksi langsung dengan pelanggan.Pelaku usaha juga menerima umpan balik dari pelanggan secara langsung dari sumbernya, lebih cepat dari sebelumnya.

Membantu Memantau Kompetitor Anda

Manfaat media sosial yang terakhir yaitu kita dapat memantau bagaimana kompetitor kita bekerja. Saluran media sosial juga memungkinkan kita untuk tidak hanya memperhatikan taktik dan praktik pemasaran lainnya, tetapi juga dengan taktik yang digunakan oleh pesaing secara langsung. Anda pun bisa belajar banyak dari pesaing Anda.

Pesaing Anda memiliki tujuan yang sama seperti Anda, yaitu membangun dan melindungi reputasi merek dan pada akhirnya menjual produk / layanannya. Jadi ada baiknya jika Anda memantau dan mencari cara yang dapat dilakukan bisnis Anda dengan lebih baik untuk menghibur dan memberikan pemahaman tentang bisnis Anda kepada publik.

[ank]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini