6 Manfaat Humidifier untuk Kesehatan Tubuh, Cegah Kulit Kering hingga Lindungi Mata

Selasa, 30 Juni 2020 16:30 Reporter : Andre Kurniawan
6 Manfaat Humidifier untuk Kesehatan Tubuh, Cegah Kulit Kering hingga Lindungi Mata ilustrasi pelembap udara. molekule.science

Merdeka.com - Menjaga kondisi ruangan agar tetap memiliki kelembapan yang ideal merupakan sesuatu yang penting. Apalagi jika biasa berlama-lama di ruangan yang ber-AC. Meskipun terasa sejuk dan nyaman, AC juga memberikan dampak buruk bagi kondisi sekitar. AC dapat membuat ruangan tersebut menjadi kering.

Untuk mengatasi keringnya udara dalam ruangan, Anda bisa mencoba menggunakan humidifier. Humidifier merupakan alat pelembap udara yang bekerja dengan menyemprotkan uap air ke udara. uap air ini akan meningkatkan kelembapan udara hingga batas ideal.

Selain menjaga kelembapan udara, humidifier juga memiliki beberapa manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Berikut beberapa manfaat humidifier bagi kesehatan tubuh, dilansir dari Liputan6:

1 dari 6 halaman

Mencegah Kulit Kering

ilustrasi kulit kering

©Shutterstock

Manfaat humidifier bagi kesehatan tubuh yang pertama adalah dapat mencegah kulit kering. Ketika udara menjadi kering, dapat menyebabkan kulit juga menjadi kering. Ketika kulit menjadi kering, kulit akan rentan mengalami pecah-pecah dan juga kusam.

Selain menggunakan lotion, Anda bisa mencoba cara lain, yaitu dengan melembapkan ruangan tempat Anda beraktivitas. Untuk melembapkan ruangan, humidifier menjadi salah satu solusinya.

Dengan menggunakan alat ini, kulit bisa terhindar atau juga bisa meringankan kondisi kulit yang kering, mengurangi goresan akibat kulit kering, dan bahkan bisa membuat waktu tidur lebih nyaman.

2 dari 6 halaman

Melembapkan Hidung

tersumbat

©www.newhealthadvisor.com

Manfaat humidifier bagi kesehatan tubuh yang kedua yaitu dapat melembapkan bagian dalam hidung. Udara yang kering bisa menyebabkan lendir menjadi kering dan kental. Kondisi ini bisa menyebabkan hidung menjadi tersumbat, sakit tenggorokan, dan nyeri pada sinus.

Untuk mencegah kondisi ini, Anda bisa menggunakan humidifier untuk melembapkan ruangan agar menciptakan tempat yang nyaman bagi hidung. Alat ini bisa memecah dahak di hidung dan dada kamu.

3 dari 6 halaman

Mencegah Mimisan dan Radang Tenggorokan

ilustrasi mimisan

©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Ilya Andriyanov

Manfaat humidifier bagi kesehatan tubuh yang ketiga yaitu mencegah mimisan dan radang tenggorokan. Mimisan biasa dipicu oleh masalah yang menyerang saluran napas bagian atas termasuk hidung, seperti alergi dan pilek.

Dengan menggunakan humidifier, bisa mencegah terjadinya mimisan. Alat ini juga bisa menjaga udara agar tetap lembap. Selain itu, penggunaan pelembap udara ini juga bisa mencegah kamu dari penyakit radang tenggorokan yang disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri.

4 dari 6 halaman

Mencegah Sakit Tenggorokan

Manfaat humidifier bagi kesehatan tubuh yang keempat yaitu dapat mencegah sakit tenggorokan. Masalah kesehatan lainnya yang bisa muncul akibat udara yang kering adalah sakit tenggorokan.

Dengan menggunakan humidifier yang bisa meningkatkan kelembapan udara dalam ruangan dapat meringankan masalah kesehatan tersebut. Manfaat humidifier bagi kesehatan tubuh juga akan berguna untuk mempercepat penyembuhan dan mencegah sakit tenggorokan terulang kembali.

5 dari 6 halaman

Melindungi Mata

012 tantri setyorini

©2018 Merdeka.com/Pexels

Manfaat humidifier bagi kesehatan tubuh yang kelima yaitu dapat melindungi mata. Di udara yang kering, debu dan partikel asing bisa bertebaran dengan sangat cepat.

Hal ini akan berpengaruh buruk pada kesehatan mata, salah satunya bisa mengakibatkan iritasi pada permukaan mata. Humidifier dapat menghilangkan udara kering dan juga melembapkan udara di sekitar. Sehingga dapat menghambat penyebaran partikel debu di udara.

6 dari 6 halaman

Memudahkan Pernapasan

Manfaat humidifier bagi kesehatan tubuh yang terakhir adalah dapat melancarkan pernapasan. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, udara kering menjadi salah satu penyebab hidung tersumbat. Hal ini tentu akan menyulitkan seseorang untuk bernapas.

Pemakaian humidifier dapat meringankan kondisi hidung tersumbat, dengan meningkatkan kelembapan udara di sekitar. Selain itu, alat ini juga bermanfaat untuk menghilangkan ketidaknyamanan akibat gejala alergi yang sering menyerang saluran pernapasan.

[ank]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini