6 Buah yang Harus Dihindari saat Diet, Bisa Tingkatkan Kalori Tubuh

Selasa, 12 Oktober 2021 10:15 Reporter : Andre Kurniawan
6 Buah yang Harus Dihindari saat Diet, Bisa Tingkatkan Kalori Tubuh Ilustrasi makan buah. © Malayalamlive.co

Merdeka.com - Menurunkan berat badan membutuhkan kesabaran, komitmen, dan kerja keras agar mencapai tujuan yang diinginkan. Dalam prosesnya, mengharuskan Anda untuk terlibat dalam aktivitas fisik, dan yang paling penting mengonsumsi makanan yang sehat.

Dalam urusan makanan, sebagian besar ahli kesehatan menyarankan untuk menambahkan makanan kaya serat dan protein ke dalam menu makan ketika berdiet, agar tetap kenyang lebih lama yang dan mencegah makan berlebihan.

Anda dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan biji-bijian, daging tanpa lemak, kacang-kacangan, produk susu rendah lemak dan buah-buahan serta sayuran segar untuk menurunkan berat badan dengan cara sehat.

Tapi Anda juga perlu tahu bahwa tidak semua buah segar dapat dikonsumsi saat Anda sedang dalam program penurunan berat badan. Meskipun dianggap sehat, beberapa buah tidak masuk ke dalam daftar makanan yang membantu Anda menurunkan berat badan secara efisien. Ini karena buah tersebut terlalu manis, atau memiliki jumlah kalori yang tinggi.

Lalu, apa saja buah yang harus dihindari saat diet? Dilansir dari ndtv.com, berikut kami sampaikan beberapa buah yang sebaiknya dihindari atau kurangi ketika sedang menjalani program diet.

2 dari 4 halaman

Alpukat

ilustrasi alpukat
©Pixabay

Buah yang harus dihindari saat diet yang pertama adalah alpukat. Salah satu buah berkalori tinggi adalah adalah alpukat, yang mana dalam 100 gram buah ini dinilai mengandung sekitar 160 kalori.

Meskipun alpukat adalah sumber lemak sehat yang baik, alpukat juga dapat meningkatkan jumlah timbangan dengan mudah jika dikonsumsi melebihi jumlah yang wajar. Bukan berarti Anda harus menghilangkannya dari menu. Yang terbaik adalah dengan makan buah ini dalam jumlah sedang.

Anggur

Buah yang harus dihindari saat diet yang kedua adalah anggur. Meski bagus untuk kesehatan secara keseluruhan, anggur sarat dengan gula dan lemak, yang menjadikannya pilihan buah yang tidak tepat ketika Anda sedang berusaha menurunkan berat badan.

100 gram anggur dinilai mengandung 67 kalori, dan 16 gram gula, yang berarti asupan makanan kecil ini secara teratur dapat menyebabkan penambahan berat badan.

3 dari 4 halaman

Buah-buahan Kering

Buah yang harus dihindari saat diet yang ketiga yakni buah-buahan kering. Buah-buahan kering seperti kurma, kismis, dan lain-lain memiliki kalori yang lebih banyak karena tidak mengandung air. Dikatakan bahwa satu gram kismis mengandung lebih banyak kalori dibandingkan anggur.

Jadi, sekitar satu cangkir kismis mengandung sekitar 500 kalori dan satu cangkir plum mengandung sekitar lebih dari 450 kalori. Yang terbaik adalah makan buah-buahan kering ini dalam jumlah terbatas.

024 tantri setyorini©2018 Merdeka.com/Pixabay

Pisang

Buah yang harus dihindari saat diet yang keempat yaitu pisang. Pisang memang buah yang sangat sehat, tetapi buah ini tidak boleh Anda konsumsi secara berlebihan. Pisang sarat dengan kalori dan memiliki gula alami yang banyak di dalamnya. Satu buah pisang memiliki sekitar 150 kalori, yaitu sekitar 37,5 gram karbohidrat.

Jadi, jika Anda termasuk orang yang mengonsumsi 2-3 buah pisang setiap hari, kemungkinan besar hal ini bisa menyebabkan kenaikan berat badan. Yang terbaik adalah dengan mengonsumsi hanya satu pisang sehari. Karena indeks glikemiknya rendah, pisang sebenarnya bisa menjadi camilan sehat jika dinikmati dalam jumlah sedang.

4 dari 4 halaman

Mangga

ilustrasi mangga©Pixabay

Buah yang harus dihindari saat diet yang kelima yakni mangga. Mangga adalah salah satu buah yang paling umum dikonsumsi. Buah ini tinggi vitamin A dan C, membuatnya bagus untuk kesehatan kulit dan rambut. Mangga juga memiliki kualitas anti-penuaan dan telah terbukti menurunkan kemungkinan kanker payudara dan usus besar.

Namun, kandungan gulanya sangat tinggi, bisa mencapai hampir 31 g per mangga. Untungnya, Anda dapat mengiris atau membaginya menjadi lebih kecil untuk menurunkan asupan gula.

Delima

Buah yang harus dihindari saat diet yang terakhir adalah delima. Berbagai penelitian telah dilakukan mengenai dampak buah delima terhadap kinerja fisik. Salah satu penelitian tersebut, menemukan bahwa konsumsi delima sebelum berolahraga dapat meningkatkan performa pada atlet.

Tetapi pertimbangkan juga karena satu buah delima mengandung hingga 39 gram gula, jadi, untuk mendapatkan hasil maksimal dari buahnya, makanlah satu buah sebelum berolahraga.

[ank]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini