5 Cara Membuat Masker Kunyit, Ampuh Cegah Jerawat

Kamis, 26 Maret 2020 15:15 Reporter : Novi Fuji Astuti
5 Cara Membuat Masker Kunyit, Ampuh Cegah Jerawat Ilustrasi masker tepung beras, kunyit, jeruk nipis. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Kunyit merupakan salah satu bahan alami yang bisa dimanfaatkan sebagai masker yang memiliki banyak manfaat untuk kecantikan seperti dapat mencegah jerawat, mencerahkan kulit, hingga mampu mengatasi kulit kering maupun berminyak. Kunyit juga aman digunakan untuk kamu yang memiliki kulit sensitif sekalipun.

Kaya akan manfaat, membuat masker kunyit sendiri di rumah juga sangat mudah. Bahan-bahan yang digunakan sangat akrab dengan kehidupan kita sehari-hari.

Di bawah ini ada 5 cara membuat masker kunyit, ampuh cegah jerawat yang telah dirangkum merdeka.com melalui berbagai sumber.

1 dari 5 halaman

1. Masker Kunyit Cegah Jerawat

6 jenis jerawat yang sering muncul

insider.com 2020 Merdeka.com

Kunyit bisa jadi salah satu bahan yang ampuh untuk menghilangkan jerawat. Kamu bisa mencoba masker wajah kunyit untuk membantu mengurangi jerawat dan bekas luka yang dihasilkan. Sifat anti-inflamasi yang dimiliki kunyit dapat membersihkan pori-pori dan menenangkan kulit.

Salah satu campuran masker kunyit yang ampuh untuk kulit berjerawat adalah kunyit dan yogurt. Bakteri pada yogurt jika diaplikasikan pada wajah akan melawan dan membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat.

Berikut cara membuat masker kunyit untuk mencegah jerawat:

1. Campur yogurt, air mawar dan kunyit secukupnya.
2. Aduk sampai tercampur rata hingga membentuk pasta yang lembut. Oleskan ke seluruh wajah.
3. Biarkan selama kurang lebih 15 menit dan bilas dengan air bersih. Gunakan secara rutin seminggu sekali.

2 dari 5 halaman

2. Masker Kunyit untuk Kulit Bercahaya

ilustrasi wanita berkulit putih

shutterstock.com/Apple's Eyes Studio

Polusi dan sinar matahari cukup berbahaya bagi kulit, terutama kulit wajah. Kandungan antioksidan dan komponen antiinflamasi pada kunyit dipercaya dapat memberikan cahaya dan kilau pada kulit. Kunyit juga dapat menghidupkan kembali kulit dengan mengeluarkan cahaya alami.

Perpaduan terbaik kunyit untuk membuat kulit tampak lebih bercahaya adalah bersama madu dan tepung jagung. Madu kaya akan antioksidan yang bisa membuat kulitmu bersinar.

Sementara tepung jagung juga memberi efek mencerahkan wajah dan sebagai bahan pengikat di masker. Berikut cara pembuatannya:

1. Campur kunyit dan tepung jagung, aduk sampai rata. Setelah dibuat menjadi pasta, tambahkan madu.
2. Oleskan masker ke wajah dan leher secara menyeluruh.
3. Biarkan selama 15-20 menit.
4. Gunakan kain basah hangat untuk menghapus masker. Untuk mendapat hasil yang maksimal gunakan masker secara rutin seminggu sekali.

3 dari 5 halaman

3. Masker Kunyit untuk Mengatasi Kulit Kering

kulit kering sociolla

www.sociolla.com

Kulit kamu terlalu kering meskipun sudah memakai pelembap dan hidrasi ekstra? tak ada salahnya kamu beralih ke bahan-bahan alami untuk mengatasi kulit kering salah satunya adalah kunyit.

Bahan alami yang dapat dicampurkan pada masker kunyit untuk kulit kering adalah susu dan bubuk almond. Susu membantu untuk menghidupkan kembali kulit kering dan meningkatkan pertumbuhan jaringan, yang bermanfaat untuk mengurangi kemungkinan penuaan dini.

Sementara tambahan bubuk almond berfungsi untuk menjaga kelembapan pada kulit dan memperbaiki sel-sel kulit yang rusak. Berikut ini cara membuat masker kunyit untuk mengatasi kulit kering:

1. Campurkan susu, bubuk almond, dan sedikit kunyit campurkan semua bahan sampai menghasilkan pasta. Jika terlalu tebal, kamu dapat menambahkan susu lagi.
2. Oleskan secara merata pada kulit yang sudah dibersihkan, aplikasikan pada wajah kamu secara menyeluruh biarkan selama 15-20 menit.
3. Bersihkan dengan kain bersih dan hangat. Akhiri dengan percikan air dingin. Lembapkan dengan krim pelembap setelahnya.
4. Ulangi seminggu sekali secara rutin supaya hasilnya lebih maksimal.

4 dari 5 halaman

4. Masker Kunyit untuk Mengatasi Kulit Berminyak

berminyak

2017 avoskinbeauty.com

Produksi berlebihan sebum dan minyak oleh kelenjar sebaceous adalah alasan utama kenapa kulit seseorang menjadi kulit berminyak. Jadi, seseorang harus menjaga wajah agar tidak terkena minyak berlebih dengan membersihkannya secara teratur.

Kunyit dikenal untuk mengatur produksi sebum yang berlebihan dan karenanya bermanfaat untuk kulit berminyak. Perpaduan masker kunyit yang cocok untuk kulit berminyak adalah dengan menambahkan bubuk cendana.

Bubuk cendana diperkaya akan beberapa mineral yang bisa meresap ke dalam kulit. Bubuk cendana juga bisa menjadi exfoliator yang baik. Berikut cara membuat masker kunyit untuk kulit berminyak:

1. Tambahkan bubuk cendana dan bubuk kunyit secukupnya ke dalam mangkuk.
2. Campurkan semuanya dan buat pasta dengan menambahkan air mawar.
3. Oleskan dan biarkan selama kurang lebih selama 15 menit sebelum dibilas dengan air dingin.
4. Gunakan ini beberapa kali seminggu agar hasilnya maksimal.

5 dari 5 halaman

5. Masker Kunyit untuk Kulit Sensitif

sensitif

Sociolla.com

Kulit sensitif sangat sulit dirawat karena cenderung alergi terhadap sebagian besar produk kosmetik. Tanda-tanda yang kerap muncul karena kulit yang sensitif adalah kemerahan yang sering, peradangan, dan gatal-gatal.

Dalam hal ini kamu bisa memanfaatkan beberapa bahan alami untuk mengatasinya seperti kunyit dan lidah buaya sangat bermanfaat untuk kulit sensitif karena menenangkan dan mengurangi peradangan.

Kandungan antioksidan yang ada di dalam lidah buaya juga dapat bermanfaat untuk membantu menghaluskan kulit. Sangat membantu untuk ruam, luka bakar, dan kulit yang teriritasi. Berikut cara pemakaiannya:

1. Campur yogurt, gel lidah buaya segar, dan sejumput bubuk kunyit campur semua hingga membentuk pasta.
2. Oleskan ke seluruh wajah dan diamkan selama 20 menit.
3. Gunakan beberapa kali seminggu, atau setiap kali terjadi iritasi.

[nof]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini