4 Manfaat Kelapa Bakar untuk Kesehatan, Menambah Energi dan Menghangatkan Tubuh

Minggu, 28 Maret 2021 09:49 Reporter : Novi Fuji Astuti
4 Manfaat Kelapa Bakar untuk Kesehatan, Menambah Energi dan Menghangatkan Tubuh Ilustrasi kelapa. ©Pexels

Merdeka.com - Salah satu sumber daya alam yang melimpah dalam bidang pertanian yang dimiliki Indonesia adalah perkebunan kelapa. Kelapa kerap dianggap sebagai tumbuhan serba guna karena tanaman kelapa dimanfaatkan dan digunakan dengan baik untuk keperluan pangan maupun non pangan. Setiap dari tanaman kelapa dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan hidup sehari-hari.

Kelapa muda menjadi salah satu minuman yang paling banyak diminati masyarakat Indonesia yang notabenya beriklim tropis. Jika biasanya untuk menikmati kelapa muda kamu bisa meminumnya secara langsung, belakangan banyak orang mulai tertarik untuk mengonsumsi kelapa muda dengan cara dibakar. Kuliner ini populer di daerah Bone. Konon menjadi salah satu kuliner favorit raja Gorontalo.

Kelapa bakar tak hanya disajikan sendiri, melainkan kerap ditambah beberapa bahan campuran lainnya seperti gula aren, jahe, serai, cengkih, kayu manis hingga madu. Kebayang bukan hanya enak dan nikmat tapi juga banyak membawa manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Berikut ini informasi mengenai 4 manfaat kelapa bakar untuk kesehatan, cegah dehidrasi dan menyegarkan tubuh telah dirangkum merdeka.com melalui liputan6.

2 dari 5 halaman

1. Menambah Energi Tubuh

Manfaat kelapa bakar yang pertama adalah menambah energi tubuh. Banyak orang yang sedang melakukan aktivitas yang memerlukan tenaga ekstra seperti berolahraga, meminum minuman berenergi untuk menambah energi tubuh.

Namun perlu kamu ketahui bahwa minuman berenergi yang diminum terus-menerus akan membahayakan bagi tubuh. Untuk menggantinya, kamu bisa meminum kelapa bakar sebagai minuman penambah energi. Kamu dapat menambahkan madu agar khasiatnya bertambah dan menambah cita rasa.

3 dari 5 halaman

2. Cegah Dehidrasi

Manfaat kelapa bakar berikutnya adalah mencegah tubuh mengalami dehidrasi. Sudah menjadi rahasia umum bahwa air kelapa muda memiliki banyak kesamaan dengan cairan yang berada di dalam tubuh.

Selain itu, kelapa muda juga memiliki kandungan elektrolit yang tinggi yang dapat menggantikan cairan yang hilang di dalam tubuh kita pada saat kita beraktivitas. Kandungan lain yang terdapat dalam air kelapa muda adalah potasium yang berguna untuk menjaga tekanan air dalam sel dan di dalam darah.

Selain itu, air kelapa muda sangat mudah diserap tubuh. Hal itulah yang menjadi alasan manfaat air kelapa muda dapat menghilangkan dehidrasi dalam tubuh.

4 dari 5 halaman

3. Menghangatkan Tubuh

Manfaat kelapa bakar lainnya yang paling banyak dirasakan bagi mereka yang sudah mencobanya adalah dapat menghangatkan tubuh. Terlebih tambahan campuran jahe atau sere bisa jadi alternatif pilihan kamu untuk menghangatkan tubuh. Sangat cocok diminum saat musim hujan tiba.

5 dari 5 halaman

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Tambahan jahe, sere atau rempah-rempah lainnya dalam kelapa bakar bukan hanya dapat menghangatkan tubuh. Tapi banyak pula dipercaya sebagai cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan terhindar dari berbagai macam virus atau penyakit yang membahayakan kesehatan.

[nof]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini