4 Cara Mengatasi Asam Lambung Naik pada Malam Hari, Efektif dan Mudah Dilakukan

Kamis, 13 Januari 2022 20:15 Reporter : Novi Fuji Astuti
4 Cara Mengatasi Asam Lambung Naik pada Malam Hari, Efektif dan Mudah Dilakukan Ilustrasi sakit perut. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Asam lambung naik atau dalam dunia medis kerap disebut Gastroesophageal reflux disease (GERD) merupakan gangguan pencernaan yang memengaruhi sfingter esofagus bagian bawah. Terjadinya kenaikan asam lambung disebabkan oleh refluks asam lambung.

Saat menelan, umumnya cincin otot atau sfingter di pangkal esofagus mengalami relaksasi untuk membantu masuknya makanan dan minuman ke lambung, lalu kemudian sfingter tersebut menutup kembali. Dalam hal ini apabila sfingter mengalami relaksasi yang abnormal, asam lambung dapat naik kembali ke esofagus.

Asam lambung akan menimbulkan keluhan kesehatan. Keluhan ini menyebabkan rasa sakit di bagian perut atas hingga dada, bahkan hingga bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Asam lambung dapat naik kapan pun termasuk pada malam hari menjelang tidur atau di pertengahan waktu tidur.

Perasaan tidak nyaman yang ditimbulkan dari naiknya asam lambung pada malam hari dapat diatasi dengan beberapa hal berikut ini yang telah dirangkum merdeka.com melalui healthline.com dan berbagai sumber lainnya pada Kamis, (13/01/2022).

2 dari 3 halaman

Pemicu Naiknya Asam Lambung


Ada beberapa kondisi yang dapat meningkatkan risiko naiknya asam lambung. Kondisi tersebut di antaranya seperti obesitas, kehamilan, kelainan jaringan konektif tubuh, serta lambatnya pengosongan lambung.

Selain itu faktor yang dapat memperburuk kenaikan asam lambung adalah merokok, mengonsumsi makanan dalam porsi yang besar, telat makan pada malam hari, dan mengonsumsi makanan pemicu asam lambung naik seperti makanan berlemak dan gorengan.

Selain itu, pemicu lainnya adalah mengonsumsi alkohol atau kopi, dan mengonsumsi obat-obatan jenis tertentu.

3 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Asam Lambung Naik pada Malam Hari


1. Jangan Tidur Setelah Makan
Cara mengatasi asam lambung naik pada malam hari yang pertama adalah jangan tidur setelah makan. Hal ini tak lain karena perut penderita asam lambung membutuhkan waktu empat hingga lima jam untuk mencerna seluruh makanan yang telah masuk. Jika tidak begitu, perasaan begah atau kembung akan kamu alami karena asam lambungmu yang naik.

2. Atur Pola Makan
Cara mengatasi asam lambung naik pada malam hari berikutnya adalah dengan mengatur pola makan. Pastikan kamu tidak makan dan minum sembarangan terlebih menjelang waktu tidur. Hindari pula porsi makan yang berlebihan. Ganti pola makan dengan porsi yang jauh lebih kecil, terutama saat makan malam.

Selain itu, pastikan kamu tidak mengonsumsi makanan berlemak yang tak sehat seperti gorengan. Penuhi asupan gizi kamu dengan sayuran dan buah-buahan. Namun, pilihlah buah dan sayur yang tidak memicu asam lambung kamu naik. Hindari makanan penyebab asam lambung anik seperti makanan pedas, tomat, lemon, susu, soda dan lain sebagainya.

3. Pilih Bantal yang Tinggi Saat Tidur
Bagi penderita asam lambung, posisi tidur juga amat sangat penting untuk diperhatikan agar asam lambung tidak mudah kambuh. Gunakan bantal lebih tinggi pada saat tidur agar tubuh bisa lebih mudah miring ke kiri dan kepala sedikit terangkat.

Tahukah kamu bahwa berbaring dengan posisi miring dapat memungkinkan kandungan asam lambung bisa melewati sfingter esofagus bagian bawah ke perut. Selain itu, tidur dengan posisi kepala lebih tinggi juga bisa menunjukkan gravitasi agar mendorong asam lambung tertap bertahan di perut.

4. Mengonsumsi Wedang Jahe Hangat
Cara mengatasi asam lambung naik pada malam hari selanjutnya adalah dengan mengonsumsi wedang jahe hangat. Sudah menjadi rahasia umum kalau jahe terkenal sebagai salah satu rempah yang memiliki sifat antiradang. Karena itulah ia dipercaya bisa menjadi salah satu cara untuk meredakan asam lambung naik.

Tak hanya untuk asam lambung, jahe juga bisa bantu mengobati berbagai masalah pencernaan, salah satunya adalah maag. Untuk meredakan asam lambung naik dengan jahe, cukup menjadikannya sebagai minuman hangat untuk dikonsumsi. Cara ini dipercaya bisa menurunkan asam lambung.

[nof]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini