Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

30 Doa Sehari-hari yang Jarang Diamalkan, Raih Pahala dalam Aktivitas Anda

30 Doa Sehari-hari yang Jarang Diamalkan, Raih Pahala dalam Aktivitas Anda Ilustrasi berdoa. ©shutterstock.com/AJP

Merdeka.com - Islam adalah agama yang sempurna. Agama ini memperhatikan umatnya dari masalah yang besar hingga masalah-masalah yang dianggap sepele. Agama ini memperhatikan bagaimana umatnya beraktivitas sehari-hari.

Setiap aktivitas yang kita jalani memiliki doa tersendiri. Mulai dari bangun tidur sampai kita akan kembali tidur. Dan sebagai umat Islam, kita seharusnya mengamalkan doa sehari-hari ini.BACA JUGA: Kumpulan Dan Terjemahan Doa Pendek Untuk Sehari Hari

Namun sayangnya, sebagian besar orang hanya tahu sedikit tentang doa sehari-hari ini. Atau bahkan ada yang tidak mengamalkan doa sehari-hari ini. Padahal, selain untuk mencari pahala, dengan mengamalkan doa sehari-hari, kita akan merasa semakin dekat dengan Allah SWT.

Dengan mengamalkan doa sehari-hari ini, setiap aktivitas yang kita lakukan juga akan menjadi berkah.

Berikut ini, kami sajikan beberapa doa sehari-hari yang bisa Anda amalkan dalam keseharian Anda.

ilustrasi berdoa

©Shutterstock

1. Doa Sebelum TidurBismikallaahuma ahyaa wa bismika amuutuArtinya : "Dengan menyebut nama-Mu, Ya Allah, aku hidup dan dengan menyebut nama-Mu aku mati"2. Doa Ketika Mimpi BurukAllaahumma innii a'uudzubika min 'amalisy syaithaani wa sayyiaatil ahlamiArtinya : "Ya Allah, sesungguhnya aku mohon perlindungan kepada Engkau dari perbuatan setan dan dari mimpi-mimpi yang buruk"3. Doa Ketika Mimpi BaikAlhamdulillahil ladzii qodzoo haajaatiArtinya : "Segala puji bagi Allah yang telah memberi hajatku"4. Doa Bangun TidurAlhamdulillaahilladzii ahyanaa ba’damaa amaatanaa wa ilaihinnusyuurArtinya : “Segala puji bagi Allah Yang membangunkan kami setelah ditidurkan-Nya dan kepada-Nya kami dibangkitkan”.5. Doa Masuk Kamar MandiAllaahumma innii a’uudzubika minal khubutsi wal khabaaisiArtinya : “Ya Allah, aku berlindung dari godaan syetan laki-laki dan syetan perempuan”6. Doa Ketika BersiwakAllahumma bayyidl bihi asnaanii wa syudda bihi litstsatii wa tsabbit bihi lahaatii wa afshih bihi lisaanii wabaarik lii fiihi wa atsbitnii ‘alaihi yaa arhamarraahimiinArtinya : “Ya Allah putihkan gigiku dan kuatkan gusiku, serta kuatkan lahatku (daging yang tumbuh di atas langit-langit mulut) dan fasihkan lidahku dengan siwak itu serta berkatilah siwak tersebut dan berilah pahala aku karenanya wahai Dzat paling mengasihi diantara para pengasih”7. Doa Keluar Kamar MandiGhufraanakal hamdu lillaahil ladzii adzhaba ‘annil adzaa wa ‘aafaaniiArtinya : “Dengan mengharap ampunanMu, segala puji milik Allah yang telah menghilangkan kotoran dari badanku dan yang telah menyejahterakan”

8. Doa Ketika Mendengar AdzanAlloohumma robba haadzihid da’watit taammati washsholaatil qoo-imati aati muhammadanil washiilata wal fadhiilata wasy sarofa wad darajatal ‘aaliyatar rofii’ata wab’atshu maqoomam mahmuudaanil ladzii wa ‘adtah innaka laa tukhliful mii’aada ya arhamar roohimiinaArtinya : “Ya Allah Tuhan yang memiliki seruan yang sempurna dan shalat yang tetap didirikan, karuniailah Nabi Muhammad wasilah (tempat yang luhur) dan kelebihan serta kemuliaan dan derajat yang tinggi dan tempatkanlah dia pada kependudukan yang terpuji yang telah Engkau Janjikan, sesungguhnya Engkau tiada menyalahi janji, wahai dzat yang paling Penyayang”9. Doa Setelah AdzanAlloohumma Robba Haadzihid da’watit taammati washsholaatil qoo-imati aati muhammadanil waashiilata wal fadhiilata wasy syarofa waddarajatal ‘aaliyatar rofii’ata wab’atshu maqoomam mahmuudanilladzi wa’adtah innaka laa tukhliful mii’aada ya arhamar roohimiinaArtinya : ”Ya Allah Tuhan yang memiliki seruan yang sempurna dan shalat yang tetap didirikan, kurniailah Nabi Muhammad wasilah (tempat yang luhur) dan kelebihan serta kemuliaan dan derajat yang tinggi dan tempatkanlah dia pada kependudukan yang terpuji yang telah Engkaujanjikan, sesungguhnya Engkau tiada menyalahi janji, wahai dzat yang paling Penyayang”10. Doa Setelah IqomahAqoomahalloohu wa-adaamahaa maadaamatis samaawaatu wal-ardluArtinya : “Semoga Allah menegakkan dan mengekalkan shalat selama masih ada langit dan bumi”11. Doa Masuk MesjidAllahummaf-tahlii abwaaba rahmatikaArtinya : “Wahai Tuhanku, bukakanlah untukku pintu-pintu rahmat-Mu”12. Doa Keluar MesjidAllahumma innii as-aluka min fadhlikaArtinya : “Wahai Tuhanku, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu akan segala keutamaan-Mu”

ilustrasi berdoa

©Shutterstock

13. Doa BerpakaianAlloohumma innii as-aluka min khoirihi, wa khoiri maa huwa lahu wa a’udzubika min syarrihi wa syarri maa huwa lahuArtinya : “Wahai Tuhanku,berilah aku kebaikan dengan pakaian ini, dan hindarkanlah aku dari kejahatan yang ditimbulkan”14. Doa Melepas PakaianBismillaahil ladzii laa ilaaha illaa huwaArtinya : “Dengan nama Allah yang tiada Tuhan selain Dia”15. Doa Ketika BercerminAllaahumma kamaa hassanta kholqii fa hassin khuluqiiArtinya : “Ya Allah sebagaimana Engkau telah ciptakan aku dengan baik, maka perbaikilah akhlakku”16. Doa Menyambut Waktu PagiAllohumma bika ashbahnaa wa bika amsainaa wa bika nahyaa wa bika namuutu wa ilaikan nusyuuruArtinya : “Ya Allah, karena Engkau kami mengalami waktu pagi dan waktu petang dan karena Engkau kami hidup dan mati dan kepada-Mu juga kami akan kembali”17. Doa Ketika Petang/SoreAlloohumma bika amsainaa wa bika ashbahnaa wa bika nahyaa wa bika namuutu wa ilaikal mashiirArtinya :”Ya Allah, karena Engkau kami mengalami akan waktu petang dan pagi, karena Engkau kami hidup dan mati dan kepada-Mu juga kami akan kembali”18. Doa Sebelum MakanAlloohumma baarik lanaa fiimaa razaqtanaa waqinaa ‘adzaa ban-naarArtinya : “Yaa Allah, berkatilah rezeki yang engkau berikan kepada kami, dan peliharalah kami dari siksa api neraka”19. Doa Ketika Lupa Membaca Doa Sebelum MakanBismillaahi fii awwalihi wa aakhirihiArtinya : "Dengan menyebut nama Allah pada awal dan akhirnya"20. Doa Sesudah MakanAlhamdu lillahhil-ladzina ath-amanaa wa saqaana waja’alanaa minal muslimiinArtinya : “Segala puji bagi Allah yang memberi kami makan dan minum serta menjadikan kami memeluk agama islam”21. Doa Sesudah MinumAlhamdu lillaahil ladzi ja'alahuu 'adzbam furootam birohmatihii wa lamyaj'alhu milhan ujaajam bidzunuubinaaArtinya : "Segala puji bagi Allah yang telah menjadikan air ini (minuman) segar dan menggiatkan dengan rahmat-Nya dan tidak menjadikan air ini (minuman) asin lagi pahit karena dosa-dosa kami"

22. Doa Akan Keluar RumahBismillaahi tawakkaltu ‘alalloohi laa hawla walaa quwwata illaa billaahiArtinya : “Dengan menyebut nama Allah aku bertawakal kepada Allah, tiada daya kekuatan melainkan dengan Allah”23. Doa Akan Masuk RumahAlloohumma innii as-aluka khoirol mauliji wa khoirol makhroji bismillaahi wa lajnaa wa bismillaahi khorojnaa wa ‘alallohii robbinaa tawakkalnaaArtinya : “Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu baiknya tempat masuk dan baiknya tempat keluar dengan menyebut nama Allah kami masuk, dan dengan menyebut nama Allah kami keluar dan kepada Allah Tuhan kami, kami bertawakkal”24. Doa Naik Kendaraan DaratSubhaanal ladzii sakhhoro lanaa haadzaa wa maa kunnaa lahuu muqriniina wa innaa ilaa robbinaa lamunqoolibuunaArtinya : “Maha suci Allah yang memudahkan ini (kendaraan) bagi kami dan tiada kami mempersekutukan bagi-Nya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami”25. Doa Naik Kendaraan LautBismillaahi majrahaa wa mursaahaa inna robbii laghofuurur rohiimArtinya : “Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh sesungguhnya Tuhanku Maha Pemaaf lagi Pengasih”26. Doa Ketika Sampai di Tempat TujuanAlhamdulillahil ladzi sallamani wal ladzi awani wal ladzi jama’asy syamla bi.Artinya : "Segala puji bagi Allah, yang telah menyelamatkan akau dan yang telah melindungiku dan yang mengumpulkanku dengan keluargaku."

27. Doa Sebelum BelajarRobbii Zidnii ‘Ilmaa, Warzuqnii Fahmaa, Waj’alnii Minash-Shoolihiin Amiin Ya Robbal ‘AalamiinArtinya : “Ya Alloh Tambahkanlah aku ilmu, Dan berilah aku karunia untuk dapat memahaminya, Dan jadikanlah aku termasuk golongannya orang-orang yang shoolih. Ya Alloh kabulkanlah do’aku ini”28. Doa Sesudah BelajarAlloohumma Arinal Haqqo Haqqon Warzuqnattibaa’ahu. Wa Arinalbaathila Baa-Thilan WarzuqnajtinaabahuArtinya : “Ya Alloh, tunjukkanlah kepada kami kebenaran sehinggga kami dapat mengikutinya. Dan tunjukkanlah kepada kami kejelekan sehingga kami dapat menjauhinya”29. Doa Agar Diberi Rezeki Yang BerkahAlhamdu lillaahil ladzii rozaqonii haadza min ghairi haulin minnii wa laa quwwatin. Alloohumma baarik fiihiArtinya : “Segala puji bagi Allah, yang telah memberi rizqi kepadaku dengan tidak ada daya dan kekuatan bagiku, ya Allah semoga Engkau berkahi pada rizkiku”30. Doa Keselamatan Dunia Dan AkhiratRabbanaa aatinaa fiddunnyaa hasanah. Wa fil aakhirati hasanah. Waqinaa ‘adzaa ban naarArtinya : “Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di akhirat, dan jagalah kami dari siksa api neraka”

(mdk/ank)
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Doa Diberi Kemudahan dalam Segala Urusan, Amalkan Setiap Hari
Doa Diberi Kemudahan dalam Segala Urusan, Amalkan Setiap Hari

Doa diberi kemudahan ini menjadi salah satu ikhtiar untuk meminta petunjuk dan kemudahan pada Allah.

Baca Selengkapnya
27 Doa Harian yang Wajib Dihafalkan, Amalkan Secara Rutin
27 Doa Harian yang Wajib Dihafalkan, Amalkan Secara Rutin

Dalam Islam, terdapat beberapa doa harian yang dianjurkan untuk dihafalkan dan diamalkan. Doa ini memiliki makna mendalam dan memperkuat hubungan kepada Allah.

Baca Selengkapnya
Doa Pembuka Acara dalam Islam, Mohon Kemudahan dan Kelancaran
Doa Pembuka Acara dalam Islam, Mohon Kemudahan dan Kelancaran

Umat Muslim dianjurkan membaca doa sebelum melakukan aktivitas.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Baca Doa Sahur, Dalil, dan Hikmah di Dalamnya
Baca Doa Sahur, Dalil, dan Hikmah di Dalamnya

Sama seperti ibadah lainnya, baca doa sahur, atau niat puasa ini juga penting dilakukan sebelum kita hendak berpuasa.

Baca Selengkapnya
Bacaan Doa Mau Tidur dan Keutamaannya, Perlu Diamalkan
Bacaan Doa Mau Tidur dan Keutamaannya, Perlu Diamalkan

Doa mau tidur ini bertujuan untuk memohon keselamatan dan perlindungan dari Allah SWT.

Baca Selengkapnya
Keutamaan & Pahala Dijanjikan Allah SWT pada Mereka yang Mengerjakan Salat Tepat Waktu
Keutamaan & Pahala Dijanjikan Allah SWT pada Mereka yang Mengerjakan Salat Tepat Waktu

"Saya bertanya kepada Rasulullah: “Apakah amal yang paling dicintai oleh Allah SWT?” Beliau bersabda: “Salat pada waktunya."

Baca Selengkapnya
Doa Bangun Tidur dan Artinya dalam Islam, Hafalkan Bacaannya
Doa Bangun Tidur dan Artinya dalam Islam, Hafalkan Bacaannya

Doa bangun tidur dan artinya ini sebaiknya diamalkan umat muslim.

Baca Selengkapnya
Doa setelah Sholat Tahajud dan Keutamaannya, Perlu Diamalkan
Doa setelah Sholat Tahajud dan Keutamaannya, Perlu Diamalkan

Sholat tahajud adalah sholat sunah yang dilakukan di malam hari setelah bangun dari tidur, meskipun tidurnya hanya sebentar.

Baca Selengkapnya
Doa Akhir Tahun 2023 dalam Islam, Lengkap beserta Arti dan Keutamaannya
Doa Akhir Tahun 2023 dalam Islam, Lengkap beserta Arti dan Keutamaannya

Doa akhir tahun 2023 dalam Islam ini berisi tentang harapan di masa mendatang agar lebih baik dan penuh berkah.

Baca Selengkapnya