Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

25 Kata-Kata Bijak Raden Ajeng Kartini, Inspirasi Bagi Generasi Muda

25 Kata-Kata Bijak Raden Ajeng Kartini, Inspirasi Bagi Generasi Muda 10 Kata-Kata Mutiara Raden Ajeng Kartini Tak Lekang Oleh Zaman. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Raden Ajeng Kartini lahir pada tanggal 21 April 1879 di Mayong, Kabupaten Jepara. Lahir dari keluarga bangsawan Jawa, ayah Kartini Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat merupakan seorang patih yang diangkat menjadi Bupati Jepara setelah Kartini lahir. Kartini merupakan anak sulung tetapi bukan dari istri utama karena ibunya M.A. Ngasirah bukanlah seorang bangsawan.

Kebijakan kolonial waktu itu mengharuskan seorang bangsawan juga beristri bangsawan. Maka dari itu ayah Kartini kemudian menikah lagi dengan Raden Adjeng Moerjan yang merupakan keturunan langsung dari raja Madura.

Kartini tumbuh menjadi perempuan berani yang menjadi inspirasi bagi perempuan lainnya hingga sekarang. Pemikiran-pemikiran Kartini yang tercurahkan dalam surat-suratnya terdahulu telah dihimpun dalam buku Habis Gelap Terbitlah Terang. Pemikirannya kemudian dikenal dengan istilah emansipasi perempuan.

Besarnya pengaruh Kartini membuat ia memiliki tempat khusus di hati bangsa Indonesia. Hari kelahirannya pun rutin diperingati setiap tahun, begitu pun dengan kata-katanya yang selalu menginspirasi generasi muda. Berikut ini 25 kata-kata bijak Raden Ajeng Kartini yang telah dirangkum merdeka.com melalui berbagai sumber pada Selasa (21/04/2020).

Kata-Kata Bijak RA Kartini

1. "Kita harus membuat sejarah. Kita mesti menentukan masa depan yang sesuai dengan keperluan sebagai kaum perempuan dan harus mendapat pendidikan yang cukup seperti kaum laki-laki."

Jelas tergambar bahwa Kartini merupakan sosok yang berani dan mandiri. Ia menyebarkan pemikirannya agar perempuan lainnya juga turut memiliki keberanian yang sama terutama dalam hal pendidikan.

2. "Kami berikhtiar supaya kami teguh sungguh, sehingga kami sanggup diri sendiri. Menolong diri sendiri. Dan Siapa yang dapat menolong dirinya sendiri, akan dapat menolong orang lain dengan lebih sempurna pula."

Bagi Kartini memperkuat diri adalah kunci agar mampu menolong diri sendiri dan tentu saja kalau sudah mampu menolong diri sendiri jalan untuk menolong orang lain pun akan lebih mungkin.

Kutipan RA Kartini Tentang Pendidikan Perempuan

3. "Gadis yang pikirannya sudah dicerdaskan, pemandangannya sudah diperluas, tidak akan sanggup lagi hidup di dalam dunia nenek moyangnya."

Berangkat dari kehidupannya sebagai putri seorang bangsawan dengan beragam aturan yang kaku membawa Kartini pada keinginan-keinginannya untuk bebas. Keinginannya meningkatkan kesetaraan antara laki-laki dan perempuan ia wujudkan dengan mendirikan sekolah khusus perempuan pada tahun 1903.

Menurutnya seorang gadis atau perempuan harus memiliki pikiran-pikiran yang cerdas, cara pandang yang luas, sehingga ia dapat melawan kehidupan kolot yang terlalu diagungkan oleh nenek moyang.

Kutipan Bijak RA Kartini

4. "Dan siapakah yang lebih banyak berusaha memajukan kesejahteraan budi itu... Siapakah yang dapat membantu mempertinggi derajat budi manusia, ialah wanita, Ibu... karena Haribaan Ibu, itulah manusia mendapatkan didikannya yang mula mula sekali."

Dengan menyelami pemikiran Kartini kita dapat menemukan betapa seorang wanita memiliki peranan yang luar baisa untuk kehidupan manusia bukan hanya mendidik manusia lainnya perempuan juga dapat mempertingi derajat budi manusia.

5. "Banyak hal yang bisa menjatuhkanmu. Tapi satu-satunya hal yang benar-benar dapat menjatuhkanmu adalah sikapmu sendiri."

Membaca pemikiran Kartini yang satu ini secara jelas menggambarkan bahwa ia merupakan pribadi yang teguh dengan pendiriannya. Secara tidak langsung ia memberi tahu generasi muda saat ini untuk tidak mudah terpengaruh dengan orang lain.

Selain itu, hal yang bisa kita petik dari kata-kata tersebut adalah selama kita memiliki sikap yang baik, pikiran yang positif maka kita tidak akan mudah dijatuhkan oleh apa pun dan oleh siapapun.

Kata Mutiara RA Kartini

6. "Karena ada bunga mati, maka banyaklah buah yang tumbuh, demikianlah pula dalam hidup manusia bukan? Karena ada angan-angan muda mati, kadang-kadang timbullah angan-angan lain, yang lebih sempurna, yang boleh menjadikan buah."

Membaca kata-kata Kartini sama dengan memupuk harapan terus tumbuh. Selalu ada angan-angan yang mungkin saja mati sebelum terwujud, tapi di setiap angan-angan yang mati selalu ingatlah ada harapan-harapan yang masih bisa tumbuh kembali, bahkan bisa jadi jauh lebih sempurna.

7. "Terkadang, kesulitan harus kamu rasakan terlebih dulu sebelum kebahagiaan yang sempurna datang kepadamu".

Tidak ada kebahagiaan yang instan sepertinya itu benar. Semua hal dalam kehidupan ada usahanya, ada prosesnya. Kalau selama proses mengalami kendala atau kesulitan itu bukan sesuatu yang hanya kamu sendiri yang merasakan. Semua orang merasakannya termasuk juga Kartini.

Proses yang diperjuangkan bisa jadi adalah proses yang tidak akan pernah sia-sia, tetapi pada waktunya akan memberimu kebahagiaan yang jauh lebih baik, yang dalam pengertian Kartini adalah kebahagiaan yang sempurna.

8. "Bukan laki-laki yang hendak kami lawan, melainkan pendapat kolot dan adat usang."

Perjuangan Kartini ternyata kerap disalahpahami oleh beberapa pihak, bahkan salah paham tersebut juga datang dari kaum perempuannya sendiri. Banyak yang mengira selama ini apa yang diperjuangkan Kartini dahulu merupakan upaya untuk melawan laki-laki. Namun kenyataannya bukanlah demikian.

Hal yang menjadi perhatian Kartini memang isu-isu mengenai persamaan hak antara laki-laki dan perempuan, namun sejatinya yang ia lawan adalah kebiasaan atau pendapat kolot mengenai perempuan yang selalu dianggap kaum kelas dua.

Pesan RA Kartini

9. "Saat membicarakan orang lain Anda boleh saja menambahkan bumbu, tapi pastikan bumbu yg baik."

Kerap kali saat membicarakan kebanyakan orang akan menambahkan sesuatu yang buruk, maka lain bagi Kartini yang memastikan bahwa apa yang ditambahkan merupakan sesuatu yang baik.

10. "Jangan pernah menyerah jika kamu masih ingin mencoba, jangan biarkan penyesalan datang karena kamu selangkah lagi untuk menang."

Merasa sudah banyak usaha yang dilakukan tapi belum juga membuahkan hasil. Ingin mencobanya kembali tapi perasaan ragu terasa lebih besar.

Coba baca dan renungkan baik-baik kata-kata ini, barangkali yang Kartini bilang dapat membuatmu lebih mantap lagi melangkahkan kaki dan meraih apa yang kamu inginkan.

Jangan Mengeluh

11. "Jangan mengeluhkan hal-hal buruk yang datang dalam hidupmu. Tuhan tak pernah memberikannya, kamulah yang membiarkannya datang".

Jangan-jangan selama ini yang kita keluhkan bersumber dari diri kita sendiri, dari apa yang kita pikirkan, apa yang kita putuskan, dan apa yang kita lakukan.

Melihat dari kata-kata di atas Kartini seolah ingin memberitahu generasi muda saat ini untuk membentuk pikiran yang positif dan tidak merugikan diri sendiri dengan prasangka buruk.

Pesan Perjuangan

12. "Pergilah, laksana cita-citamu. Bekerjalah untuk hari depan. Bekerjalah untuk kebahagiaan beribu-ribu orang yang tertindas. Dibawah hukum yang tidak adil dan paham-paham palsu tentang mana yang baik dan mana yang jahat. Pergi! Pergilah!"

Dalam hal ini Kartini mengajarkan kita semua untuk tidak bersikap egois, lebih peka pada orang-orang yang tertindas. Berjuanglah meski harus menderita selagi itu demi kepentingan abadi yang bukan hanya untuk diri sendiri.

Teruslah Bermimpi

13."Teruslah bermimpi, teruslah bermimpi, bermimpilah selama engkau dapat bermimpi. Bila tidak bermimpi apakah jadinya hidup. Kehidupan yang sebenarnya kejam."

Kutipan yang sangat inspiratif dari Kartini bisa kamu jadikan pemacu untuk terus bermimpi sesulit apa pun prosesnya. Meskipun kehidupan yang sesungguhnya adalah kehidupan yang kejam tapi kita tetap harus bermimpi, seperti yang diutarakan Kartini apakah jadinya hidup tanpa bermimpi.

Kutipan RA Kartini Soal Cinta

14. "Tak ada hal yang lebih menyenangkan, selain menimbulkan senyum di wajah orang lain, terutama wajah yang kita cintai".

Tidak selalu bicara mengenai pendidikan dan upaya-upaya melawan ketidakadilan yang selama ini terjadi pada perempuan, Kartini juga merupakan sosok yang mencintai keluarganya. Baginya tak ada hal yang lebih menyenangkan selain membuat bahagia orang-orang yang dicintainya.

Soal Penyesalan

15. "Dan biarpun saya tiada beruntung sampai ke ujung jalan itu, meskipun patah di tengah jalan, saya akan mati dengan merasa berbahagia, karena jalannya sudah terbuka dan saya ada turut membantu mengadakan jalan yang menuju ke tempat perempuan Bumiputera."

Bahkan Kartini amat sangat berani untuk berjuang demi kepentingan perempuan Bumiputera agar selalu mendapatkan tempat yang sama kaum laki-laki. Meski tidak beruntung hal itu tidak akan pernah membuat Kartini menyesal.

Keindahan

16. "Tiada awan di langit yang tetap selamanya. Tiada mungkin akan terus-menerus terang cuaca. Sehabis malam gelap gulita lahir pagi membawa keindahan. Kehidupan manusia serupa alam."

Selain pandai berbahasa Belanda Kartini juga pandai menulis puisi. Hal itu tercermin dari ungkapan-ungkapannya yang begitu puitis. Lewat kata-kata ini, Kartini seakan ingin memberitahu pada generasi setelah dirinya bahwa perubahan merupakan hal yang pasti sebab tidak ada sesuatu yang tetap selamanya, tidak perlu khawatir karena habis gelap terbitlah terang, habis kesulitan pasti ada kemudahan.

Kutipan RA Kartini Tentang Agama

17. "Agama menjauhkan kita dari dosa.. Tapi berapa banyak dosa yang dilakukan atas nama agama?"

Dalam hal ini Kartini mengajak kita semua untuk merenungi sejauh mana kita memahami arti dosa yang sebenarnya. Membuat kita harus mempertanyakan pada diri kita sendiri sejauh mana pemahaman agama kita tidak merugikan orang lain.

Terus Mencoba

18. "Tak peduli seberapa keras kamu mencoba, kamu tak akan pernah bisa menyangkal apa yang kamu rasa. Jika kamu memang berharga di mata seseorang. Tak ada alasan baginya untuk mencari seorang yang lebih baik darimu."

Kutipan ini seperti mewakili setiap hati kawula muda saat ini yang sedang bimbang atau bahasa populernya galau sama pasangannya. Tenangkan diri, kalau sudah merasa yakin dan merasa kamu cukup berharga untuknya tidak akan ada alasan baginya meninggalkanmu.

Kutipan Tentang Guru

19. "Seorang guru bukan hanya sebagai pengasah pikiran saja, melainkan juga sebagai pendidik budi pekerti."

Melalui Kartini kita semua tahu bahwa tugas seorang guru tidaklah mudah, ia tidak hanya harus mengasah pikiran muridnya melainkan juga mengajarkan budi pekerti kepada semua muridnya.

20. Rasa maklum membuat seseorang akan lebih mudah untuk mengerti dan mencegah dari perbuatan yang merugikan yakni dendam. Selain rasa maklum, kasih sayang juga dapat menghapuskan rasa dendam dalam diri seseorang.

Tentang Kasih Sayang dan Cita-Cita

21. "Sepanjang hemat kami, agama yang paling indah dan paling suci ialah Kasih Sayang. Dan untuk dapat hidup menurut perintah luhur ini, haruskah seorang mutlak menjadi Kristen? Orang Buddha, Brahma, Yahudi, Islam, bahkan orang kafir pun dapat hidup."

Apapun agamanya semua mengajarkan kebaikan, mengajarkan kasih sayang. Bagi Kartini kasih sayang adalah sesuatu yang sangat penting yang membuat kita akan lebih manusiawi dalam memandang orang lain.

22. "Salah satu daripada cita-cita yang hendak kusebarkan ialah: Hormatilah segala yang hidup, hak-haknya, perasaannya, baik tidak terpaksa baikpun karena terpaksa, haruslah juga segan menyakiti mahkluk lain, sedikitpun jangan sampai menyakitinya."

Kutipan Kartini Tentang Kehidupan

23. "Ikhtiar! Berjuanglah membebaskan diri. Jika engkau sudah bebas karena ikhtiarmu itu, barulah dapat engkau tolong orang lain."

Tidak mungkin kamu dapat menolong orang lain bila kamu sendiri belum membebaskan dirimu dari rasa takut.

24. "Tidak menjadi soal bagaimana caranya mengabdi kepada kebaikan, asalkan baik saja."

Semua orang memiliki caranya masing-masing untuk mengabdi kepada kebaikan, dan hal semacam itu bukanlah masalah selagi caranya memang baik.

25. "Kita harus hidup bersama-sama dan untuk semua manusia."

Sekali lagi bagi Kartini kehidupan yang sesungguhnya adalah kehidupan yang tidak hanya memikirkan diri sendiri, tetapi hidup bersama dan mementingkan kepentingan bersama demi kebaikan.

(mdk/nof)
ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
80 Kata-Kata Bijak Berkelas untuk Diri Sendiri, Tanamkan Semangat Buat Hidup Lebih Bermakna

80 Kata-Kata Bijak Berkelas untuk Diri Sendiri, Tanamkan Semangat Buat Hidup Lebih Bermakna

Berikut kumpulan kata-kata bijak berkelas untuk diri sendiri.

Baca Selengkapnya
Kata-Kata Berkelas Bahasa Inggris yang Bisa Beri Inspirasi Dalam Hidup Beserta Artinya

Kata-Kata Berkelas Bahasa Inggris yang Bisa Beri Inspirasi Dalam Hidup Beserta Artinya

Kumpulan kata-kata berkelas bahasa Inggris yang bisa berikan inspirasi dan semangat.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
40 Kata-Kata Jalaludin Rumi, Inspiratif dan Penuh Makna Mendalam

40 Kata-Kata Jalaludin Rumi, Inspiratif dan Penuh Makna Mendalam

Dalam setiap kata-katanya, Rumi memberikan pesan-pesan kebijaksanaan tentang cinta, kehidupan, dan spiritualitas.

Baca Selengkapnya
Kisah Inspiratif Apih Uta, Lentera Bagi Rebab Sunda yang Hampir Punah

Kisah Inspiratif Apih Uta, Lentera Bagi Rebab Sunda yang Hampir Punah

Apih Uta bersama rebabnya menolak punah digerus zaman.

Baca Selengkapnya
100 Kata Mutiara Kecewa pada Seseorang, Bisa Jadi Bahan Mengungkap Perasaan Paling Dalam

100 Kata Mutiara Kecewa pada Seseorang, Bisa Jadi Bahan Mengungkap Perasaan Paling Dalam

Melalui kata-kata ini diharapkan bisa menjadi lentera dalam kegelapan, memberikan harapan serta kekuatan guna melanjutkan perjalanan hidup.

Baca Selengkapnya
Pernah Dibuat Sakit Hati karena Diskriminasi, Transformasi Drastis Perempuan Ini Menginspirasi

Pernah Dibuat Sakit Hati karena Diskriminasi, Transformasi Drastis Perempuan Ini Menginspirasi

Tak jarang orang-orang yang memiliki kelebihan berat badan jadi sasaran diskriminasi lingkungan sekitar.

Baca Selengkapnya
4 Kali Keguguran, Perempuan Ini Menangis Haru saat Melahirkan, Bahagia Akhirnya Jadi Ibu

4 Kali Keguguran, Perempuan Ini Menangis Haru saat Melahirkan, Bahagia Akhirnya Jadi Ibu

Momen haru seorang wanita 4 kali keguguran. Akhirnya punya anak setelah hamil kelima.

Baca Selengkapnya
Kata-kata Buat Anak Laki-laki, Penuh Nasehat Bijak dan Inspirasi Kehidupan

Kata-kata Buat Anak Laki-laki, Penuh Nasehat Bijak dan Inspirasi Kehidupan

Merdeka.com merangkum tentang kata-kata buat anak laki-laki yang penuh nasehat bijak dan inspirasi kehidupan.

Baca Selengkapnya