10 Makanan untuk Penderita Darah Tinggi, Murah dan Mudah Didapat

Selasa, 25 Februari 2020 12:00 Reporter : Novi Fuji Astuti
10 Makanan untuk Penderita Darah Tinggi, Murah dan Mudah Didapat Ilustrasi Hipertensi. ©CC0 Public Domain

Merdeka.com - Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan kondisi di mana tekanan darah berada pada nilai 130/80 mmHg bahkan lebih dari itu. Kondisi ini jelas berbahaya bagi kondisi kesehatan tubuh, karena jantung dipaksa untuk memompa darah lebih keras ke seluruh tubuh. Tekanan darah tinggi dapat menimbulkan berbagai penyakit lainnya seperti gagal ginjal, stroke dan gagal jantung.

Sembari melakukan pengobatan secara medis di rumah sakit, ada baiknya penderita darah tinggi juga mengontrol asupannya. Beberapa makanan yang relatif murah dan mudah di dapat ternyata mengandung banyak nutrisi yang baik untuk menurunkan tekanan darah, 10 di antaranya telah dirangkum merdeka.com melalui beragam sumber pada Selasa, (25/2).

1 dari 10 halaman

1. Pisang

14 manfaat pisang bagi tubuh

2020 Merdeka.com

Pisang mengandung banyak potassium dan merupakan buah yang penuh dengan nutrisi untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Tambahkan pisang ke dalam menu sarapan atau menikmatinya sebagai cemilan di siang hari.

2 dari 10 halaman

2. Kentang

Kentang memiliki kandungan potassium dan magnesium yang bagus untuk kesehatan jantung. Jika kadar potassium dalam tubuh rendah, maka tubuh akan menyerap sodium yang bisa membuat tekanan darah naik.

3 dari 10 halaman

3. Yogurt

ilustrasi yogurt

Shutterstock

Yogurt difermentasikan dari 100 persen susu segar dan mempunyai kandungan dari kebaikan susu yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Mengonsumsi yogurt dipercaya dapat mengurangi resiko terkena hipertensi. Hal ini sejalan dengan manfaat yogurt untuk menurunkan kolesterol. Seperti kita ketahui bersama bahwa kadar kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah dan berujung pada tekanan darah tinggi.

4 dari 10 halaman

4. Oats

Sudah menjadi rahasia umum kalau oats memiliki nilai gizi yang baik untuk memelihara kesehatan tubuh. Pantas saja oats sering dijadikan menu diet sehat oleh banyak orang. Mendengar kata oats kita sering mengiranya gandum, padahal keduanya berbeda meskipun berasal dari satu famili yaitu serelia. Gandung tidak bisa dimakan langsung harus diolah terlebih dulu sedangkan oats bisa dikonsumsi langsung.
Kandungan serat pada oats menawarkan manfaat bagi kesehatan jantung dan menurunkan risiko tekanan darah tinggi. Bahkan sebuah studi menunjukkan bahwa seseorang mampu mengurangi risiko gagal jantung dengan rajin mengonsumsi semangkuk oats setiap hari.

5 dari 10 halaman

5. Cokelat Hitam

chocolate

2017 lifehealthbar.com

Dark chocolate atau coklat hitam merupakan satu tanaman bernama Theobrama cacao yang mengandung flavonoid antioksidan yang dapat menurunkan penyerapan kolesterol. Menurut studi klinis flavanol memiliki efek signifikan dalam perlindungan pembuluh darah, karena efek antioksidan dan nitrit oksida yang dimilikinya.

Nitrit oksidan merupakan senyawa kimia yang ada di dalam tubuh manusia yang berfungsi untuk membantu pembuluh darah untuk melebar sehingga tekanan darah menjadi turun. Walaupun demikian, mengonsumsi dark chocolate tetap harus diperhatikan dan jangan sampai berlebihan.

6 dari 10 halaman

6. Bawang Putih

Mengonsumsi bawang putih dapat membantu menurunkan kolesterol, yang merupakan salah satu faktor penyebab meningkatnya tekanan darah. Cara kerja bawang putih adalah dengan menghambat penyerapan kolesterol dari makanan di dalam saluran pencernaan. Selain menurunkan kolesterol secara tidak langsung bawang putih juga mampu menurunkan tekanan darah.

7 dari 10 halaman

7. Tomat

012 tantri setyorini

2018 Merdeka.com/Pixabay

Tomat kaya akan kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh salah satunya adalah vitamin B3 yang telah digunakan sebagai penurun kolesterol yang sangat aman dikonsumsi. Ahli nutrisi terkemuka mengungkapkan bahwa tomat adalah sumber antioksidan likopen yang menetralkan radikal bebas sehingga kamu terlindungi dari berbagai macam kanker dan penyakit berat lainnya.

8 dari 10 halaman

8. Mengkudu

Morinda Citrifolia L atau lebih dikenal dengan buah mengkudu sangat kaya akan serat yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit salah satunya adalah tekanan darah tinggi, karena buah mengkudu memiliki kandungan senyawa scopletin.
Menurut para ahli senyawa scopletin bisa dijadikan sebagai pembersih alami bagi endapan-endapan yang ada dalam pembuluh darah yang biasanya menyebabkan arterosklerosis. Kamu bisa mengonsumsi buah mengkudu dengan cara diserut halus dan diseduh dengan air panas.

9 dari 10 halaman

9. Mentimun

008 tantri setyorini

Boldsky

Mentimun merupakan salah satu jenis sayur yang sering dijadikan lalapan saat menyantap nasi bersama dengan lauk-pauk. Selain menyegarkan, ternyata mentimun juga kaya akan nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh. Kandungan nutrisi yang ada dalam mentimun salah satunya kalium, vitamin C, antioksidan seperti karotenoid dan tokoferol.
Sejumlah 50 gram mentimun dipercaya mengandung sebanyak 80 gram kalium yang bermanfaat untuk menurunkan darah. Sistem kerja kalium yaitu melebarkan pembuluh darah sehingga tekanan darah menurun.

10 dari 10 halaman

10. Bayam

Pada umumnya bayam sering diolah menjadi sayur bening dengan tambahan jagung manis. Selain itu kamu juga bisa merebus sayur bayam tanpa tambahan bumbu apa pun, karena rasanya akan tetap enak. Selain enak ternyata bayam mengandung magnesium yang berfungsi untuk menurunkan serta mengontrol tekanan darah tinggi.

[nof]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini