8 Tempat wisata Cirebon yang asyik untuk pelesir saat libur lebaran

Selasa, 12 Juni 2018 12:30 Reporter : Tantri Setyorini
Cirebon Waterland Ade Irma Suryani. © Instagram/diluck_

Merdeka.com - Meskipun terkesan seperti kota kecil, sebenarnya cirebon termasuk salah satu tujuan wisata yang layak dikunjungi.

Cirebon merupakan kota yang cukup strategis untuk berlibur. Lokasinya tak jauh dari ibukota, selain itu menjadi penghubung antara Jawa Barat dan Jawa Tengah. Anda yang tak ingin beranjak jauh-jauh dari Jakarta bisa memilih kota ini untuk libur Lebaran.

Berikut ini beberapa destinasi wisata Cirebon yang bisa Anda jadikan referensi untuk pelesiran di kala Lebaran.

Bukit Gronggong

Bukit Gronggong Instagram/vial380


Nikmati pemandangan alam nan syahdu di Bukit Gronggong. Bukit yang berlokasi di Patapan, Beber ini bakal menawarkan pemandangan yang lebih indah lagi saat malam tiba. Kerlap-kerlip lampu kota yang terlihat dari ketinggian akan menghadirkan nuansa romantis.

Di Bukit Gronggong banyak pedagang yang menjajakan jagung bakar, makanan khas di tempat-tempat wisata berhawa dingin. Ada juga beberapa restoran yang menawarkan paket makan malam romantis bersama pasangan.

Tarif: Rp2.000,-

Taman Sari Gua Sunyaragi

Taman Sari Gua Sunyaragi Instagram/nsnurjanah_


Siapa yang tidak tahu destinasi wisata yang satu ini. Berlokasi di Kelurahan Sunyaragi, Kesambi, Gua Sunyaragi menjadi sangat hits di kalangan traveler setelah banyak orang mengunggah gambarnya ke media sosial.

Di kompleks wisata ini terdapat dua bangunan utama, yaitu pesanggrahan dan gua yang dari luar tampak seperti berbentuk candi. Dahulu tempat ini digunakan oleh raja sebagai tempat bertapa.

Tarif: Rp10.000,-

Keraton Kasepuhan

Keraton Kasepuhan Instagram/christianhariyanto


Ini destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat Anda berada di Cirebon. Bukan tanpa sebab, keraton kesultanan pertama di Cirebon yang dibangun Pangeran Mas Mochammad Arifin II pada 1529 ini menyimpan banyak cerita sejarah.

Di lokasi ini, tiap orang bisa menyaksikan beragam benda peninggalan dan benda-benda pusaka milik sultan. Yang menarik, keraton ini punya sebuah Kereta Singa yang hanya dikeluarkan untuk dimandikan tiap 1 Syawal. Bagi Anda penggila arsitektur masa lampau, tempat ini sangat cocok bagi Anda untuk menghabiskan masa libur Lebaran.

Tarif: Rp20.000,- (umum), Rp15.000,- (pelajar), Rp70.000,- (wisatawan asing), Rp40.000,- (pelajar asing)

Telaga Nilem

Telaga Biru Cicerem Instagram/nizaramrullah


Telaga Nilem atau dikenal juga dengan nama telaga biru Cicerem merupakan salah satu tempat wisata yang mendulang popularitas dadakan gara-gara jejaring sosial. Berlokasi di Desa Kaduela, Pasawahan, otomatis Telaga Biru Cicerem berada di kaki Gunung Ciremai.

Selain airnya yang jernih kebiruan, tempat wisata ini juga menawarkan pemandangan indah. Udara di kawasan telaga terasa sejuk, karena dikelilingi pepohonan rindang.

Satu lagi keunikan Telaga Biru Cicerem adalah puluhan ikan mas yang hidup di sana. Ikan-ikan ini termasuk jinak. Mereka suka menghampiri pengunjung yang berdiri di pinggir telaga. Tak boleh diambil memang. Tetapi bisa diajak foto, lho.

Tarif: Rp5.000,-

Hutan Kera Plangon

Hutan Plangon Instagram/deboradwikristiani


Berlokasi di Desa Babakan, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Hutan Kera Plangon bukan hanya menawarkan suasan hutan dan habitat kera, tapi juga menjadi tempat petilasan Pangeran Panjunan dan Pengeran Kejaksan yang letaknya di atas bukit Plangon.

Untuk bisa menjamah puncak bukit Plangon, traveler hanya perlu menaiki ratusan anak tangga. Destinasi wisata ini sangat cocok bagi Anda yang mencintai wisata petualangan dan sambil mempelajari sejarah Kota Cirebon.

Tarif: gratis

Cirebon Waterland Ade Irma Suryani

Cirebon Waterland Ade Irma Suryani Instagram/diluck_


Main air bersama keluarga tentu menjadi atraksi wisata yang murah meriah yang bisa dilakukan bersama keluarga tercinta di momen libur Kebaran. Cirebon Waterland menjadi salah satu destinasi wisata yang bisa menjadi referensi tempat bermain air terpopuler di Cirebon.

Lokasinya yang berada di bibir pantai menjadi keunggulan destinasi wisata ini, apalagi tempat ini juga punya pemandangan matahari terbit yang menawan. Tak hanya itu, wisata air yang akrab disebut dengan Taman Ade Irma Suryani ini juga menyiapkan banyak wahana, mulai dari perahu bebek, kolam arus, hingga air mancur.

Tarif: Rp50.000,- sampai Rp65.000,-

Batu Lawang

Batu Lawang Instagram/juhenk_arie


Berada di Desa Cupang, Kecamatan Gempol, Kabupaten Cirebo, Batu Lawang menjadi destinasi wisata baru yang mulai hits di kalangan traveler. Di lahan seluas 3 hektare ini, wisatawan bisa menikmati keindahan alam dan tebing bebatuan dari puncak pegunungan Jaya.

Di atas tebing, pihak pengelola telah menyediakan tempat untuk selfie. Dari ketinggian sekitar 50 meter, wisatawan bisa menikmati keindahan alam sambil berfoto-foto.

Nama Batu Lawang sendiri diambil dari bentuk batunya yang menyerupai lawang atau pintu. Pintu tersebut diyakini menembus ke alam gaib, menurut cerita para tetua di lokasi batu tersebut berada.

Tarif: Rp5.000,-

Masjid Agung Sang Cipta Rasa

Masjid Agung Sang Cipta Rasa Instagram/fan_fin


Masyarakat sekitar mengenalnya dengan sebutan Masjid Kasepuhan. Masjid ini merupakan salah satu tempat ibadah tertua di Cirebon.

Masyarakat setempat percaya, di halamam masjid ini terdapat sumber air yang diyakini punya sumber air yang sama dengan sumur zam-zam di Mekah. Air ini diyakini mampu menyembuhkan berbagai penyakit jika diminum dan dipakai untuk membasuh wajah.

Uniknya, pintu masuk masjid ini sangat rendah, sehingga orang yang ingin masuk perlu menundukkan kepalanya.

Tarif: Rp5.000,-

Itulah deretan tempat wisata keren di Cirebon yang bisa Anda kunjungi saat Lebaran nanti. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati dengan barang bawaan Anda. Jumlah wisatawan di momen liburan seperti ini pasti membludak. Jadi risiko terjadinya hal-hal tak diinginkan pun semakin meningkat pula.

Reporter: Ahmad Ibo

Sumber: Liputan6.com [tsr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini