Sudah siapkan Anda menjadi seorang ibu?

Sabtu, 2 Juli 2016 07:03 Reporter : Aulia Fitriasari
Sudah siapkan Anda menjadi seorang ibu? Ilustrasi Ibu Hamil. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Setelah bertunangan, biasanya Anda akan memasuki masa persiapan untuk merencanakan pesta pernikahan. Anda akan banyak berdiskusi dengan pasangan untuk mewujudkan impian Anda berdua. Mulai dari mencari venue pernikahan, konsep resepsi, hingga perjalanan bulan madu. Di saat yang bersamaan ada beberapa hal yang sebaiknya dibicarakan sejak dini. Salah satunya kesiapan Anda untuk menjadi orangtua.

Pernahkah Anda seperti merasa sudah tidak sabar untuk menjadi seorang ibu? Terkadang melihat teman atau saudara yang telah memiliki anak membuat Anda ingin memiliki versi mini diri Anda juga. Tapi, pernahkah juga Anda berpikir bahwa memiliki anak tidak sekedar soal memberi baju yang cantik dan mendandaninya semata? Pernahkah Anda membayangkan apa yang sebenarnya harus dilewati oleh seorang ibu? Sesungguhnya, tidak seorangpun dapat membayangkan apa yang benar-benar akan terjadi karena tentu saja, setiap anak unik dan berbeda.

Bagaimanapun, ada beberapa hal umum yang setiap ibu biasanya alami ketika telah memiliki anak. Ketahuilah beberapa hal berikut ini, yang dapat membantu Anda di kemudian hari.

Prioritas Anda akan Berubah

Banyak hal yang akan terjadi, tapi yang pasti prioritas hidup Anda juga akan berubah. Sesudah menjadi ibu, Anda tidak bisa mengambil keputusan berdasarkan kepentingan Anda semata. Kebaikan sang buah hati menjadi faktor yang utama. Ini berlaku dari hal yang terkecil hingga yang terbesar. Seiring dengan waktu, Anda pun akan terbiasa untuk mengutamakan keluarga di atas kepentingan pribadi.

Anda Harus Mengorbankan Banyak Waktu

Tugas seorang ibu tidaklah mudah. Anda harus pandai mengatur waktu dengan seksama. Semua aktivitas membutuhkan sentuhan seorang ibu mulai dari urusan rumah hingga pekerjaan kantor. Jika Anda juga bekerja sebagai wanita karir, Anda harus bisa menyeimbangkan waktu dengan tanggung jawab pekerjaan.

Anda Harus Banyak Bersabar

Mengurus, membesarkan, serta mendidik anak memerlukan banyak kesabaran. Terkadang tidak semua akan berjalan sesuai dengan keinginan Anda. Kesabaran akan menjadi kunci utama untuk menjalani hidup dengan lebih bahagia. Perkembangan setiap anak akan berbeda-beda. Anda cukup membimbingnya untuk melewati setiap tahap yang harus dilalui. Sesibuk apapun seorang ibu harus bisa mendampingi tumbuh kembang sang anak.

Menyesuaikan Kegiatan dengan Jadwal Anak

Saat anak masih batita, sebagai seorang ibu, Anda harus menyesuaikan aktivitas dengan jadwal kegiatan Anda. Pada tiga bulan pertama, jam biologis bayi biasanya belum teratur dan banyak terbangun di tengah malam untuk mengonsumsi asi. Selain itu, kebutuhan dasar bayi membuat Anda harus mendampinginya setiap saat. Hal ini tentu berpengaruh pada rutinitas Anda sehari-hari.

Menjadi ibu bukanlah pekerjaan yang mudah dan terkadang memang banyak yang belum menyadari sulitnya jadi seorang ibu sampai kita melewatinya sendiri. Apa yang dikorbankan seorang ibu pada anaknya tak dapat dinilai dengan materi. Jika ada hal yang dikhawatirkan, maka jangan ragu bertanya pada orang yang mungkin lebih berpengalaman seperti orangtua atau sahabat dekat yang sudah berkeluarga. kerja sama yang baik dengan suami juga akan menjadi kunci keberhasilan sebagai orangtua baru. Tidak ada salahnya untuk meminta dukungan.

Nikmatilah saat-saat paling menyenangkan di hidup Anda, yaitu menyaksikan sang buah hati berkembang dari waktu ke waktu. [tsr]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini