Sehat dan Happy, Ini Pola Makan Tepat untuk Si Cerdas Kucing Siam

Kamis, 15 April 2021 13:00 Reporter : Iwan Tantomi
Sehat dan Happy, Ini Pola Makan Tepat untuk Si Cerdas Kucing Siam ©shutterstock

Merdeka.com - Dikenal unik karena cerdas dan tak ragu untuk mengekspresikan keinginannya, kebutuhan nutrisi kucing Siam mirip dengan ras lainnya. Memberikan nutrisi yang tepat jadi awal untuk kehidupan anabul yang sehat, aktif, dan bahagia sepanjang hidupnya. Simak penjelasannya berikut ini untuk mendapatkan pola makan terbaik untuk hewan peliharaanmu.

Pola Makan Sehari-hari

muezza baru
©shutterstock

Kucing merupakan karnivora dengan daging selalu menjadi bahan paling atas dalam daftar makananya. Sebagai pedoman dasar, ras Siam membutuhkan protein dengan kadar minimal 28%, lemak 21%, mineral 6%, serat 3%, dan vitamin 2%. Idealnya, anabulmu harus makan makanan yang nutrisinya lengkap, seimbang, dan bervariasi.

Pilih juga cat food dengan kandungan yang membantu menghilangkan bulu yang tertelan. Pasalnya, kucing Siam sangat menjaga kebersihan badannnya dengan sering menjilat dirinya sendiri, sehingga rentan mengalami hairball atau gumpalan bulu dalam saluran pencernaannya. Jangan lupa untuk selalu menyediakan air bersih dan segar, untuk menjauhkannya dari dehidrasi.

Wet Food untuk Kucing Siam

muezza baru
©shutterstock

Wet food biasanya dikemas dalam kaleng atau wadah kedap udara lainnya. Setelah dibuka, sisa makanan harus disimpan di lemari es. Jenis makanan kucing ini harus mengandung minimal 35% protein, 15-25% lemak, dan karbohidrat tidak boleh melebihi 5%.

Selain itu, juga sebaiknya dilengkapi dengan asam lemak Omega 3 dan Omega 6, taurin, dan unsur-unsur penting seperti fosfor, kalsium, magnesium, besi dan kalium. Meskipun mengandung air yang mampu mencegah anabul mengalami dehidrasi, tidak disarankan untuk memberikan wet food secara berlebihan. Pasalnya, konsumsi yang terus-menerus dapat menyebabkan timbulnya plak, bau mulut, dan kotoran yang berbau menyengat.

Dry Food untuk Kucing Siam

muezza baru
©shutterstock

Seperti ras kucing lainnya, Siam membutuhkan makanan dengan karakteristik yang berbeda-beda, tergantung pada usinya. Saat anakan, anabul membutuhkan dry food dengan kadar lemak dan protein yang lebih tinggi untuk mendukung pertumbuhannya, juga kalsium dan vitamin.

Saat menginjak usia dewasa, kucing Siam harus mendapatkan makanan yang seimbang, terdiri dari 25% protein, 40% lemak, serat, omega 3 dan 6, serta vitamin dan mineral. Sebaliknya, hewan peliharaan yang lebih tua tidak memerlukan protein dan lemak dalam jumlah besar karena tidak lagi melakukan banyak aktivitas fisik.

muezza baru
©Muezza

Praktis dan ekonomis, cat food mana yang cocok untuk kucing peliharaanmu? Jatuhkan pilihanmu pada Muezza, brand makanan kucing kering yang mengandung nutrisi lengkap dan seimbang, bersumber dari bahan-bahan alami.

Diolah dengan teknologi modern, dry food ini bukan hanya sehat tapi juga halal. Mendapatkan sertifikasi dari The Central Islamic Committee of Thailand, pemilik kucing kini jadi bebas khawatir mengurus atau membersihkan peralatan makannya tanpa khawatir terkena air liur hewan peliharaannya. Tersedia dalam 4 varian rasa yang bakal disukai kucing, Muezza bisa dibeli dengan mudah di Shopee dan Tokopedia. Kucing Siam terjaga sehat, siap jadi teman terbaikmu di rumah. [eth]

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia [tmi]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Makanan Kucing
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini