Ini sosok paling berpengaruh di dunia maya 2018 versi majalah TIME

Jumat, 29 Juni 2018 14:55 Reporter : Tantri Setyorini
Ini sosok paling berpengaruh di dunia maya 2018 versi majalah TIME Orang-orang paling berpengaruh di internet 2018. © YouTube/Instagram/LG/Shutterstock

Merdeka.com - Selama empat tahun terakhir TIME telah mengeluarkan daftar orang-orang paling berpengaruh versi mereka. Untuk tahun ini mereka sudah merilis daftar terbaru para pesohor yang memiliki pengaruh terbesar di internet.

Daftar yang dipublikasikan pada akhir Juni tersebut berisi nama para pelaku dunia hiburan, selebgram, vlogger, dan politisi. Dengan maraknya penggunaan jejaring sosial semakin banyak nama vlogger dan selebgram yang masuk ke dalam daftar.

Berikut ini kami tampilkan 12 di antara 25 tokoh paling influential di internet. Nama yang dimasukkan ke dalam daftar ini dinilai oleh TIME berdasarkan dampak global yang mereka ciptakan melalui jejaring sosial dan kemampuan mereka dalam menggerakkan berita. Urutan yang digunakan di sini tidak mencerminkan peringkat.

1 dari 12 halaman

Rihanna

Rihanna. ©2018 Shutterstock

RiRi adalah seorang musisi yang meraih kesuksesan dan popularitas luar biasa karena berani melakukan gebrakan. Hal itulah yang membawanya meraih Grammy Award. Bermodal kesuksesan dan jutaan penggemar, Rihanna semakin menancapkan pengaruh globalnya lewat jejaring sosial.

Ketika seorang Rihanna mengunggah sesuatu di Instagram, netizen di seluruh dunia bereaksi. RiRi sempat mengkritik Snapchat yang menggunakan nama dan gambar dirinya untuk iklan yang dianggapnya merendahkan. Dalam waktu singkat, Snap Inc. yang mengelola aplikasi tersebut kehilangan $800 juta. Segala pernyataan dan tindakannya menjadi viral dan dianggap mencerminkan sikap seoranng feminis sejati, termasuk keputusannya untuk tidak memakai bra atau foto kakinya yang terluka akibat alat pencukur.

Rihanna tahu kalau suaranya didengar oleh dunia dan ia juga tahu cara merespon kegelisahan publik serta mengubahnya menjadi menjadi bisnis yang menguntungkan. Keinginan para wanita dengan beragam warna kulit dan tipe tubuh untuk tidak dikesampingkan oleh dunia kecantikan dan fashion diresponnya dengan merilis Fenty Beauty dan Savage x Fenty. Yang pertama adalah koleksi makeup dengan pilihan warna terlengkap untuk wanita dengan semua warna kulit. Sementara yang kedua adalah lini pakaian dalam yang mengakomodasi semua bentuk dan ukuran tubuh. Keduanya telah mendatangkan kekayaan hingga puluhan juta dolar bagi RiRi.

2 dari 12 halaman

Kanye West

Kanye West. ©2014 Merdeka.com/guim.co.uk

Sama seperti Donald Trump, rapper, produser musik, dan perancang busana ini juga termasuk sosok yang sangat kontroversial di dunia maya. Kanye kerap menjadi tajuk utama berkat cuitan-cuitan 'ajaib'nya.

Setelah hiatus dari jejaring sosial yang sempat disebutnya sebagai bentuk seni kontemporer itu, Kanye kembali mengguncang dunia dengan cuitannya. Suami Kim Kardashian itu jadi pembicaraan dunia gara-gara kritiknya terhadap mantan presiden Geaorge W Bush, dukungannya terhadap Trump, dan komentarnya soal perbudakan yang dia sebut sebagai sebuah 'pilihan'.

Di luar persona online-nya yang diikuti 28 juta pengguna Twitter, Kanye tetap seorang musisi ciamik yang bisa membuat album teranyarnya menduduki peringkat atas Billboard 200.

3 dari 12 halaman

Logan Paul & Jake Paul

Logan Paul - Jake Paul. © YouTube

Paul bersaudara adalah dua dari sederet YouTuber paling besar saat ini. Keduanya berhasil mengumpulkan 33 juta subscriber di YouTube, 27 juta pengikut di Instagram, dan 21 juta penggemar di Facebook. Para penggemar setia yang mereka sebut Logang dan Jake Pauler.

Forbes mengestimasi kekayaan bersih Logan sebesar $12,5 juta dan Jake $11,5 juta. Dari kesuksesan yang berhasil mereka raih lewat vlog, Logan dan Jake merambah ranah fashion, game, dan musik.

Walaupun begitu kiprah mereka di dunia vlogging juga bukan tanpa kontroversi. Di tahun 2018, YouTube tak lagi menggunakan Logan sebagai partner iklan terpilih sejak dirinya merilis video tentang korban gantung diri di hutan bunuh diri Jepang, Aokigahara. Video tersebut dianggap tidak sensitif oleh banyak pihak. Sementara Jake disebut telah menyinggung orang kulit hitam dengan menyebut kata 'nigga' saat nge-rap. Namun rupanya hal itu tidak membuat para penggemar fanatik mereka kehilangan respek.

4 dari 12 halaman

Donald Trump

Donald Trump. ©2018 Associated Press

Donald Trump mungkin selebriti dan pengusaha paling kontroversial yang pernah ada. Juga sosok presiden Amerika Serikat yang paling sering dihujat publik. Tetapi tak ada yang bisa memungkiri kalau POTUS (President of The United States) juga memiliki pengaruh global di jejaring sosial, meskipun maknanya tak selalu positif.

Lewat akun Twitter-nya, @realDonaldTrump, Trump mengeluarkan berbagai pernyataan kontroversial yang hampir selalu membuat netizen bereaksi keras. Cuitan-cuitan pedas itu membuat namanya kerap menjadi tajuk berita utama dan meresahkan para pejabat elit yang berkaitan dengan keamanan negara.

5 dari 12 halaman

Eman al-Nafjan

Eman al-Nafjan. © Twitter/Saudiwoman

Eman al-Nafjan merupakan salah satu feminis dan aktivis hak-hak perempuan Timur Tengah. Blogger asal Arab Saudi ini membuat komentar-komentar berani tentang kesetaraan hak lewat blog-nya, SaudiWoman's Weblog. Salah satu topik bahasannya yang kemudian menimbulkan reaksi global terhadap perlakuan wanita di Timur Tengah adalah larangan menyetir yang ditetapkan kepada mereka. Peraturan itu kini sudah dicabut pemerintah.

Blog dwibahasa Eman kerap menjadi rujukan para jurnalis luar yang hendak mengunjungi Arab Saudi. Sementara kehadirannya sendiri dianggap sebuah kontroversi bagi publik Timur Tengah. Tak jarang Eman dicerca karena mengadopsi 'feminisme ala barat' dalam pemikiran-pemikirannya.

Pada bulan Mei tahun ini Eman dan sejumlah aktivis HAM ditahan oleh pemerintah. Mereka dipenjarakan untuk alasan yang kurang jelas. Media nasional Arab Saudi menyebutnya pengkhianat, membuatnya terancam hukuman penjara hingga 20 tahun.

6 dari 12 halaman

Sia Cooper

Sia Cooper. ©Medium/DynaPro

Pemilik akun Instagram @DiaryOfAFitMommyOfficial ini adalah seorang fitness blogger yang punya cara unik untuk meningkatkan popularitasnya. Dia selalu mengomentari unggahan para selebriti hingga menjadi top commenter yang kedatangan puluhan ribu pengikut baru berkat perubahan algoritma Instagram.

Saat ini Cooper memiliki lebih dari 1 juta pengikut di Instagram dan meraup penghasilan $500.000 per tahun sebagai influencer.

Walaupun begitu tak sedikit pula yang mengkritik unggahan-unggahan motivasinya.

7 dari 12 halaman

Ryan ToysReview

Vlog Ryan ToysReview. © YouTube/Ryan ToysReview

Cuma Ryan yang bisa meraup $11 juta per tahun hanya dengan menjajal mainan baru. Kanal Ryan ToysReview yang dikelola kedua orangtua Ryan menampilkan aksi si bocah saat unboxing mainan terbaru dan menjajalnya. Daya tarik utama bukan kualitas review yang Ryan berikan, tetapi tingkah polahnya yang lucu. Vlog Ryan ditonton 8 miliar kali, diikuti 10 juta subscriber, dan membuat anak-anak seusianya terinspirasi untuk membuat kanal serupa.

Menurut pengakuan ibu Ryan, Ryan ToysReview dimulai pada bulan Maret 2015 atas permintaan sang bocah sendiri. Gara-garanya penggemar Thomas The Tank Engine ini hobi menonton vlog ulasan mainan seperti EvanTubeHD dan Hulyan Maya.

Meskipun Ryan selebriti yang sangat influensial di internet, orangtua sangat menjaga privasinya. Nama keluarga dan kota asal mereka tidak pernah dipublikasikan. Mereka juga memastikan kalau Ryan tidak akan dipaksa untuk membuat video jika dia tidak ingin. Jika Ryan sudah bosan nge-vlog, mereka tidak akan memproduksi video baru lagi.

8 dari 12 halaman

Para wanita pendukung gerakan #BabaeAko

Gerakan BabaeAko. ©2018 Kodao Productions

Sejak menduduki kursi jabatan di tahun 2016, presiden Filipina, Rodrigo Duterte telah menuai reputasi sebagai pemimpin yang tegas dalam memerangi peredaran narkoba. Namun Duterte juga dikecam karena kerap melontarkan komentar seksi dan lelucon tentang pemerkosaan yang membuat para wanita gerah. Suatu ketika Duterte melempar pernyataan bahwa wanita tidak seharusnya menjadi ketua Mahkamah Agung. Beberapa hari kemudian sejumlah selebriti dan aktivis perempuan memviralkan tagar #BabaeAko dengan unggahan cuplikan video yang merekam komentar seksis di pemerintahan Duterte.

Berawal dari protes kecil-kecilan yang dimulai oleh segelintir pengguna jejaring sosial pada tanggal 20 Mei 2018, #BabaeAko berkembang menjadi gelombang aksi berkekuatan besar yang didukung ribuan wanita. Aksi ini diikuti dengan aksi massa di mana lebih dari 1.000 demonstran turun ke jalan. Rencananya aksi protes ini masih berlangsung hingga Juli 2018.

9 dari 12 halaman

Kylie Jenner

Kylie Jenner. © Instagram

Kalau Rihanna bisa bikin Snapchat kehilangan $800 juta, Kylie Jenner bahkan membuat Snapchat kehilangan nilai pasar sampai $1,3 miliar dengan satu unggahan. Saat ini anggota termuda klan Kardashian-Jenner itu adalah selebriti dengan bayaran termahal di Instagram. Satu unggahan berbayar saja bisa mendatangkan penghasilan $1 juta bagi Kylie.

Meskipun jumlah pengikutnya tidak sebanyak kakak-kakaknya, Kylie berhasil menjadikan pengaruhnya di jejaring sosial sebagai senjata bisnis yang ampuh. Berkat kemampuannya dalam menciptakan tren di dunia fashion dan kecantikan, Kylie berhasil memasarkan Kylie Cosmetics ke seluruh dunia.

10 dari 12 halaman

BTS

BTS. ©Allkpop

Hanya setengah dekade sejak debut mereka, grup idola dari Korea Selatan ini sudah meraih kesuksesan yang luar biasa. Grup yang namanya memiliki kepanjangan Bangtan Boys dan Beyond The Scene dalam bahasa Inggris ini memecahkan rekor mereka sendiri dengan merilis album K-pop dengan peringkat tertinggi di tangga lagu Amerika Serikat.

Selain lagu-lagu yang memuncaki Billboard 200, tujuh pemuda dengan leader Rap Monster ini berhasil menjaring 50 juta penggemar fanatik yang tersebar di berbagai negara. Di sinilah letak kekuatan BTS. Army, sebutan untuk para penggemar mereka berperan besar dalam menciptakan tren dan rekor di dunia maya dengan nama BTS. Misalnya saja video musik Fake Love yang hampir mengungguli rekor video Taylor Swift dan PSY di YouTube dalam waktu 24 jam saja. Army berhasil membawa idola mereka bertengger di peringkat atas Billboard's Social 50 selama 89 minggu, mengalahkan Justin Bieber.

BTS sudah memenangkan penghargaan Top Social Artist di Billboard Music Awards selama 2 tahun berturut-turut. Hasil penjualan album, merchandise, dan tiket konser mereka juga tidak main-main. Sementara presensi setiap anggota di jejaring sosial membuat grup tersebut menjadi selebriti paling banyak dibicarakan di jejaring sosial.

11 dari 12 halaman

Roland Szabo

Yanny atau Laurel. © Instagram

Masih ingat kehebohan yang dipicu Yanny atau Laurel? Unggahan yang fenomenanya menyaingi The Dress itu dimulai oleh Roland Szabo, seorang siswa SMA dari Georgia, Amerika Serikat. Setelah salah satu kawannya menemukan rekaman suara yang membuat Laurel terdengar seperti Yanny, Szabo mengunggahnya di Reddit. Tadinya dia berpikir postingan itu akan tenggelam begitu saja, tak menduga kalau dirinya akan mendapat 3.000 vote dalam 3 hari.

Unggahan Roland semakin viral hingga ke seluruh dunia berkat seorang YouTuber, Cloe Feldman yang me-repostnya di Twitter. Saking viralnya, Yanny atau Laurel menjadi trending topic global. Bahkan sampai dikomentari Gedung Putih dan musisi Yanni.

"Saya cukup senang mendapat kesempatan untuk meninggalkan sebuah tanda di budaya pop," tutur Roland kepada TIME.

12 dari 12 halaman

Naomi Watanabe

Naomi Watanabe. ©Highsnobiety

Dengan 8 juta pengikut di Instagram, Naomi Watanabe, 30 tahun merupakan selebriti jejaring sosial paling populer di Jepang. Naomi juga menjadi sosok yang berani untuk mengubah stereotip tentang wanita di negeri sakura melalui platform yang dia miliki sebagai komedian dan perancang busana.

Nama Naomi pertama kali viral 10 tahun lalu saat dirinya menirukan Beyonce dan Lady Gaga, sampai disebut Beyonce-nya Jepang. Kepribadiannya menyenangkan dan humor blak-blakan yang menjadi ciri khasnya telah membawa dirinya untuk menjadi juri X Factor Japan dan peran di Saturday Night Live versi Jepang.

Naomi juga berhasil tandatangan kontrak endorsement dengan Gap dan merilis clothing line Punyus dengan namanya yang disukai karena menyediakan ukuran untuk wanita plus size pula. Belakangan bahkan diundang untuk menghadiri peragaan busana Gucci dan Fendi.

Itulah deretan pesohor dan influencer dengan pengaruh paling besar di dunia maya. Silakan simak daftar lengkapnya di sini. [tsr]

Baca juga:
Sering halu di sosmed, keseharian Mimi Peri ternyata beda jauh
Netizen tak keberatan Gen Halilintar diklaim Malaysia, ini reaksi Mama Halilintar
Ada Jokowi di XYZ Day, Jennifer Bachdim tak bisa tutupi rasa excited
Bude Sumiyati, bidadari bumi kocak saingan Mimi Peri
Dihujat karena jual buku jutaan rupiah bonus voice call, Gen Halilitar buka suara
Dihujat karena jual buku jutaan rupiah bonus voice call, Gen Halilitar buka suara

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini