Bacaan niat sholat tarawih sendiri, berjemaah, berikut niat sholat witir

Rabu, 16 Mei 2018 13:30 Reporter : Ranu Kinasti Dahayu
Ilustrasi salat tarawih. © Ilustrasi salat tarawih

Merdeka.com - Bulan Ramadan 2018 sudah di depan mata. Saatnya umat Islam mempertebal iman dan menyempurnakan ibadah dengan amalan-amalan sunnah, salah satunya adalah salat tarawih atau sholat tarawih. Lalu sudahkah Anda mengetahui bacaan niat sholat tarawih yang benar?

Sholat tarawih adalah ibadah sholat sunnah yang dilakukan setelah menjalankan sholat Isya pada bulan Ramadan. Ibadah ini bisa dilakukan sendirian atau berjemaah.

Sholat tarawih idealnya dikerjakan sebanyak 2 rakaat. Jika berniat mengerjakan 8 rakaat, maka seyogyanya dengan sholat 2 rakaat sebanyak 4 kali dengan 1 kali salam setiap akhir rakaat kedua.

Bagi Anda yang berniat mengerjakan ibadah sholat tarawih, berikut ini kami tampilkan bacaan niat sholat tarawih 2 rakaat yang benar.

Niat sholat tarawih sendiri

Untuk Anda yang berniat menjalankan sholat tarawih sendiri di rumah, silakan membaca niat sholat tarawih di bawah ini.

"USHOLLII SUNNATAT-TAROOWIIHI ROK'ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI LILLAAHI TA'ALAA."

Artinya :
Saya niat salat sunnah tarawih dua raka'at menghadap kiblat karena Allah Ta'ala.

Bacalah niat sholat tarawih di atas dalam hati bersamaan dengan takbir pertama yang menandai dimulainya ibadah sholat.

Niat sholat tarawih 4 rakaat

Beberapa orang menjalankan sholat tarawih sebanyak 4 rakaat dengan 1 kali salam. Dalil untuk jumlah rakaat ini berasal dari perkataan Aisyah radhiyallahu 'anha.

"Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam melaksanakan sholat 4 rakaat, maka janganlah tanyakan mengenai bagus dan panjang rakaatnya. Kemudian beliau melaksanakan sholat 4 rakaat lagi, maka janganlah tanyakan mengenai bagus dan panjang rakaatnya."

Pernyataan ini memiliki kemungkinan 4 rakaat dilakukan sekaligus dengan 1 salam atau bisa juga 4 rakaat yang dilaksanakan dengan 2 rakaat sebanyak 2 kali.

Menurut Imam Syafii, penafsiran pertama termasuk zhahir (umum), tetapi Rasulullah SAW sudah memberikan pernyataan langsung mengenai sholat malam.

"Sholat malam adalah dua rakaat dua rakaat."

Karena sholat tarawih termasuk ibadah salat malam yang diperkuat dengan hadits qauliy (perkataan Nabi), maka penafsiran salat tarawih 4 rakaat yang dikerjakan 2 rakaat 2 rakaat lebih kuat dasar hukumnya.

Lebih dari 80 kitab Mu'tabar dari berbagai cabang ilmu telah menyatakan bahwa sholat tarawih yang dikerjakan dengan 4 rakaat 1 salam itu tidak sah. Di antaranya Imam Nawawiy al-Dimasyqiy, Imam Ahmad Ibn Hajar al-Haytamiy, Imam Muhammad Ibn Ahmad al-Ramliy, Imam Muhammad al-Zarkasyiy, dan Imam Ahmad Ibn Muhammad al-Qasthallaniy.

Walaupun begitu, jika ada beberapa orang yang menganggap sholat tarawih 4 rakaat dengan 1 kali salam sah sebenarnya tidak perlu dijadikan perdebatan. Pada akhirnya semua kembali kepada keimanan masing-masing.

Niat sholat tarawih dan witir

Jumlah rakaat sholat tarawih yang umum dikerjakan antara lain 11 rakaat dengan witir dan 23 rakaat dengan witir. Masing-masing dikerjakan setiap 2 rakaat dan diakhiri dengan salam. Karena itu niatnya tetap sholat tarawih 2 rakaat.

Salat tarawih idealnya ditutup dengan sholat witir yang jumlah rakaatnya ganjil. Niat sholat witir bervariasi, umumnya 1 rakaat atau 3 rakaat.

Niat sholat witir 1 rakaat salam

Bagi Anda yang ingin mengerjakan sholat witir dengan 1 rakaat saja, berikut ini bacaan niat sholat yang bisa Anda hafalkan.

"Ushallii sunnatal witri rok 'atan mustaqbilal qiblati adaa'an (ma'muman / imaman) lillaahi ta'alaa."

Artinya:

"Saya niat sholat witir satu rakaat menghadap qiblat menjadi (ma'muman / imaman) karena Allah ta'alaa.

Niat sholat witir 3 rakaat 1 kali salam

Berikut ini bacaan niat sholat witir dengan 3 rakaat yang diikuti dengan 1 kali salam.

"Ushallii sunnatal witri tsalaasa roka'aatin mustaqbilal qiblati adaa'an (ma'muman/imaman) lillaahi ta'alaa."

Artinya :
"Saya berniat shalat witir tiga rakaat menghadap kiblat menjadi (ma'muman/imaman) karena Allah ta'alaa".

Demikian baacan niat sholat tarawih dan witir lengkap. Pilih salah satu dalam kurung. Bila sholat sebagai makmum pilih 'ma'muman'. Jika menjadi imam, pakai kata 'imaman'.

Niat sholat tarawih berjamaah

Ibadah sholat tarawih akan mendatangkan manfaat yang lebih besar jika dijalankan secara berjamaah atau berjemaah. Karena itu tak ada salahnya jika Anda juga mempelajari bacaan niat sholat tarawih berjamaah.

Di bawah ini kami tampilkan bacaan niat sholat tarawih yan dijalankan berjamaah.

USHOLLII SUNNATAT-TAROOWIIHI ROK'ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI MA'MUUMAN LILLAAHI TA'ALAA.

Artinya :
"Saya niat sholat sunnah tarawih dua raka'at menghadap kiblat sebagai makmum karena Allah Ta'ala."

Niat sholat tarawih sebagai imam

Bila Anda ditunjuk menjadi imam sholat saat tarawih, berikut ini bacaan niat sholat tarawih yang bisa Anda amalkan.

USHOLLII SUNNATAT-TAROOWIIHI ROK'ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI IMAAMAN LILLAAHI TA'ALAA.

Artinya :
"Saya niat sholat sunnah tarawih dua raka'at menghadap kiblat sebagai imam karena Allah Ta'ala."

Demikian bacaaan niat sholat tarawih berjamaah sebagai makmum atau imam.

Niat sholat tarawih dan tata caranya

Walaupun jumlah rakaat sholat tarawih berbeda, namun pelaksanaannya sama. Sholat tarawih 11 rakaat maupun 23 rakaat sama-sama dikerjakan setiap 2 rakaat dan diakhiri dengan salam. Karena itu niat sholat tarawih berapa rakaat pun sama.

Sementara tata cara sholatnya sama saja dengan ibadah sholat sunnah lainnya. Sholat witir bisa dikerjakan langsung setelah tarawih atau dilakukan setelah mengerjakan sholat sunnah lain, misalnya sholat tahajud dan hajat.

Demikian panduan mengenai bacaan niat sholat tarawih, witir, beserta tata cara melakukan ibadah sholatnya. Semoga memberikan ilmu dan manfaat bagi Anda. Selamat menjalankan ibadah sunnah di bulan Ramadan. [tsr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini