Mengenal Tea Pot dan Cara Memilihnya, Karena Jenis Teko Bisa Mempengaruhi Rasa Teh

Jumat, 20 November 2020 12:06 Reporter : Tantri Setyorini
Mengenal Tea Pot dan Cara Memilihnya, Karena Jenis Teko Bisa Mempengaruhi Rasa Teh Ilustrasi teko teh. ©Pexels/Kai-Chieh Chan

Merdeka.com - Tea pot atau teko teh merupakan alat yang berfungsi untuk menyeduh daun teh agar mengeluarkan sari-sarinya. Jangan sampai tertukar dengan ketel yang digunakan untuk merebus air bahan menyeduh teh.

Teko dan Budaya Minum Teh

ilustrasi high tea

©Creative Commons/China World Hotel Beijing

Tea pot atau teko teh merupakan bagian tak terpisahkan dari budaya minum teh yang sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu di China dan Jepang. Pada upacara minum teh di Jepang misalnya, kehadiran teko menjadi peralatan penting. Pasalnya, penyajian teh ini merupakan ritual yang harus dibuat dengan urutan tertentu dan sangat hati-hati. Khidmatnya ritual ini bahkan dianggap setara meditasi.

Teko teh atau tea pot juga menjadi bagian penting pada jamuan minum teh gaya Inggris yang biasa disebut high tea. Biasanya jamuan seperti ini melibatkan penyajian teh pada tea pot dan cangkir berbahan porselen kualitas tinggi. Setelah itu teh disajikan bersama kue-kue cantik yang dihidangkan di atas nampan bersusun.

Bahan Tea Pot bisa Mempengaruhi Rasa Teh

Teko teh atau tea pot dibuat dalam berbagai jenis bahan. Mulai dari tanah liat, keramik, porselen, sampai stainless steel. Jika dibuat dari bahan berkualitas nan halus serta dihiasi motif istimewa, harganya bisa sampai ratusan ribu rupiah. Anda bisa memilihnya berdasarkan kebutuhan.

ilustrasi teko teh

©Pexels/Purple Shot

Kenapa pemilihan bahan tea pot sangat penting? Karena bahan tea pot juga berpengaruh pada rasa teh yang dihasilkan. Keramik terbukti lebih unggul dalam menyerap air dan menyaring kotoran di dalam air. Bahan ini dapat melembutkan rasa teh yang diseduh karena mampu mengekstrak astringent secara seimbang. Tea pot bahan porselen paling baik dalam menguatkan aroma dan rasa teh.

ilustrasi teko teh

©Pixabay

Menurut artikel Get Tea Pot, teko berbahan tembikar mampu menyerap tannin yang menyebabkan rasa sepat pada teh. Namun jika Anda menginginkan rasa teh yang orisinal, tentunya teko dengan bahan ini kurang sesuai untuk menyeduh teh.

Sebaliknya, teko berbahan kaca bisa digunakan untuk menyeduh teh jenis apapun. Baik yang rasanya tajam seperti teh hijau atau yang bercitarasa halus seperti teh bunga. Namun teko seperti ini kurang bisa menahan panas, jadi teh harus segera dihabiskan.

Baca Selanjutnya: Tips Memilih dan Merawat Tea...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Minum Teh
  3. Ragam Konten
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini