Ingin Rangkul Kaum Difabel, Barbie Rilis Boneka Berkursi Roda

Rabu, 28 Agustus 2019 15:06 Reporter : Tantri Setyorini
Ingin Rangkul Kaum Difabel, Barbie Rilis Boneka Berkursi Roda Barbie penyandang disabilitas. ©Mattel/Barbie

Merdeka.com - Selama ini Barbie dikenal dengan sosok wanita berkulit putih, rambut pirang, dan tubuh semampai layaknya model. Selama puluhan tahun sosok ini digemari anak perempuan di seluruh dunia. Namun kini saatnya Barbie melakukan perubahan.

Mattel, perusahaan produsen Barbie tampaknya ingin merangkul gagasan keberagaman yang kini tengah dijunjung tinggi manusia modern. Tak ingin menjadi perusahaan yang dikenal dengan citra konvensional dan eksklusif, Barbie pun hadir dengan wajah-wajah baru. Salah satunya adalah boneka Barbie berkursi roda.

1 dari 4 halaman

Hasil Kolaborasi dengan Izzy Wheels

Menurut artikel yang dilansir The Independent (26/8), Barbie berkolaborasi dengan Izzy Wheels, perusahaan kursi roda dari Dublin. Keduanya bekerjasama untuk memproduksi boneka dengan kursi roda yang modis.

Izzi Wheels didirikan oleh dua bersaudara Ailbhe dan Izzy Keane yang terinspirasi langsung dari Izzy yang dilahirkan lumpuh dari pinggang ke bawah. Ailbhe melihat orang-orang kerap memandang adiknya hanya sebagai orang disabilitas dan tidak memperhatikan kepribadiannya.

2 dari 4 halaman

Ingin Menyingkirkan Stigma Buruk Terhadap Pengguna Kursi Roda

"Misi kami adalah menghilangkan stigma buruk terhadap pengguna kursi roda dan membuat mereka dapat mengekspresikan kepribadian mereka. Kami ingin menunjukkan kepada dunia bahwa kursi roda bukan hanya sebagai alat bantu medis, tapi sebagai seni ekspresi diri yang artistik," ungkap Ailbhe.

Desain yang dibuat oleh perusahaan yang sudah berdiri sejak 2015 ini memang penuh warna dan menggambarkan keceriaan. Hal ini disinyalir dapat membuat orang lebih ramah terhadap penyandang disabilitas yang menggunakan kursi roda.

3 dari 4 halaman

Boneka Barbie Difabel yang Pertama

Setelah selama ini digambarkan sebagai sosok wanita yang sempurna, dengan kerja sama ini Barbie mengeluarkan boneka dengan disabilitas untuk pertama kalinya.

Edisi ini diluncurkan untuk koleksi musim gugur 2019. Tak hanya boneka dengan kursi roda, Barbie juga mengeluarkan koleksi boneka dengan pengguna anggota tubuh palsu.

"Memiliki Barbie yang menggunakan kursi roda akan menjadi sangat berarti bagiku. Kini, anak-anak dengan disabilitas dapat bermain boneka yang merepresentasikan diri mereka," ujar Izzy.

4 dari 4 halaman

Dipasarkan Mulai 28 Agustus 2019

Produk penutup roda The Barbie x Izzy Wheels dapat dibeli mulai 28 Agustus pada laman resmi Izzy Wheels. Penutup kursi roda ini dibanderol dengan harga 124 euro atau setara dengan Rp1,9 juta dan 6 euro atau setara dengan Rp95 ribu untuk ukuran barbie.

Sedangkan, boneka barbienya sendiri sudah dapat dibeli pada laman resmi Barbie, harga yang ditawarkan adalah 19,99 dolar Amerika atau setara dengan Rp284 ribu. Sebelumnya, Barbie juga telah menambah variasi boneka dengan berbagai etnis, warna kulit, dan pekerjaan.

Reporter: Novi Thedora/Asnida Riani
Sumber: Liputan6.com [tsr]

Baca juga:
Perusahaan Pembuat Barbie Rilis Boneka BTS, Mirip Aslinya Tidak?
Barbie jadikan 17 tokoh wanita inspiratif sebagai boneka
Terinspirasi atlet anggar, ini Barbie hijab pertama yang siap rilis di AS
Ini Duckie Thot, si black Barbie yang jadi ratu Instagram
Ini wajah para 'Barbie' tanpa makeup tebal, masih secantik boneka?

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini