Diberi 'Hadiah' Kadal oleh Kucingmu, Ini Cara Jitu Menghentikannya

Minggu, 2 Mei 2021 07:30 Reporter : Iwan Tantomi
Diberi 'Hadiah' Kadal oleh Kucingmu, Ini Cara Jitu Menghentikannya ©shutterstock

Merdeka.com - Pernah mendapatkan hadiah kejutan dari kucingmu berupa kadal? Banyak pemilik anabul mengalami hal yang sama. Meskipun dianggap sebagai tanda cinta, nyatanya kadal juga memiliki risiko kesehatan tersembunyi seperti beracun atau menularkan penyakit pada hewan peliharaanmu. Ini cara tepat mencegahnya!

Ini yang Terjadi Saat Kucing Makan Kadal

muezza baru
©shutterstock

Kucing merupakan predator alami yang suka berburu dan memakan apa saja yang berkeliaran di sekitarnya, termasuk kadal. Biasanya aman, tapi ada baiknya mencegah anabulmu memangsa salah satu jenis reptil ini, karena bisa menjadi racun dan memicu gejala seperti mulut berbusa, muntah, diare, terus berliur, kurang nafsu makan, bahkan kemungkinan bisa mati.

Risiko lainnya, kucing dapat menelan parasit yang hidup pada kadal dan menyebabkan masalah pencernaan yang serius. Salah satunya, cacing hati yang menyebar ke kantong empedu dan hati, mengakibatkan peradangan yang parah, gagal hati, hingga kematian jika tidak segera ditangani. Selain itu, anabulmu juga bisa tertular bakteri Salmonella dengan gejala muntah, diare dengan bercak darah, lesu, demam, hingga malas makan.

Alasan Kucing Membawakan Kadal

muezza baru
©shutterstock

Kucing yang memiliki pola makan seimbang biasanya menganggap berburu sebagai aktivitas bermain yang menyenangkan. uniknya, membawa pulang hadiah seperti kadal hidup merupakan tanda cinta dari anabulmu. Seolah-olah ingin melindungi dan menganggap pemiliknya sebagai anggota kelompoknya, hewan peliharaanmu ingin membantu dan mengajarimu berburu.

Cara Menghentikan Kebiasaan Ini

muezza baru
©shutterstock

Tanda cinta kucing padamu mungkin ditunjukkan dengan sedikit berbeda. Tapi ada baiknya, mencegah anabulmu untuk terus berburu kadal demi kesehatannya. Cara terbaik untuk menghentikannya adalah dengan melihatnya sebagai bentuk kasih sayang.

Jangan langsung marah atau membuang hewan buruannya, karena kucing akan berpikir perbuatannya tidak cukup baik. Bisa jadi hewan peliharaanmu malah berburu sesuatu yang dianggapnya lebih besar atau baik untuk pemiliknya.

Tunjukkan kalau kamu memahami pemberiannya dengan memberinya pujian, baru membuangnya tanpa diketahui oleh kucingmu. Selain itu, rasa bosan juga dapat mendorongnya untuk mencari aktivitas yang menyenangkan baginya, termasuk memburu kadal. Alasan lainnya, bisa jadi disebabkan oleh kurangnya nutrisi yang membuat anabulmu kembali mengaktifkan insting alaminya, untuk mencari makanannya sendiri.

muezza baru
©Muezza

Soal nutrisinya, penuhi dengan menyediakan cat food yang tepat, seperti Muezza. diproduksi menggunakan bahan alami dan melibatkan ahli gizi, pembuatannya juga memanfaatkan teknologi modern. Hasilnya komposisi dan kandungan pada dry food sesuai dengan yang tertera pada kemasannya.

Selain membantu menjaga kesehatannya, brand makanan kucing kering ini pun sudah mendapatkan sertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand. Bebas was-was saat memegang makanannya, juga saat mencuci wadah makan atau menyimpan cat food di dapur bersama bahan makanan lainnya. Tersedia dalam 4 varian dengan rasa dan aroma yang disukai kucing, temukan semua variannya di marketplace seperti Shopee dan Tokopedia. [eth]

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia [tmi]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Makanan Kucing
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini