Cara Membuat Dodol Agar dan Pisang, Praktis Banget

Rabu, 13 November 2019 11:34 Reporter : Billy Adytya
Cara Membuat Dodol Agar dan Pisang, Praktis Banget Ilustrasi membuat dodol. ©2016 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Cara membuat dodol agar dan pisangsangat mudah serta praktis untuk dipraktikkan. Bagi Anda penggemar dodol wajib mencoba membuat dodol sendiri. Dodol adalah salah satu cemilan legendaris di Indonesia yang punya cita rasa manis. Dodol yang terkenal dan tidak asing di telinga adalah dodol khas Garut.

Bahan utama dodol adalah santan kelapa, tepung ketan, gula pasir, gula merah dan garam. Biasanya, dodol ditambahkan dengan perasa buah-buahan, maka akan mempengaruhi cita rasanya. Misalnya, dodol dengan tambahan durian akan disebut dodol durian. Dodol durian juga mempunyai sebutan lain yaitu lempok.

Di Jawa Tengah dan Jawa Timur, dodol lebih dikenal dengan sebutan jenang. Padahal jenang sedikit berbeda dengan dodol. Jenang memiliki tekstur lebih lembek dan berminyak. Umumnya dijual dalam bentuk plastik dan lempengan. Sedangkan dodol, teksturnya lebih kesat atau kering. Tidak hanya diminati di Indonesia, ternyata banyak juga konsumen negara lain yang minat, seperti Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, hingga Belanda.

Namun, ada yang unik dari cemilan legendaris satu ini, kini dodol juga ada varian agar dan juga pisang. Dodol varian agar disebut dodol agar, begitu juga dengan varian pisang disebut dengan dodol pisang. Dodol agar merupakan cemilan khas Palembang. Dodol agar biasa disajikan ketika hari raya, dan jadi cemilan saat santai.


Nah bagi Anda yang penasaran akan cita rasa dodol dengan varian agar dan pisang ini, Anda bisa mencoba untuk membuat dodol sendiri. Berikut cara membuat dodol agar dan pisang yang mudah dan praktis, tentunya bisa langsung Anda praktikkan di rumah:

1 dari 4 halaman

Cara Membuat Dodol Agar

Sebelum membuat dodol agar, Anda perlu menyiapkan bahan-bahan berikut:

5 bungkus agar-agar warna putih
200 gram coklat bubuk
10 gelas santan kental (2 kelapa)
1 kaleng kental manis
100 gram gula (bisa sesuai dengan selara)
1 sendok teh garam

2 dari 4 halaman

Langkah-langkah

  • Campurkan coklat, kental manis dan agar-agar dalam satu wadah, kemudian aduk hingga tercampur rata dan tidak menggumpal.
  • Panaskan santan dengan api sedang, lalu campurkan bahan coklat bubuk dan agar-agar.
  • Tambahkan garam dan gula sesuai selera. Aduk merata hingga mendidih dan berambut (bisa menambahkan kacang sangrai yang sedikit dihaluskan, sesuai selera) pastikan santai tidak pecah.
  • Jika sudah mengental, matikan kompor, biarkan uapnya hilang (tetap diaduk).
  • Angkat dan tuang di atas loyang, diamkan agar mengeras.

Dodol agar siap disantap. Itu tadi cara membuat dodol agar, adapun dodol dengan varian pisang, dan berikut cara membuat dodol pisang.

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Dodol Pisang

Sebelum membuat dodol pisang, inilah bahan-bahan yang perlu Anda siapkan:

2 kg pisang (biasanya jenis pisang raja Nangka)
1 ons gula pasir
3 ons gula merah
1 ons tepung ketan
1 butir kelapa (santan nya)
Panili

4 dari 4 halaman

Perlu Anda Ketahui

Pisang merupakan buah yang kaya nutrisi seperti sumber energi dan juga mineral. Pisang menjadi sumber energi karena mengandung karbohidrat dan glukosa. Tidak hanya itu mineral yang ada pada pisang akan membuat metabolisme tubuh menjadi lancar. Bagi Anda yang kurang suka mengonsumsi pisang secara langsung, Anda bisa mencobanya dalam bentuk dodol pisang.

Agar sebenarnya adalah karbohidrat yang menempel pada dinding sel rumput laut. Agar ini mengandung serat tinggi dan rendah kalori. Kandungan serat tinggi akan membantu melancarkan pembuangan sisa-sisa makanan. Agar saat ini sudah bisa diolah menjadi camilan khas Indonesia, yaitu dodol agar. Dodol agar pastinya menjadi terobosan unik warga Palembang, karena mempunyai cita rasa yang enak dan mudah membuatnya. Bagi Anda yang ingin mencicipi cita rasa dan membuatnya, informasi cara membuat dodol agar dan pisang di atas bisa dijadikan acuan. Selamat mencoba!

[bil]
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini