8 Tips Cantik Alami Warisan Ratu Mesir Cleopatra

Senin, 11 November 2019 12:53 Reporter : Tantri Setyorini
8 Tips Cantik Alami Warisan Ratu Mesir Cleopatra Ilustrasi Cleopatra. ©Shutterstock

Merdeka.com - Ada dua hal yang diingat sejarah dari Cleopatra, sang ratu Mesir. Pertama adalah keahliannya memanfaatkan pesona sebagai alat politik. Kedua adalah kecintaannya dalam merawat diri.

Cleopatra disebut-sebut mengetahui banyak rahasia kecantikan kuno. Konon dia bahkan menulis buku tentang resep-resep kecantikan yang biasa digunakannya.

Uniknya, resep kecantikan Cleopatra selalu menggunakan bahan-bahan dari alam. Jadi masih bisa diterapkan hingga di zaman modern.

Berikut ini beberapa tips cantik alami dari ujung kepala hingga ujung kaki peninggalan Cleopatra.

1 dari 8 halaman

1. Cuci Muka dengan Cuka Apel

Ilustrasi cuka apel. ©Shutterstock

Cuka apel memiliki banyak khasiat untuk kecantikan, antara lain membunuh bakteri penyebab jerawat, mengontrol minyak, dan menjaga keseimbangan pH kulit. Tampaknya Cleopatra paham benar akan hal ini. Sang ratu membiasakan diri untuk mencuci wajah dengan larutan cuka apel.

Kamu juga bisa meniru cara Cleopatra membersihkan wajah. Larutkan cuka apel dan air dengan perbandingan 1:3. Tuangkan pada kapas, kemudian usapkan pada wajah yang sudah bersih dari makeup.

2 dari 8 halaman

2. Masker Pencerah dari Anggur Hijau

Ilustrasi anggur hijau. ©Shutterstock

Cleopatra memanfaatkan facial dengan masker anggur hijau untuk mengatasi penggelapan pada kulit wajah. Anggur mengandung banyak antioksidan yang dapat merangsang peremajaan sel kulit, menjadikan wajah awet muda dan sehat.

Jika ingin mendapatkan khasiat kecantikan dari anggur, tumbuk beberapa buah anggur hijau beserta bijinya. Campurkan dengan madu, kemudian terapkan pada wajah yang sudah dibersihkan. Gosok dengan lembut, kemudian diamkan selama 15 menit. Setelah itu bilas wajah dengan air dingin.

3 dari 8 halaman

3. Toner Air Mawar

Ilustrasi air mawar. ©Shutterstock

Air mawar merupakan cara terbaik untuk mendapatkan manfaat vitamin C, pencerah, dan penyegar dari mahkota bunga mawar. Air rendaman bunga ini biasa digunakan sebagai campuran masker dan toner karena dapat mendinginkan, menutrisi, dan menghaluskan kulit.

"Air mawar telah digunakan selama berabad-abad di Timur Tengah karena khasiat pengobatan dan meremajakannya," tutur ahli dermatologi Dr. Kally Papantoniou kepada situs gaya hidup Bustle. "Bisa melembapkan kulit, memiliki kandungan anti-mikroba alami, dan mengandung antioksidan alami yang bisa membantu memulihkan serta mencegah kerusakan kulit dan bekas luka."

Lebih jauh, Dr. Papantoniou mengatakan kalau air mawar juga cocok untuk semua jenis kulit, termasuk yang kering, sensitif, dan berjerawat.

Gunakan air mawar sebagai toner alami setiap pagi dan malam. Tuangkan air mawar ke kapas, kemudian usapkan pada wajah yang sudah dibersihkan.

4 dari 8 halaman

4. Masker Pelembap dari Lidah Buaya, Beeswax, dan Minyak Almond

Ilustrasi lidah buaya. ©Pixabay

Selain anggur hijau, Cleopatra menggunakan aloe vera alias lidah buaya sebagai masker. Aloe vera termasuk salah satu herbal yang paling berkhasiat untuk kecantikan. Getahnya bisa menjadikan wajah lembap, cerah, dan bebas jerawat.

Campurkan bahan-bahan kecantikan andalan Cleopatra untuk campuran masker lidah buaya. Kombinasikan 1 sendok makan lidah buaya dengan beberapa tetes air mawar, 1 sendok teh minyak almond, dan 1 sendok teh lilin lebah (beeswax) yang sudah dilelehkan. Oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan dari riasan. Diamkan selama 30 menit sebelum dibilas.

5 dari 8 halaman

5. Mandi Susu dan Madu

Ilustrasi susu dan madu. ©LEAFtv

Menurut catatan sejarah, Cleopatra biasa berendam dengan campuran susu keledai, madu, dan minyak almond. Untuk ritual mandi mewah ini, Cleopatra selalu meminta para pelayannya untuk membawa serta beberapa ekor keledai betina setiap bepergian jauh.

Orang-orang Mesir kuno percaya kalau susu keledai sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan. Tetapi kamu tetap bisa mendapatkan manfaat yang serupa dengan susu sapi. Cukup campurkan 5 sendok makan madu, 1 cangkir susu sapi pasteurisasi, dan 5 sendok makan minyak almond manis ke dalam air hangat. Gunakan campuran ini untuk berendam selama 30 menit.

Madu, susu, dan minyak almond merupakan trio pelembap alami yang bisa menjadikan kulit lembut. Protein di dalam susu bisa menjadikan kulit sehat. Sementara madu kaya akan nutrisi yang bisa menjadikan kulit awet muda dan bebas masalah.

6 dari 8 halaman

6. Scrub Garam Laut

Ilustrasi garam laut. ©Shutterstock

Selain mandi dengan susu keledai, Cleopatra juga menggunakan garam dari Laut Mati untuk merawat kecantikan kulit tubuh. Para pelayan menggosok kulitnya dengan garam yang terkenal berkhasiat ini secara teratur agar awet muda.

Kegunaan eksfoliasi alias pengangkatan kulit mati untuk peremajaan memang sudah terbukti. Cara ini terbukti ampuh untuk merangsang sel kulit beregenerasi.

Kamu bisa melakukan eksfoliasi 1 atau 2 minggu sekali menggunakan garam laut kasar dengan krim kental (heavy cream) atau yogurt tawar yang tersedia di pasaran. Mineralnya akan merawat kulit selagi membantu pengelupasan sel kulit mati. Sementara krim dan yogurt akan mengganti cairan pelembap di permukaan kulit.

7 dari 8 halaman

7. Scrub Oatmeal

Ilustrasi oatmeal. ©Shutterstock

Cleopatra menggunakan sabun natural yang dibuat dari butiran gandum utuh. Gandum memang mengandung sapponin yang berfungsi sebagai pembersih alami layaknya busa sabun. Gandum juga bersifat menenangkan kulit, jadi baik untuk kulit yang sensitif atau terserang alergi.

Untuk menirukan resep scrub Cleopatra, kamu bisa mencampurkan secangkir oatmeal dengan sedikit air hingga lunak. Kemudian gunakan untuk menggosok kulit tubuh. Kamu juga bisa mencampurkan oatmeal pada air mandi untuk mengatasi gatal-gatal di kulit.

8 dari 8 halaman

8. Hair Mask Castor Oil dan Madu

Ilustrasi castor oil. ©Shutterstock

Selain tubuh dan wajah, Cleopatra juga peduli akan keindahan rambutnya. Dan triknya untuk mendapatkan rambut cantik adalah ramuan dari minyak jarak dan madu.

Dilansir Natural Living Ideas, minyak jarak atau castor oil efektif untuk mengatasi rambut bercabang. Selain itu minyak yang diolah dari biji jarak ini juga bisa menunda munculnya uban serta menjadikan rambut lembut dan lebat.

Sementara itu, madu merupakan kondisioner alami dengan nutrisi berlimpah. Humektan di dalam madu bisa mengembalikan kelembapan pada rambut kering. Jika digunakan secara teratur, madu akan membuat rambut lebat dan berkilau.

Itulah beberapa resep perawatan wajah, tubuh, dan rambut alami warisan Ratu Cleopatra.

Sumber: Beauty & Tips, SheKnows, Top Inspired, Curious History, Pioneer Thinking [tsr]

Baca juga:
Konsumsi 7 Buah-Buahan Lokal Ini untuk Kulit Awet Muda
Atasi Berbagai Masalah Kulit dengan Sandalwood (Cendana)

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini