8 Kota populer di Kepulauan Karibia

Kamis, 5 April 2012 12:15 Reporter : Kun Sila Ananda
8 Kota populer di Kepulauan Karibia kota kepulauan karibia. merdeka.com/dok

Merdeka.com - Membicarakan Kepulauan Karibia selalu identik dengan pantai dan laut. Padahal Kepulauan Karibia tak hanya tentang laut. Ada bagian lain dari Kepulauan Karibia yang sayang jika Anda lewatkan, yaitu kota-kotanya. Di mana saja kota-kota yang wajib dikunjungi itu? Lonely Planet membahasnya untuk Anda.


1. San Juan, Puerto Rico

Kota yang bisa ditempuh dengan naik pesawat melalui Amerika Serikat ini adalah tempat untuk menghabiskan liburan dengan santai. Kota tua yang jalan-jalannya terbuat dari batu bulat ini berisi kafe, restoran, hotel, dan tempat-tempat bersejarah seperti benteng. Anda bisa mengunjungi El Morr, benteng bertingkat enam yang sudah dibangun sejak abad ke-16. Atau menikmati tur melewati lorong-lorong bawah tanah yang angker dan gelap di Fuerte San Cristobal.

San Juan juga memiliki tingkat kesenian yang tinggi. Anda bisa mengikuti kursus berdansa salsa, makan di Fortazela St atau melihat keindahan pantai melalui dinding kota. Untuk menghindari kejenuhan di kota, Anda bisa menjelajah hutan di dekat El Yunque.


2. Havana, Kuba

Menelusuri reruntuhan "Habana Vieja" akan terasa seperti masuk ke dunia yang ada di film-film tahun 1950-an. Mobil-mobil antik buatan Amerika Serikat dan Uni Soviet yang dipamerkan di jalan menunjukkan daya tariknya sendiri. Anda mungkin ingin mengunjungi Casa de la Musica, tempat Anda bisa menari salsa dengan para pemuda Kuba. Jika yang Anda inginkan adalah bersantai, Anda bisa datang ke Cafe de las Infusiones, sebuah coffee shop yang menawarkan kopi klasik Kuba yang mereka tanam sendiri.


3. Willemstad, Curacao

Kota yang bergaya campuran Belanda-Karibia ini adalah ibukota kecil yang terkenal akan sejarahnya. Hotel sekaligus butik yang dibuat sejak abad ke-19 membuat Anda berkesempatan mengunjungi pasar terapung, jembatan yang dinamai sesuai nama ratu Belanda, museum yang mengabadikan jejak-jejak perdagangan budak, serta kafe yang bernuansa Amsterdam.


4. Jacmel, Haiti

Haiti biasanya tidak terbuka untuk umum. Namun setelah gempa yang melanda Haiti pada tahun 2010 lalu, pemerintah berupaya keras untuk memajukan perekonomian daerah ini, termasuk melalui pariwisata. Sekitar delapan mil arah selatan ibukota Port-au-Prince, keadaan di Jacmel tidak separah kota-kota yang lain.

Di dalamnya terdapat banyak bangunan dengan gaya era Victoria yang digunakan untuk kafe, coffee shop, dan tempat-tempat menjual kerajinan tangan. Di sini Anda bisa mendapatkan kerajinan tangan seperti mainan berbentuk hewan atau pakaian yang diwarnai langsung oleh seniman di sana. Anda juga bisa pergi ke kolam renang dengan naik kuda seharga USD 20 - 25.


5. Kota Cockburn, Grand Turk, Turks & Caicos

Cockburn adalah ibukota yang terdiri dari beberapa bangsa, dimana warga yang tinggal di sana hanya sekitar 5.500 orang. Panjang pulaunya hanya enam mil yang biasanya dilewati kapal selama beberapa jam sekali. Di kota ini Anda dapat menemukan berbagai macam bangunan kolonial yang beraneka warna. Penduduk di sana bahkan masih menggunakan kereta keledai sebagai alat transportasi.

Anda bisa datang ke tempat-tempat bersejarah seperti tempat Christopher Columbus mendarat pertama kali pada tahun 1942. Pantai di pulau ini biasanya kosong, jadi jika Anda ingin melakukan snorkling, maka lebih baik datang ke Oasis Drivers yang terletak di sebelah selatan.


6. Santo Domingo, Republik Dominika

Santo Domingo adalah kota terbesar di Kepulauan Karibia. Anda akan menemukan rumah sakit pertama di Kepulauan itu dan sebuah biara yang indah. Ada juga benteng tertua dan sebuah catredal yang dibangun oleh putra Columbus. Kota bersejarah ini akan menyibukkan Anda sementara waktu, sebelum Anda memutuskan untuk mencoba pantai terkenal di Republik Dominika.

Anda bisa menyantap makanan di bangunan yang sudah ada sejak abad ke-16 sepanjang Plaza Espana, atau mampir di bar El Conde. Jika Anda datang pada musim dingin. Anda mungkin berkesempatan menyaksikan February's Carnaval yang legendaris.


7. Roseau, Dominika

Dominika adalah pulau terunik di Kepulauan Karibia, juga pulau yang paling berbukit-bukit. Tak seperti pulau di Karibia yang lain, Anda tak akan mudah menemukan pantai berpasir di Dominika. Dengan ukurannya yang kecil, Anda bisa beramah-tamah dengan penduduk lokal yang akan menyambut Anda dengan baik. Anda juga dapat melihat air terjun dan kolam air panas alami di dalam hutan. Liburan paling berkesan adalah jika Anda penjelajahan selama 6 jam menuju Boiling Lake, namun sebaiknya Anda lakukan dengan pemandu wisata.


8. Oranjestad, Sint Eustatius

Kecil, dan biasanya tidak diperhitungkan, itulah Pulau Sint Eustasius. Sekitar 3.400 orang penduduk pulau ini terdiri atas orang Belanda, Prancis, Karibia, dan Inggris. Sint Eustasius yang biasa disebut Statia memiliki satu kota, Oranjestad, yang dikenal karena banyaknya reruntuhan yang ada di sana.

Sebelum memutuskan untuk menyelam dan berenang di pantainya, Anda mungkin bisa menghabiskan waktu melihat-lihat bangunan kuno yang antik dan mempesona, seperti sinagoge yang dibangun pada abad ke-18, serta gereja bergaya Belanda yang sudah tak dihuni lagi. Setelah itu, Anda bisa juga mendaki ke Quill, salah satu gunung berapi yang masih aktif yang memiliki pemandangan spektakuler di puncaknya. [kun]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini