7 Tradisi Pertunangan Terunik, dari Nangis Sebulan sampai Seserahan Gigi Paus

Kamis, 10 Juni 2021 00:05 Reporter : Tantri Setyorini
7 Tradisi Pertunangan Terunik, dari Nangis Sebulan sampai Seserahan Gigi Paus Ilustrasi pertunangan. ©Pixahive/Anmol

Merdeka.com - Setiap budaya tentunya punya tradisi tersendiri. Bahkan etnis dari negara yang sama pun bisa punya tradisi yang sangat berbeda. Termasuk dalam urusan pernikahan. Mulai dari lamaran, pertunangan, sampai pernikahan bisa jadi berbeda. Misalnya adat kawin culik yang dilakukan secara simbolis oleh Suku Sasak dari Lombok.

Nah, etnis di belahan bumi yang lain juga punya tradisi pernikahan yang tak kalah unik. Seperti apa? Berikut ini deretan tradisi lamaran dan pertunangan yang paling unik dari berbagai negara.

1. Seserahan Gigi Paus - Fiji

ilustrasi tabua
©Creative Commons/Didier Descouens

Bagi orang-orang Fiji yang masih menjunjung tinggi adat, tabua atau gigi ikan paus sperma merupakan benda yang sangat penting. Barang ini biasa digunakan kepala suku sebagai alat bernegosiasi, penebusan dosa, hingga pertunangan.

Para pria yang ingin melamar pujaan hatinya akan memberikan tabua kepada ayah sang wanita. Ini adalah tindakan simbolis yang menyatakan kalau dia bermaksud meminang sang puteri. Konsepnya hampir sama dengan seserahan dalam budaya Jawa. Jika tabua diterima, pertunangan bisa dilakukan.

Baca Selanjutnya: 2 Mengambil Liver Anak Ayam...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini