7 Tempat di Luar Negeri yang Dinamai Soekarno

Kamis, 24 September 2020 11:39 Reporter : Tantri Setyorini
7 Tempat di Luar Negeri yang Dinamai Soekarno Soekarno Parque. ©Instagram.com/puanmaharaniri

Merdeka.com - Soekarno bukan hanya dihormati sebagai proklamator. Presiden pertama Republik Indonesia itu juga membawa nama negara di setiap kunjungan. Sedikit banyak, berkat beliau nama Indonesia dikenal di negara lain. Karena itu tak heran jika beberapa bangunan atau jalan di luar Indonesia diberi nama Soekarno. Sekadar penghormatan bagi hubungan bilateral yang dirintis sang presiden.

Pada tahun 2008 saja pemerintah Kuba menerbitkan seri perangko dengan gambar para tokoh yang dianggap penting bagi negara tersebut. Selain Fidel Castro dan Che Guevara, ada sosok Soekarno yang ikut dicetak.

Lalu negara mana saja yang punya bangunan, jalan, dan monumen dengan nama Soekarno? Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Masjid Biru Soekarno - Rusia

Saint Petersburg Mosque dan Blue Mosque adalah dua nama yang lebih dikenal untuk menyebut masjid kebanggaan Saint Petersburg, Rusia. Namun pada masanya, masjid itu juga sempat populer disebut Masjid Soekarno.

Soekarno memang berjasa dalammenghidupkan masjid itu. Pada masa kepemimpinan Nikita Kruschev, masjid biru tak lagi digunakan sebagai tempat ibadah. Bangunan itu dialihfungsikan menjadi gudang. Setelah berkunjungke sana, Soekarno lantas meminta Kruschev untuk mengembalikan fungsi masjid sebagai tempat ibadah umat Islam.

Baca Selanjutnya: 2 Monumen Soekarno - Aljazair...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini