10 Bahan Alam yang Jadi Rahasia Kecantikan Wanita India

Selasa, 29 Oktober 2019 20:07 Reporter : Tantri Setyorini
10 Bahan Alam yang Jadi Rahasia Kecantikan Wanita India Priyanka Chopra. ©Instagram.com/priyankachopra

Merdeka.com - Wanita-wanita di India terkenal karena kecantikan mereka yang alami dan eksotis. Wanita-wanita dari negara ini umumnya memiliki rambut panjang hitam legam yang indah dan kulit eksotis yang berkilau sehat. Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana mereka bisa mendapatkan kecantikan seperti itu?

Selain karena faktor genetis, perempuan India juga memanfaatkan perawatan kecantikan yang diwarisi dari leluhur mereka. Sejak berabad-abad lalu orang-orang India memanfaatkan berbagai tumbuhan herbal untuk perawatan kesehatan dan kecantikan. Dan tradisi tersebut bertahan hingga sekarang.

Berikut ini beberapa resep cantik alami ala wanita India dari Huffington Post dan Style Craze yang bisa Anda contek. Karena kondisi alam India yang relatif sama dengan Indonesia, bahan-bahan perawatan ini akan mudah dicari dan tentunya lebih cocok untuk kulit Asia yang hidup di iklim tropis seperti Anda.

1 dari 10 halaman

Amla

ilustrasi amla. ?2014 Merdeka.com/shutterstock/Sailorr

Amla adalah sejenis buah beri yang banyak ditemui di India. Istilah barat untuk buah tersebut adalah gooseberry. Buah ini masih sekeluarga dengan buah ceplukan yang bisa Anda temui di Indonesia. Buah amla terkenal kaya akan vitamin C.

Wanita India memanfaatkan minyak atau bubuk yang diekstrak dari buah ini untuk merawat kecantikan mereka. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah amla berfungsi sebagai antioksidan dan nutrisi yang menjadikan rambut lebih tebal, kuat, dan berkilau.

Amla dapat mengembalikan vitalitas pada batang rambut dan mengatasi masalah ketombe, karena sifat asam dari amla dapat melindungi kulit kepala dari bakteri yang dapat menyebabkan kepala. Amla juga ampuh untuk mencegah penuaan dini pada rambut alias uban.


Anda bisa meniru resep cantik ini dengan menjadikan minyak amla sebagai minyak rambut alami. Gunakan minyak amla pada rambut dan kulit kepala. Atau Anda bisa memanfaatkan bubuk amla yang dicampur dengan sedikit air.

2 dari 10 halaman

Haldi (Kunyit)

Ilustrasi kunyit. ?Shutterstock/omkar.a.v

Dalam bahasa India, kunyit disebut haldi. Kunyit merupakan rempah tropis yang banyak digunakan pada masakan dan ritual-ritual penting di India. Kunyit sering digunakan dalam pengobatan berbasis herbal Ayurveda.

Kunyit mengandung bahan antiseptik yang cocok untuk mencegah peradangan pada jerawat dan luka. Dapat mengobati ruam-ruam dan gatal, memulihkan kerusakan pada kulit yang terbakar karena paparan sinar matahari, dan mencerahkan warna kulit dan menjadikannya berkilau.

Untuk kecantikan wajah, Anda bisa membuat masker wajah dari kunyit. Caranya campurkan satu sendok makan bubuk kunyit atau 3 sendok makan air perasan kunyit segar. Campurkan dengan sedikit yogurt dan madu. Aduk merata hingga menjadi pasta kental. Pakailah masker wajah ini selama 15 menit. Jangan terlalu lama, karena kunyit juga mengandung pewarna kuat yang sulit hilang. Setelah itu cuci wajah dengan air bersih.

3 dari 10 halaman

Minyak Kelapa

Ilustrasi minyak kelapa. ?shutterstock.com/marco mayer

Minyak kelapa murni atau Virgin Coconut Oil sangat cocok untuk merawat rambut dan kulit kepala. Minyak kelapa dapat merangsang pertumbuhan rambut dari akarnya dan mengembalikan kelembapan yang hilang dari batan rambut.

Jika ingin rambut sehat, cukup oleskan minyak kelapa ke kulit kepala dan batang rambut. Pijat kulit kepala perlahan-lahan agar minyak kelapa dapat meresap sempurna. Diamkan selama kurang lebih satu jam sebelum dibilas.

Saat udara dingin atau musim panas, Anda bisa memanfaatkan minyak kelapa sebagai body lotion alami. Anda juga bisa menghaluskan tumit yang kasar dengan minyak kelapa. Caranya tinggal oleskan minyak kelapa di bagian kulit yang kasar dan pecah-pecah kemudian bungkus dengan kain. Diamkan semalaman. Keesokan harinya, tumit atau siku yang kasar akan menjadi lebih halus.

4 dari 10 halaman

Besan

Kacang arab. ?2014 Merdeka.com/shutterstock/Jessmine

Besan atau bubuk gram adalah sejenis tepung yang terbuat dari chickpea/kacang garbanzo/kacang Arab. Besan merupakan bahan makanan yang sering ditemui dalam kuliner-kuliner India. Bahan ini ampuh untuk mengangkat sel kulit mati, karena itu cocok untuk dijadikan scrub.

Besan ini juga sering dimanfaatkan oleh bintang-bintang Hollywood untuk eksfoliasi, lho. Anda juga bisa memanfaatkan khasiat besan dengan membuat shower cream sendiri. Campurkan sedikit bubuk besan dengan susu dan krim, lalu gunakan untuk mandi. Anda juga bisa memanfaatkan campuran tadi untuk masker pelembut kulit wajah.

Untuk yang berjerawat, Anda bisa membuat masker anti jerawat dari campuran 1 sendok makan bubuk kunyit, air perasan lemon, dan besan. Aplikasikan masker tersebut pada wajah. Biarkan selama 15 atau 20 menit hingga masker mengering. Setelah itu bilas wajah dengan air hingga bersih.

5 dari 10 halaman

Tulsi (Kemangi)

Ilustrasi daun kemangi. ?Shutterstock/B. and E. Dudzinscy

Tulsi adalah bahasa India untuk tumbuhan kemangi. Rempah daun beraroma harum ini kaya akan antioksidan yang bisa memperbaiki kerusakan pada kulit serta menangkal radikal bebas yang dapat menjadikan kulit cepat menua.

Anda bisa memanfaatkan daun kemangi untuk membuat masker anti penuaan. Anda tinggal menghaluskan segenggam daun kemangi segar, kemudian campurkan dengan sedikit madu. Pakailah masker ini di wajah selama kurang lebih 10 menit. Masker ini akan mengangkat sel kulit mati dan mengembalikan kelembapan yang hilang dari kulit wajah.

6 dari 10 halaman

Gulabjal (Air mawar)

ilustrasi air mawar. ?2014 Merdeka.com/shutterstock/mythja

Air mawar di India disebut gulabjal. Bahan ini dimanfaatkan oleh wanita India untuk parfum dan bagian penting dalam ritual pernikahan tradisional. Air mawar berfungsi untuk mendinginkan kulit, meringkas pori-pori dan yang paling penting mampu menyamarkan lingkaran hitam di bawah mata.

Meskipun sekarang sudah banyak produk air mawar dalam kemasan yang beredar di pasaran, Anda bisa mencoba membuat air mawar sendiri dengan merendam bunga mawar segar ke dalam segelas air. Biarkan selama semalaman. Esok harinya Anda bisa memanfaatkan air mawar ini untuk melarutkan campuran masker.

7 dari 10 halaman

Chandan (Cendana)

Cendana dianggap memiliki banyak makna keagamaan. Selain itu, cendana juga sering digunakan sebagai produk kecantikan lho. Minyak dan pasta cendana dapat menghilangkan jerawat, ruam, dan komedo. Pasta cendana memiliki efek pendinginan pada kulit dan efektif untuk mengatasi ruam.

8 dari 10 halaman

Madu

Madu memang kaya akan nutrisi dan manfaat. Mulai dari menyembuhkan infeksi, memperbaiki struktur kulit, hingga membersihkan racun.

Sebab bahan alami yang diproduksi oleh lebah ini kaya akan antioksidan yang ampuh untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, salah satunya masalah uban prematur.

9 dari 10 halaman

Neem

Daun neem terkenal baik untuk perawatan rambut. Namun neem yang ditumbuk dan dijadikan masker juga baik untuk mencegah jerawat, kulit kering, dan ketombe.

10 dari 10 halaman

Dahi (Dadih Susu)

Dahi adalah dadih, gumpalan lemak yang mengambang di permukaan susu setelah proses fermentasi. Warga India biasa menyantap dadih yang produk akhirnya seperti yogurt ini. Mereka juga menggunakannya untuk perawatan kulit, wajah, dan rambut.

Protein di dalam dadih efektif untuk mencerahkan kulit yang terbakar matahari, memudarkan bekas luka, melembapkan kulit kering, dan menutrisi rambut rusak.

Itulah bahan-bahan alami yang menjadi resep kecantikan wanita India. [tsr]

Baca juga:
Ingin Awet Muda? Rajin Makan Labu Siam

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini