4 Cara Mengolah Daun Kelor untuk Terapi Herbal dan Masakan Sehari-Hari

Sabtu, 31 Juli 2021 19:14 Reporter : Tantri Setyorini
4 Cara Mengolah Daun Kelor untuk Terapi Herbal dan Masakan Sehari-Hari Ilustrasi orak-arik daun kelor. ©2019 Merdeka.com/Tantri Setyorini

Merdeka.com - Daun kelor tengah jadi primadona di dunia kesehatan dan kecantikan. Anda bisa mendapatinya di berbagai lini produk kecantikan yang beredar di pasaran. Teh dan jus yang terbuat dari daun kelor pun semakin populer dikonsumsi.

Namun jauh sebelum daun kelor disebut-sebut sebagai superfood, sebenarnya orang Indonesia pun sudah terbiasa mengonsumsi daun kelor.

Anda yang ingin membiasakan diri untuk mengonsumsi sayur ini bisa mencoba memasak daun kelor menjadi berbagai jenis makanan.

Berikut ini kami tampilkan beberapa cara mengolah daun kelor menjadi masakan yang bisa dikonsumsi sehari-hari.

Manfaat Daun Kelor

kelor
Ilustrasi daun kelor. ©2019 Pixabay.com

Organisasi kesehatan dunia WHO (World Health Organization) merekomendasikan kelor sebagai sumber makanan untuk memenuhi kebutuhan gizi balita di negara-negara miskin. Hasil penelitian menunjukkan daun, batang, dan biji kelor mengandung sejumlah senyawa bermanfaat, seperti vitamin A, vitamin C, quercetin, dan chlorogenic acid.

Sejumlah manfaat kelor untuk kesehatan antara lain mencegah kanker, diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan kolesterol. Kelor juga bermanfaat untuk mengatasi nyeri haid dan melindungi tubuh dari paparan racun arsenik.

Baca Selanjutnya: Cara Mengolah Daun Kelor Segar...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini