16 Jenis Caladium Berdaun Cantik yang Cocok sebagai Tanaman Hias Indoor

Senin, 15 Februari 2021 17:04 Reporter : Tantri Setyorini
16 Jenis Caladium Berdaun Cantik yang Cocok sebagai Tanaman Hias Indoor Ilustrasi Caladium. ©Pexels/Madison Inouye

Merdeka.com - Keladi hias adalah tanaman hias yang termasuk dalam jenis Caladium. Tanaman ini juga dikenal dengan nama angel wings dan kuping gajah. Nama yang terakhir ini juga digunakan untuk menyebut Alocasia yang memang masih satu keluarga dengannya.

Saat ini keladi hias atau Caladium banyak dicari para pencinta tanaman hias. Jenis yang paling banyak dicari antara lain Caladium Gingerland, Caladium Carolyn Whorton, Caladium Moonlight, Caladium White Christmas, dan Caladium Freida Hemple. Harganya beragam, mulai dari Rp10 ribu sampai Rp100 ribu.

Berikut ini beberapa jenis Caladium dengan corak unik untuk menyemarakkan ruangan di rumah Anda.

1. Caladium Creamsicle

ilustrasi caladium creamsicle
©Easy To Grow Bulbs

Creamsicle merupakan jenis Caladium yang cantik dengan daun berwarna hijau gelap yang dihiasi aksen coretan merah cerah dan urat-urat putih. Caladium berdaun lebar ini paling cocok untuk ditempatkan di dalam ruangan atau beranda yang teduh.

2. Caladium White Christmas

ilustrasi caladium white christmas
©Botaniful

Sesuai namanya, Caladium white christmas memiliki daun lebar berbentuk mata panah dengan warna putih dan urat-urat berwarna hijau tua. Daunnya setipis kertas dan nyaris transparan, membuatnya terlihat rapuh sekaligus indah.

2 dari 8 halaman

3. Caladium Miss Muffet

ilustrasi caladium miss muffet
©Logee's Greenhouses

Miss Muffet termasuk jenis Caladium kerdil. Tinggi normalnya hanya sekitar 20 cm. Tanaman ini memiliki daun berwarna hijau limau dengan semburat warna putih samar dan bercak-bercak merah mudah bertebaran.

4. Caladium Puppy Love

ilustrasi caladium puppy love
©Urban Sprouts

Sementara itu, Caladium puppy love memiliki daun berbentuk hati dengan warna pink cerah yang dominan. Tepian daunnya dihiasi garis tipis berwarna hijau tua. Tak seperti jenis Caladium lain, puppy love cukup toleran terhadap sinar matahari yang terik.

3 dari 8 halaman

5. Caladium Florida Cardinal

ilustrasi caladium florida cardinal©Pixabay/GAIMARD

Sekilas, Caladium florida cardinal tampak seperti puppy love. Walaupun begitu, bagian yang berwarna pink dari daunnya tidak dihiasi urat-urat kemerahan. Pinggirannya yang berwarna hijau juga lebih tebal daripada puppy love.

6. Caladium Pink Beauty

ilustrasi caladium pink beauty©Pexels/Madison Inouye

Caladium pink beauty termasuk salah satu jenis Caladium paling populer. Daun berwarna pink dan hijau gelap bercorak batiknya sekilas terlihat seperti sayap kupu-kupu. Tanaman hias ini akan menjadikan beranda atau ruangan terlihat lebih cerah.

4 dari 8 halaman

7. Caladium Rosebud

ilustrasi caladium rosebud©The National Gardening Association/AllThingsPlant.com/beckygardener

Caladium rosebud juga memiliki warna merah muda dan hijau gelap, hanya saja motifnya berbeda dari puppy love, florida cardinal, dan pink beauty. Urat-urat pink pada tanaman ini dilatari warna putih samar, menjadikannya tampak semakin mencolok.

8. Caladium humboldtii (Keladi Mutiara)

ilustrasi caladium humboldtii©Tokopedia/Tanamanshop1

Bagi Anda yang menyukai tanaman hias mini, Caladium humboldtii bisa menjadi pilihan. Tanaman ini juga dikenal dengan nama keladi mutiara. Daunnya kecil mungil dengan corak unik berwarna hijau dan putih.

5 dari 8 halaman

9. Caladium Mickey Mouse (Keladi Tikus)

ilustrasi caladium mickey mouse©PlantsDatabase.com/Azalea

Selanjutnya ada Caladium Mickey Mouse yang juga dikenal dengan nama keladi tikus. Tanaman hias yang satu ini memiliki nama ilmiah Xanthosoma atrovirens. Bentuk daunnya memang seperti wajah Mickey mouse dengan kuping lebar dan kombinasi warna hijau-putih.

10. Caladium Gingerland

ilustrasi caladium gingerland©Pexels/Madison Inouye

Tanaman Keladi ini memiliki daun berbentuk hati dan berukuran kecil dengan daun berwarna putih lembut dan tepian hijau tua dan totol-totol merah atau merah muda. Bercak-bercak merah yang menghiasi permukaan daunnya menjadikan penampilan tanaman hias ini istimewa.

6 dari 8 halaman

11. Caladium Carolyn Whorton

ilustrasi caladium carolyn whorton©Pixabay/leoleobobeo

Carolyn Whorton juga termasuk jenis Caladium yang populer. Daunnya memiliki dasar hijau dengan corak merah muda dan tulang daun berwarna merah yang terlihat mencolok.

12. Caladium Moonlight

ilustrasi caladium moonlight©Shopee/iamadeliafitriyani

Moonlight memiliki daun nyaris transparan yang bentuk dan warnanya mirip dengan white christmas. Walaupun begitu, Caladium jenis ini ini memiliki daun yang lebih tipis. Selain itu, tak ada urat-urat hijau di bagian tengah daunnya. Karena itulah, Caladium moonlight tampak seperti cahaya bulan yang pucat dan bersinar lembut.

7 dari 8 halaman

13. Caladium Freida Hemple

ilustrasi caladium freida hemple©K. van Bourgondien

Jenis Caladium yang satu ini memiliki daun bentuk hati dengan warna merah muda pekat dan hijau tua yang benar-benar kontras. Urat-urat daunnya nyaris tidak terlihat.

14. Caladium White Queen

ilustrasi caladium white queen©Creative Commons/Yercaud-elango

Daun pada jenis Keladi ini memiliki warna dasar putih dengan pinggiran tipis berwarna hijau. Warna putih daun juga dihiasi urat-urat halus berwarna hijau sementara tulang daun berperan sebagai aksen warna merah pekat yang kontras dengan daunnya.

8 dari 8 halaman

15. Caladium Radiance

ilustrasi caladium radiance©Proven Winners

Radiance dengan semburat warna merah muda yang menyebar ke seluruh bagian daun putihnya juga cocok untuk mempercantik beranda Anda. Semakin tua dan besar tanamannya, ukuran daun bakal bertambah lebar dan warna merah mudanya semakin pekat pula.

16. Caladium Spring Fling

ilustrasi caladium spring fling©Nelumbogarden.co.uk

Terakhir ada Caladium spring fling. Jenis keladi hias yang satu ini memiliki daun setipis kertas, nyaris transparan. Sementara warna merah muda pucatnya membuat tanaman ini tampak anggun di pot.

Demikian keterangan singkat tentang berbagai jenis Caladium atau keladi hias. Mana yang sudah menjadi koleksi Anda?

Sumber: The Spruce, Guide to Houseplants, Casa Indonesia [tsr]

Baca juga:
Kembang Telang Cantik Penuh Manfaat Kesehatan, Kenali Efek Samping Bila Berlebihan

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Tanaman Hias
  3. Ragam Konten
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini