14 Manfaat Cuka Apel untuk Kecantikan dan Kesehatan

Minggu, 4 Agustus 2019 06:00 Reporter : Tantri Setyorini
14 Manfaat Cuka Apel untuk Kecantikan dan Kesehatan Ilustrasi cuka apel. ©Shutterstock

Merdeka.com - Tahukah kamu, cuka apel merupakan bahan alami yang jadi tips andalan Scarlett Johansson untuk menjadikan kulitnya bebas jerawat? Bintang Avengers: Endgame itu menggantungkan kesehatan kulit wajahnya kepada manfaat cuka apel dengan menjadikannya toner.

Tips kecantikan Johansson bukannya tidak berdasar. Cuka apel memang dikenal sebagai minuman kesehatan dan bahan perawatan kecantikan yang sudah terpercaya sejak dahulu.

Apa saja manfaat cuka apel? Berikut ini kita bahas selengkapnya.

1 dari 4 halaman

Manfaat Cuka Apel untuk Rambut

apel untuk rambut

Menurut artikel yang dilansir Boldsky, berikut ini manfaat cuka apel untuk rambut:

  • Menjaga keseimbangan pH kulit kepala
  • Mengatasi ketombe
  • Menjadikan rambut berkilau

Menjaga Keseimbangan pH Kulit Kepala

Tahukah Anda, pH yang seimbang sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit Anda. pH yang tidak seimbang menyebabkan ketombe di kulit kepala dan berbagai masalah kulit lainnya. Keseimbangan pH ini juga penting untuk mencegah timbulnya jerawat. Campurkan cuka apel dan air dengan perbandingan 1:2, kemudian gunakan untuk toner wajah agar kulit sehat terawat.

Menjadikan Rambut Berkilau

Agar batang rambut lebih sehat dan berkilau, campurkan 1/2 sendok makan cuka sari apel dengan 1 cangkir air, lalu gunakan untuk tonik rambut. Diamkan selama beberapa menit kemudian bilas.

2 dari 4 halaman

Manfaat Cuka Apel Buat Wajah

apel buat wajah

Menurut artikel lansiran StyleCraze, manfaat cuka apel buat wajah antara lain:

  • Mengatasi jerawat
  • Membersihkan pori-pori
  • Mengencangkan kulit
  • Melancarkan sirkulasi darah
  • Memudarkan Bekas Jerawat

Mengatasi Jerawat

Tingkat keasaman cuka akan membantu penyembuhan dan pengeringan jerawat secara alami dan aman. Selain itu cuka apel juga bisa membantu mengurangi gejala penuaan dini di wajah.

Membersihkan Pori-Pori

Anda dapat membuat masker wajah dengan mencampur cuka sari apel dengan tepung beras. Biarkan selama 10-15 menit pada wajah dan bilas hingga bersih. Cuka sari apel juga dapat membantu membuka pori-pori.

Ambil segelas air dan tambahkan sesendok penuh cuka apel. Celupkan sepotong kapas ke dalam gelas, lalu bersihkan kulit Anda dengan campuran tersebut. Cuka bisa menjadi toner alami yang akan mengencangkan kulit dan melancarkan sirkulasi darah berkat kandungan asam asetat yang terkandung pada cuka.

Memudarkan Bekas Jerawat

Asam suksinat di dalam cuka apel akan membantu proses pengelupasan kulit mati sekaligus meredakan peradangan yang disebabkan oleh jerawat, dengan demikian jaringan parut tidak akan terbentuk. Sementara itu, asam laktat akan memperbaiki kondisi kulit orang yang menderita jerawat.

3 dari 4 halaman

Manfaat Cuka Apel untuk Diet

apel untuk diet

Menurut artikel yang dilansir Boldsky, diet dengan cuka apel akan membantu proses pembakaran lemak. Menurut penelitian di European Journal of Clinical Nutrition, cuka sari apel membantu mengurangi jumlah kalori makanan yang Anda konsumsi sebanyak 200 hingga 75 kalori.

Minum cuka apel di pagi hari efektif untuk menekan nafsu makan yang pada gilirannya dapat membantu menurunkan berat badan. Itu karena senyawa pectin yang dimiliki cuka apel.

4 dari 4 halaman

Manfaat Cuka Apel bagi Kesehatan

apel bagi kesehatan

Menurut artikel yang dilansir FitSugar, manfaat cuka apel bagi kesehatan antara lain:

  • Meningkatkan kesehatan pencernaan
  • Meningkatkan energi
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Menghilangkan kutil

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Pektin yang ada di dalam cuka apel bermanfaat untuk menyehatkan pencernaan. Selain itu mengonsumsi salad sayuran yang disiram dengan cuka apel juga baik untuk membersihkan pencernaan Anda.

Meningkatkan Energi

Mengonsumsi cuka apel di pagi hari dapat menjadi alternatif bagi Anda yang terbiasa mengonsumsi kopi untuk mendapatkan suntikan energi. Anda dapat mengonsumsi segelas penuh air yang dicampur dengan cuka apel sebagai minuman sehat pengganti kopi.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Cuka apel kaya akan vitamin dan nutrisi yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Selain itu jika Anda sudah sakit, mengonsumsi cuka apel yang dicampur dengan madu dan air perasan jeruk lemon mampu meringankan penyakit pilek dan demam yang Anda derita.

Menghilangkan Kutil

Anda mempunyai kutil yang mengganggu dan ingin menghilangkannya? Anda dapat menghilangkannya dengan cuka apel. Caranya adalah dengan mengompres kutil dengan kapas yang sebelumnya telah direndam ke dalam cuka apel.

Demikian aneka manfaat cuka apel untuk kecantikan dan kesehatan. Semoga informasi di artikel ini bermanfaat untuk Anda. [tsr]

Baca juga:
Kantung Mata Bengkak dan Gelap? Vitamin K Solusinya
Menurut Penelitian, Ini 6 Khasiat Minyak Alpukat untuk Kecantikan
Konsumsi Daun Ketumbar Bisa Bikin Awet Muda
Bukan Bikin Gendut, Konsumsi Telur Justru Bikin Cantik

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Cantik Alami
  3. Top List
  4. Wanita Merdeka
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini