10 Cara Merawat Rambut Rontok dan Berketombe Secara Alami

Rabu, 20 Februari 2019 04:00 Reporter : Tantri Setyorini
10 Cara Merawat Rambut Rontok dan Berketombe Secara Alami Ilustrasi rambut indah. ©iStock

Merdeka.com - Ketombe merupakan masalah kecantikan yang umum dialami pria maupun wanita. Walaupun begitu, sebenarnya ketombe juga bisa dipandang sebagai masalah kesehatan. Pasalnya kondisi abnormal di kulit kepala ini bisa terjadi akibat infeksi jamur atau bakteri. Selain itu bisa menyebabkan rasa tak nyaman berupa gatal, iritasi, atau bahkan koreng jika tak segera diatasi.

Lebih jauh, ketombe juga bisa mengakibatkan kerontokan. Kalau Anda sudah bermasalah dengan keduanya, maka Anda membutuhkan cara merawat rambut khusus yang bisa mengatasinya.

Di bawah ini beberapa cara merawat rambut rontok dan berketombe yang efektif.

1 dari 10 halaman

Bilas dengan Chamomile Tea

Ilustrasi teh chamomile. ©2016 Boldsky

Ganti air bilasan rambut dengan seduhan teh bunga chamomile. Ramuan ini dapat mengoptimalkan daya tahan sel kulit sehingga lebih kuat dalam menahan akar rambut sehingga membantu menghindarkanmu dari masalah kerontokan rambut.

Bagi yang mengalami masalah rambut rontok dan berketombe, air seduhan chamomile juga ampuh meredakan rasa gatal dan iritasi.

2 dari 10 halaman

Pakai Masker Pepaya & Madu

Ilustrasi pepaya. © Shutterstock

Pepaya mengandung chitinase yang melemahkan dinding sel jamur penyebab ketombe. Vitamin A dan vitamin C yang dikandungnya juga menyehatkan kulit kepala, sehingga mampu menopang akar rambut dan menangkal bakteri penyebab ketombe. Kombinasikan pepaya dengan khasiat antiseptik madu. Tak sampai di situ, madu pun memiliki khasiat menyuburkan rambut.

3 dari 10 halaman

Pakai Masker Aloe Vera & Jeruk Nipis

Ilustrasi lidah buaya. ©2014 Merdeka.com/shutterstock/Ilyashenko Oleksiy

Aloe vera bersifat anti-septik dan memiliki kandungan nutrisi yang cukup kaya. Sejak dulu dipercaya sebagai penyubur rambut yang ampuh. Padukan dengan sari lemon atau jeruk nipis. Dua buah yang bersifat asam ini sama-sama ampuh mengatasi ketombe. Juga mengontrol kelebihan minyak yang sering menjadi pemicu ketombe.

4 dari 10 halaman

Jauhi Wax & Styling Gel

Ilustrasi hair mousse. ©iStock

Kedua produk ini bisa membuat rambut cepat kotor. Styling gel dan wax biasanya mengendap di kulit kepala dan menjadikannya lembap. Dengan demikian kulit kepala menjadi tempat berkembang biak bakteri penyebab ketombe. Selain itu bahan kimianya pun bisa melemahkan batang rambut.

5 dari 10 halaman

Tidak Memakai Terlalu Banyak Sampo

Ilustrasi sampo. Shutterstock/Africa Studio

Jumlah ideal sampo yang digunakan untuk mencuci rambut adalah tiga sendok teh, baik untuk rambut pendek maupun panjang. Menggunakan sampo terlalu banyak akan membuat rambut rapuh. Selain itu kulit kepala jadi kehilangan kelembapan alaminya. Karena itulah dia akan memproduksi lebih banyak minyak. Minyak berlebih ini yang nantinya menjadi tempat berkembang biak jamur dan bakteri penyebab ketombe.

6 dari 10 halaman

Tidak Tidur dengan Rambut dalam Keadaan Basah

Akibat tidur saat rambut basah. © Boldsky.com

Rambut yang dibawa tidur dalam keadaan masih basah lebih rapuh. Gesekan dengan bantal dan seprai membuatnya kusut dan mudah rontok.

Selain itu rambut basah membuat bantal jadi lembap. Lembap, sisa keringat, kotoran, dan air liur akan membuatnya jadi sarang sempurna bagi jamur dan bakteri penyebab ketombe serta infeksi kulit kepala.

7 dari 10 halaman

Bilas Rambut dengan Seduhan Teh Hijau

Ilustrasi teh hijau. ©2016 Boldsky

Antioksidan di dalam teh hijau tak hanya bisa memperkuat rambut, tetapi juga menyehatkan kulit kepala agar tidak mudah berketombe.

Campurkan secangkir teh hijau yang telah didinginkan dengan setengah sendok teh minyak zaitun. Bilas kepala dengan ramuan ini, lalu lakukan pijatan ringan. Setelah didiamkan selama setengah jam, gunakan air hangat untuk membilasnya kembali.

8 dari 10 halaman

Lakukan Pijatan dengan Lemon Oil

Ilustrasi lemon oil. © Nature Hacks

Kunci dari rambut yang kuat dan bebas ketombe adalah kulit kepala yang sehat. Jika Anda menderita kerontokan dan ketombe parah karena kulit kepala yang mengelupas, coba gunakan minyak lemon untuk memijat kulit kepala secara teratur. Minyak yang diekstrak dari buah sitrus ini juga mampu menutrisi kulit kepala sembari mengontrol kelebihan minyak.

9 dari 10 halaman

Lakukan Pijatan dengan Tea Tree Oil

Ilustrasi tea tree oil. ©Shuterstock

Jerawat di kulit kepala, infeksi, ketombe, gatal, dan rontok bisa diatasi dengan tea tree oil alias minyak pohon teh. Minyak ini juga mampu membantu mengendalikan produksi minyak di kulit kepala.

10 dari 10 halaman

Bilas dengan Cuka Apel

ilustrasi cuka apel. ©Shutterstock

Sifat asam cuka apel akan membantu menyeimbangkan pH di kulit kepala. Kulit kepala pun lebih sehat, mampu menopang akar rambut dengan lebih baik. Selain itu pH yang seimbang mencegah jamur dan bakteri penyebab ketombe berkembang biak di kulit kepala.

Demikian cara-cara merawat rambut rontok dan berketombe yang bisa dicoba di rumah.

Sumber: Boldsky, Livestrong, StyleCraze [tsr]

Baca juga:
Betulkah Keseringan Pakai Topi Bisa Sebabkan Kebotakan?
Milenial Alami Kebotakan Lebih Cepat Dibanding Generasi Sebelumnya

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini