Singapura siapkan dana awal bantuan sebesar Rp 1,5 miliar buat korban gempa Palu

Selasa, 2 Oktober 2018 19:44 Reporter : Merdeka
Singapura siapkan dana awal bantuan sebesar Rp 1,5 miliar buat korban gempa Palu Roa-Roa Hotel. ©REUTERS/Beawiharta

Merdeka.com - Pemerintah Singapura siap mengirim bantuan dan personel kemanusiaan untuk membantu Indonesia yang tengah berduka atas bencana gempa Donggala dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah.

Kedutaan Besar Singapura menyatakan dalam keterangan tertulisnya yang dimuat di Facebook, Selasa (2/10), Singapore Armed Forces (SAF) akan mengirimkan perlengkapan dan perlengkapan kemanusiaan, termasuk tenda, jatah makan, dan pasokan medis melalui dua pesawat C-130 Angkatan Udara Singapura. Setelah itu, pesawat akan terus membantu penanggulangan bencana, seperti evakuasi warga sipil dari daerah yang terkena dampak gempa Donggala dan tsunami di Palu.

Pasukan Pertahanan Sipil Singapura (SCDF) telah mengerahkan dua petugas untuk berpartisipasi dalam misi sepuluh hari ke Sulawesi Tengah oleh Tim Tanggap Darurat dan Penilaian ASEAN (ASEAN-ERAT) dari 29 September hingga 9 Oktober 2018, yang dikoordinasi oleh Pusat Koordinasi ASEAN untuk Bantuan Kemanusiaan tentang Penanggulangan Bencana (AHA Centre). Selain itu, SCDF siap mengirim tim terpisah untuk membantu operasi pencarian dan penyelamatan serta upaya penanggulangan bencana gempa Donggala dan tsunami Palu.

Pemerintah Singapura juga akan memberikan sumbangan sebesar USD 100.000 atau sekitar Rp 1,5 miliar sebagai uang awal untuk memulai penggalangan dana publik oleh Palang Merah Singapura.

Pemerintah Singapura akan bekerja sama dengan Pemerintah Indonesia dalam pengiriman bantuan kemanusiaan kami, dan akan dipandu oleh kebutuhan dan prioritas yang digariskan oleh Pemerintah Indonesia.

Reporter: Tanti Yulianingsih

Sumber: Liputan6.com

[pan]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini