Persaingan Tingkat Dunia di Balik Penjualan Masker & APD untuk Hadapi Pandemi Corona

Jumat, 3 April 2020 06:23 Reporter : Hari Ariyanti
Persaingan Tingkat Dunia di Balik Penjualan Masker & APD untuk Hadapi Pandemi Corona tes covid-19 di vietnam. ©2020 REUTERS/Kham

Merdeka.com - Keputusasaan global untuk melindungi tenaga medis garis depan yang berjuang melawan pandemi virus corona telah memicu perebutan masker dan alat perlindungan lainnya. Pemerintah, jaringan rumah sakit, klinik dan pengusaha mencari ke berbagai penjuru dunia untuk mendapatkan APD yang dapat mereka beli atau jual - dan jenis pedagang baru bermunculan untuk mewujudkannya.

Pasar telah menjadi serangkaian transaksi terburu-buru. Taruhannya tinggi, begitu pula harga. Harga grosir untuk respirator N95, jenis masker yang penting untuk melindungi pekerja medis, naik lima kali lipat. Biaya angkutan udara Trans-Pasifik melonjak tiga kali lipat.

"Ini pertarungan global, semua berusaha mendapatkan kapasitas," kata Eric Jantzen, wakil presiden untuk Amerika Utara di Vertis Aviation, sebuah pialang pesawat terbang dan kargo udara yang berbasis di Zurich.

"Dan harganya mencerminkan itu," lanjutnya, dikutip dari The Straits Times, Kamis (2/4).

Rintangan terus meningkat. Pada Selasa (31 Maret), setelah Eropa mengeluh buruknya kualitas masker dari China dan alat tes yang tidak efektif, Kementerian Perdagangan China memerintahkan produsen untuk memberikan jaminan lebih lanjut bahwa produk mereka memenuhi standar.

Baca Selanjutnya: China Mengimpor 2 miliar Masker...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini