Pemerintah Belanda mengaku warganya sangat terkejut dengan insiden WNI diperkosa

Kamis, 26 Juli 2018 17:06 Reporter : Pandasurya Wijaya
Pemerintah Belanda mengaku warganya sangat terkejut dengan insiden WNI diperkosa Rotterdam Belanda. ©urbancommuter.wordpress.com

Merdeka.com - Menteri Luar Negeri Belanda Stef Blok mengaku masyarakat Belanda sangat terkejut dengan peristiwa pemerkosaan terhadap seorang mahasiswi warga negara Indonesia di Rotterdam pada Sabtu pagi lalu.

Pernyataan itu dia sampaikan dalam komunikasi dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi kemarin.

"Karena itu Menlu belanda menyampaikan simpati yang sedalam-dalamnya kepada korban dan keluarganya. Menlu Stef Blok juga memastikan kepolisian Belanda akan melakukan yang terbaik untuk menangkap dan menghukum pelaku," ujar Direktur Perlindungan WNI dan Bantuan Hukum Indonesia Lalu Muhammad Iqbal dalam keterangan diterima merdeka.com, Kamis (26/7).

Iqbal selanjutnya menyampaikan kakak dan ayah korban sudah berada di Rotterdam untuk mendampingi korban. KBRI juga memberikan asistensi yang dibutuhkan bagi keluarga korban.

Sejak hari pertama mengetahui kejadian, wakil KBRI tetap berada di Rotterdam untuk mengantisipasi jika korban/keluarga membutuhkan dukungan dan sekaligus untuk koordinasi dengan otoritas setempat.

Kemarin KBRI Den Haag memperoleh pemberitahuan dari Kepolisian Belanda bahwa seorang pria berusia 18 tahun telah ditangkap sebagai tersangka pelaku.

Dalam komunikasi dengan Blok kemarin Menlu Retno menyampaikan keprihatinan terhadap peristiwa yang menimpa seorang WNI di Belanda.

Meskipun aparat penegak hukum Belanda sudah melakukan banyak hal pasca kejadian tersebut, Menlu Retno meminta agar peristiwa ini diberikan perhatian khusus untuk memastikan pelakunya dihukum seberat-beratnya. [pan]

Topik berita Terkait:
  1. Pemerkosaan
  2. WNI
  3. Belanda
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini