Pandemi Covid-19 Mengubah Drastis Perilaku Penggunaan Masker di Seluruh Dunia

Selasa, 14 Juli 2020 10:13 Reporter : Pandasurya Wijaya
Pandemi Covid-19 Mengubah Drastis Perilaku Penggunaan Masker di Seluruh Dunia Suku pedalaman Brasil jalani tes Covid-19. ©REUTERS/Adriano Machado

Merdeka.com - Dalam beberapa hari terakhir Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson terlihat memakai masker untuk pertama kalinya di depan publik.

Peristiwa itu menjadi perubahan dramatis setelah sebelumnya Trump kerap mencemooh orang yang memakai masker meski Pusat Pengendalian Penyakit AS menyarankan seluruh warga memakai masker saat keluar rumah.

Sementara itu pemerintah Inggris awalnya menolak untuk menyarankan warga memakai masker meski sejumlah negara Eropa sudah melakukannya.

Pemerintah Inggris akhirnya mewajibkan warga memakai masker saat menaiki kendaraan umum dan kini orang yang berbelanja ke toko juga harus memakai masker atau bisa dikenai denda.

Secara global, termasuk Badan Kesehatan Dunia (WHO), awalnya memberi kesan masker tidak efektif mencegah penyebaran virus corona. Namun kini WHO sudah mengimbau penggunaan masker di ruangan tertutup dan pemerintah sejumlah negara juga mewajibkan hal itu.

Baca Selanjutnya: Apa yang berubah dan mengapa?...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini