Joe Biden Telepon Netanyahu: Israel Punya Hak untuk Membela Diri

Kamis, 13 Mei 2021 08:03 Reporter : Pandasurya Wijaya
Joe Biden Telepon Netanyahu: Israel Punya Hak untuk Membela Diri Joe Biden. ©2020 REUTERS

Merdeka.com - Presiden Amerika Serikat Joe Biden kemarin menelepon Perdana Menteri Benjamin Netanyahu untuk membahas konflik teranyar Palestina-Israel.

Dalam pembicaraan itu Biden mengatakan "Israel punya hak untuk membela diri ketika ribuan roket meluncur menuju wilayah negara Anda."

Biden juga menuturkan dia berharap konflik terbaru ini bisa segera usai.

Dikutip dari laman Anadolu, Kamis (13/5), dalam sambungan telepon dengan Netanyahu, Biden memastikan dukungan Amerika Serikat untuk "mendorong situasi agar kembali damai" dan "memastikan dukungannya terhadap keamanan Israel tetap kokoh dan Israel punya hak untuk membela diri dan rakyatnya sekaligus melindungi rakyat," demikian pernyataan Gedung Putih.

AS kini bekerja sama dengan Mesir untuk menurunkan ketegangan di lapangan.

Ketegangan antara Palestina dan Israel terus meningkat sejak pekan lalu setelah pengadilan Israel memutuskan keluarga Palestina harus diusir dari wilayah Sheikh Jarrah di Yerusalem Timur. Keputusan itu memicu unjuk rasa warga Palestina yang dibalas dengan serangan aparat Israel, termasuk jemaah di Masjid Al-Aqsa.

Kemarin kelompok militan Palestina, Hamas, meluncurkan ratusan roket ke wilayah Israel dan dibalas dengan serangan udara ke Gaza hingga merobohkan bangunan dan menewaskan sedikitnya 72 orang, termasuk lima perempuan dan 16 anak serta melukai 365 lainnya, kata pernyataan Kementerian Kesehatan Palestina.

Hingga hari ini tercatat enam orang Israel tewas dalam serangan roket Hamas dan seorang tentara Israel tewas ketika kendaraan militernya dihantam roket. [pan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini