Israel dan Palestina Sepakat Gencatan Senjata Setelah Serangan di Gaza

Senin, 8 Agustus 2022 07:07 Reporter : Hari Ariyanti
Israel dan Palestina Sepakat Gencatan Senjata Setelah Serangan di Gaza Kondisi bangunan yang hancur usai serangan udara Israel di Gaza. ©2022 REUTERS/Ibraheem Abu Mustafa

Merdeka.com - Israel dan milisi Palestina menyepakati gencatan senjata di Gaza sejak Minggu malam, ungkap sejumlah sumber. Upaya perundingan gencatan senjata ini difasilitasi Mesir.

Israel menggempur Jalur Gaza sejak Jumat malam, menewaskan 31 orang Palestina, termasuk enam anak-anak. Serangan dilakukan dengan dalih memburu pemimpin organisasi Jihad Islam, yang disebut bertanggung jawab atas sejumlah serangan di Israel.

Seorang sumber keamanan Mesir mengungkapkan, Israel menyetujui usulan gencatan senjata tersebut, sedangkan pejabat Palestina yang mengetahui upaya ini mengatakan gencatan senjata mulai berlaku pada Minggu pukul 20.00 waktu setempat, dikutip dari Al Arabiya, Senin (8/8).

Juru bicara Israel dan Jihad Islam belum mengonfirmasi hal ini, hanya mengatakan mereka sedang berkomunikasi dengan Kairo.

Pejabat di Gaza menyampaikan 31 orang tewas dalam serangan tersebut, dan tiga di antara korban merupakan warga sipil. Serangan Israel dibalas dengan tembakan ratusan roket yang melumpuhkan sebagian besar wilayah Israel selatan dan memaksa warga di kota-kota seperti Tel Aviv dan Ashkelon menuju tempat berlindung.

Pada Minggu pagi, kelompok Jihad Islam memperluas tembakan roketnya ke Yerusalem yang disebut sebagai aksi balasan atas terbunuhnya komandan mereka oleh serangan Israel.

"Darah para syahid tidak akan sia-sia," kata Jihad Islam dalam pernyataannya.

Komandan Jihad Islam yang terbunuh di Gaza adalah Khaled Mansour. Kematian Mansour dikonfirmasi Jihad Islam.

"Pasukan Al-Quds berduka atas (kematian) pemimpin Khaled Mansour, anggota dewan keamanan dan komandan wilayah selatan (Jalur Gaza) yang syahid akibat serangan udara Israel kemarin (Sabtu)," jelas kelompok ini dalam pernyataannya.

Pasukan Al-Quds adalah sayap bersenjata Jihad Islam. [pan]

Baca juga:
Israel Tangkap 19 Anggota Jihad Islam di Tepi Barat
Iran: Israel akan Rasakan Akibatnya karena Serang Gaza
Arab Saudi Kutuk Serangan Israel ke Jalur Gaza
Mesir Fasilitasi Upaya Mediasi untuk Akhiri Serangan Israel di Gaza
Korban Tewas Serangan Israel di Jalur Gaza Bertambah Jadi 29 Orang
Puluhan Pemukim Israel Serbu Halaman Masjid Al-Aqsa

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini