Ini Daftar Lengkap Negara-Negara di Dunia yang Sudah Dimasuki Virus Corona

Rabu, 26 Februari 2020 11:57 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
Ini Daftar Lengkap Negara-Negara di Dunia yang Sudah Dimasuki Virus Corona petugas medis china tangani pasien virus corona. ©2020 China Daily via REUTERS

Merdeka.com - Sejumlah warga negara di berbagai benua mulai terinfeksi virus corona. Tercatat, ada 38 negara dari Amerika, Asia, Timur Tengah hingga Eropa yang warganya sudah terinfeksi virus Covid-19 ini.

Hingga saat ini, tercatat ada 80.000 orang dari berbagai negara yang sudah terinfeksi virus corona dan 2.763 orang meninggal dunia. Korban meninggal akibat corona terbanyak berada di China, yakni 2.717 jiwa dan 78.159 orang yang terinfeksi virus ini, Rabu (26/2).

Penyebaran virus corona di sejumlah negara memang terbilang cepat. Berikut daftar lengkap negara-negara di dunia yang sudah terkena virus corona:

1 dari 13 halaman

Afghanistan

Afghanistan mengkonfirmasi kasus pertama virus corona pada 24 Februari 2020. Menteri kesehatan masyarakat menyatakan keadaan darurat di provinsi Herat, Afghanistan barat, yang berbatasan dengan Iran.

Australia

Australia mengkonfirmasi 22 kasus virus corona pada 23 Februari 2020. Pemerintah Australia mengatakan beberapa korban termasuk penumpang yang dievakuasi dari kapal pesiar Diamond Princess di Jepang.

Belgia

Pemerintah Belgia mengatakan satu warga Belgia yang dipulangkan dari Wuhan positif virus corona, 4 Februari 2020. Hal itu diketahui setelah warga tersebut melakukan serangkaian tes kesehatan. Dia dipulangkan dari Wuhan bersama sembilan warga Belgia lainnya.

2 dari 13 halaman

Bahrain

Kementerian Kesehatan Bahrain mengatakan satu warga Bahrain terinfeksi virus corona pada 24 Februari 2020. Hal itu diketahui setelah warga tersebut pulang dari Iran.

Kamboja

Kamboja mengkonfirmasi kasus pertama coronavirus pada 27 Januari 2020. Menteri Kesehatan Mam Bunheng mengatakan pasien itu adalah warga negara Tiongkok berusia 60 tahun di kota pantai Sihanoukville.

Kanada

11 warga Kanada terinfeksi virus corona sejak 24 Februari 2020. Warga tersebut mayoritas berada di provinsi Ontario dan British Columbia.

3 dari 13 halaman

China Tiongkok

Korban virus corona terbanyak di China, yakni 2.717 jiwa dan 78.159 orang yang terinfeksi virus ini, Rabu (26/02). Hingga saat ini, korban masih akan terus bertambah.

Kroasia

Perdana Menteri Kroasia Andrej Plenkovic mengatakan satu warganya terinfeksi virus corona. Pasien corona itu menunjukkan gejala ringan.

"Telah dipastikan bahwa pasien pertama terinfeksi virus COVID-19," kata Perdana Menteri Andrej Plenkovic saat konferensi pers di sebuah rumah sakit di Zagreb.

"Pasien adalah seorang pria muda yang menunjukkan gejala ringan", tambahnya.

Makau

Kota Makau mengkonfirmasi 10 kasus virus corona.

4 dari 13 halaman

Hong Kong

Dua warga Hong Kong meninggal dunia akibat corona pada 19 Februari 2020. Kemudian, terdapat 81 kasus yang dikonfirmasi pada 23 Februari 2020.

Mesir

Kementerian Kesehatan Mesir melaporkan kasus virus corona pertama yang dikonfirmasi pada 14 Februari 2020. Ini adalah kasus pertama yang diketahui di benua Afrika.

Menurut pejabat Mesir, korban virus corona ini merupakan warga negara asing. Kemudian pada 19 Februari 2020, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan pasien corona itu sudah dipulangkan ke negara asalnya.

Finlandia

Di Finlandia, satu korban terinfeksi virus corona. Dia adalah seorang turis Tiongkok yang dirawat di rumah sakit di Finlandia. Kemudian dia menjalani tes kesehatan, dan diketahui terinfeksi corona, 29 Januari 2020.

Pasien itu dikatakan seorang wanita berusia 32 tahun dari Wuhan.

5 dari 13 halaman

Prancis

Pada 15 Februari, Prancis melaporkan seorang warganya meninggal dunia akibat corona. Ini merupakan kematian pertama akibat corona di Eropa. Korban adalah seorang turis China berusia 80 tahun.

Ada 12 kasus yang dikonfirmasi di Prancis, lima di antaranya adalah warga negara Inggris. Diketahui mereka berada di chalet di resor ski Prancis bersama dengan seseorang yang baru-baru ini bepergian ke Singapura.

Prancis adalah negara Eropa pertama yang mencatat kasus virus.

Jerman

Jerman mencatat ada 16 kasus virus korona pada 23 Februari 2020. Mayoritas korban yang terinfeksi berada di negara bagian selatan Bavaria.

Hampir semua pasien di Jerman adalah karyawan pemasok onderdil mobil Webasto. Mereka tertular dari seorang rekan dari China yang menghadiri kursus di Jerman.

India

Pada 3 Februari, Kementerian Kesehatan India mencatat 3 pasien corona di negara bagian Kerala, India selatan. Ketiganya adalah siswa yang baru saja pulang dari Wuhan, menurut media setempat.

6 dari 13 halaman

Iran

Otoritas kesehatan Iran melaporkan jumlah kasus virus corona sebanyak 95 pada 25 Februari 2020. Kasus corona berasal dari kota Qom. Hingga saat ini, korban meninggal akibat virus corona sebanyak 15 jiwa.

Irak

Irak mengkonfirmasi kasus pertama corona pada 24 Februari di kota suci Syiah Najaf.

Kementerian Kesehatan Iran menjelaskan pria yang terinfeksi corona adalah seorang mahasiswa teologi Iran. Pasien sempat mengunjungi Iran. Kasus ini muncul sebelum pemerintah menutup perbatasan dan melarang masuknya warga non-Irak yang datang dari Iran.

Israel

Pada 24 Februari, Israel melaporkan kasus kedua virus corona. Keduanya adalah pengungsi dari kapal pesiar Diamond Princess di Jepang.

7 dari 13 halaman

Italia

Pada 24 Februari 2020, Italia mengkonfirmasi sebanyak 229 kasus virus corona, sebagian besar berpusat di utara negara itu. Kemudian, tujuh korban meninggal akibat virus corona.

Jepang

Sebanyak 691 penumpang di kapal pesiar Diamond Princess positif virus corona pada 25 Februari 2020. Empat korban yang berada di kapal itu meninggal dunia.

Di kapal itu, ada 132 warga Jepang yang terinfeksi corona, termasuk seorang wanita berusia 80 tahun yang meninggal karena virus tersebut.

Kuwait

Kementerian Kesehatan Kuwait melaporkan tiga kasus corona pada 24 Februari 2020. Kasus ini adalah yang pertama di negara itu. Korban yang terinfeksi, termasuk warga negara Arab Saudi yang baru saja kembali dari Iran.

8 dari 13 halaman

Lebanon

Kasus pertama virus corona dikonfirmasi di Lebanon pada 21 Februari 2020. Kasus ini muncul setelah seorang wanita baru saja tiba dari Iran. Kemudian dites kesehatan dan dinyatakan positif corona.

Malaysia

Malaysia mencatat total pasien virus corona sebanyak 22 orang pada 23 Februari 2020. Pada 19 Februari, kementerian kesehatan negara itu mengatakan 15 orang telah pulih dan dipulangkan dari rumah sakit.

Nepal

Pemerintah Nepal mengatakan seorang pria berusia 32 tahun terinfeksi corona setelah tiba dari Wuhan. Hal itu diketahui setelah dia menjalani tes kesehatan.

Kemudian pasien dikarantina, pulih dan dipulangkan. Pemerintah Nepal kemudian memperketat pengawasan di bandara. Bahkan pasien yang mencurigakan memasuki Nepal sedang dipantau.

9 dari 13 halaman

Oman

Kementerian Kesehatan Oman mengkonfirmasi dua kasus pertama dari virus corona pada 24 Februari 2020. Kementerian itu mengatakan dua warga yang terinfeksi baru saja kembali dari Iran dalam kondisi stabil dan harus dikarantina di rumah.

Filipina

Pejabat kesehatan Filipina mengkonfirmasi kasus ketiga virus corona pada 5 Februari 2020. Kemudian pada 2 Februari 2020, salah satu warganya meninggal dunia akibat virus itu.

Rusia

Rusia melaporkan dua kasus virus corona pada 31 Januari 2020. Kedua pasien diidentifikasi warga negara Cina yang sudah pulih dan dipulangkan dari rumah sakit.

10 dari 13 halaman

Singapura

Singapura mencatat ada 89 kasus corona pada 23 Februari 2020. Korban termasuk 51 orang yang sudah pulih dan dipulangkan dari rumah sakit.

Korea Selatan

Korea Selatan mengkonfirmasi jumlah pasien corona mencapai 893 pada 25 Februari 2020. Sebagian besar kasus berada di rumah sakit di daerah tenggara Cheongdo dan di kota tenggara Daegu. Kemudian delapan korban meninggal dunia akibat corona.

Spanyol

Pihak berwenang Spanyol mengkonfirmasi kasus kedua virus corona pada 9 Februari 2020. Korban diketahui seorang pria Inggris di Mallorca.

Pasien adalah salah satu dari empat anggota keluarga Inggris yang sedang observasi di pulau Mallorca. Kemudian dia melakukan kontak dengan seseorang di Prancis. Setelah itu dia didiagnosis terinfeksi virus corona. Tiga orang lainnya negatif.

Kasus pertama dilaporkan pada 31 Januari 2020. Dia adalah seorang pria Jerman di pulau La Gomera di Kepulauan Canary.

11 dari 13 halaman

Sri Lanka

Sri Lanka mengkonfirmasi kasus pertama virus corona pada 27 Januari 2020. Pasien diidentifikasi sebagai wanita China berusia 43 tahun dari provinsi Hubei. Dia berada di Sri Lanka sebagai turis. Dia dirawat di Rumah Sakit Penyakit Menular.

Swedia

Pada 31 Januari, Badan Kesehatan Masyarakat Swedia mengatakan seorang wanita positif mengidap virus corona dan dikarantina di rumah sakit di Swedia selatan.

Menurut badan kesehatan itu, wanita ini tidak mengidap sakit parah. Namun dia sempat mengunjungi daerah Wuhan di China. Kemudian dia mulai batuk setelah tiba di Swedia. Akhirnya dia menghubungi rumah sakit di Swedia selatan, tempat dia dirawat.

Taiwan

Taiwan mencatat ada 30 kasus corona pada 25 Februari. Salah satunya seorang pria berusia 61 tahun. Dia mengalami masalah kesehatan dan meninggal akibat virus corona.

12 dari 13 halaman

Thailand

Thailand mencatat total 35 kasus corona yang dikonfirmasi pada 23 Februari 2020.

Uni Emirat Arab

Uni Emirat Arab (UEA) mencatat total 13 kasus corona pada 23 Februari 2020. Pada 1 Februari, UEA menjadi negara pertama di Timur Tengah yang mengkonfirmasi kasus virus corona.

Inggris

Inggris mengkonfirmasi empat pasien terinfeksi virus corona. Semua pasien berada di Inggris. Korban corona juga dari penumpang yang dievakuasi dari kapal pesiar Diamond Princess, sehingga total menjadi 13 pasien.

Kemudian NHS England mengatakan delapan orang sudah meninggalkan rumah sakit, setelah menjalani tes identifikasi virus sebanyak dua kali dan hasilnya negatif, 15 Februari 2020.

13 dari 13 halaman

Amerika Serikat

Amerika Serikat mencatat 53 pasien virus corona pada 24 Februari 2020. Pasien termasuk yang dievakuasi dari kapal pesiar Diamond Princess di Jepang.

Vietnam

Pada 13 Februari, kementerian kesehatan Vietnam mencatat ada 16 pasien corona di negara itu. Pihak berwenang mengatakan ada 11 pasien berada di provinsi utara Vinh Phuc. [dan]

Baca juga:
Kabar Terkini Virus Corona, Lebih dari 1.000 Orang Terinfeksi di Korea Selatan
Sejumlah Negara di Eropa Terpapar Virus Corona dari Italia
Ada Virus Corona, LIPI Prediksi Pertumbuhan Ekonomi 2020 Hanya 4,84 Persen
Cegah Virus Corona, Benarkah Korea Utara Karantina 380 Warga Asing?
Aktivitas Warga Iran di Tengah Merebaknya Wabah Corona
Tangkal Dampak Virus Corona, Tiket Pesawat Didiskon 30 Persen Sampai April 2020
Pasien RSUP dr Kariadi Diduga Corona Meninggal, Dipastikan Sakit Pernapasan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini