Dubes Myanmar untuk China Meninggal Secara Mendadak

Selasa, 9 Agustus 2022 13:30 Reporter : Hari Ariyanti
Dubes Myanmar untuk China Meninggal Secara Mendadak Kedutaan besar Myanmar di Beijing, China. ©Carlos Garcia Rawlins/Reuters

Merdeka.com - Duta besar (dubes) Myanmar untuk China meninggal dengan cara mendadak pada Minggi di kota Kunming, China barat daya, menurut obituari yang dimuat di media pemerintah Myanmar dan sumber diplomatik di Beijing.

Obiaturi untuk Dubes U Myo Thant Pe yang diterbitkan Kementerian Luar Negeri Myanmar di koran pemerintah pada Senin itu tidak menyebutkna penyebab kematian yang bersangkutan.

Dikutip dari Reuters, Selasa (9/8), diplomat di Beijing dan media Myanmar berbahasa Mandarin menyampaikan penyebab kematian Dubes U Myo Thant Pe kemungkinan serangan jantung.

U Myo Thant Pe terakhir muncul pada Sabtu saat menghadiri rapat dengan pejabat daerah di Provinsi Yunan, China yang berbatasan dengan Myanmar.

Kedutaan besar Myanmar di China belum menanggapi pertanyaan terkait kabar ini.

U Myo Thant Pe ditunjuk sebagai dubes untuk China pada 2019 dan tetap menduduki jabatannya setelah kudeta militer pada Februari 2021. Dia adalah dubes keempat yang meninggal di China sejak 2021.

Pada Februari 2021, dubes Ukraina untuk China, Serhiy Kamyshev (65) meninggal dunia tidak lama setelah berkunjung ke venue Olimpiade Musim Dingin Beijing. Dubes Jerman, Jan Hecker (54), meninggal pada September tahun lalu, kurang dari dua minggu setelah bertugas di Beijing.

Dubes Filipina, Jose Santiago "Chito" Sta. Romana (74), meninggal saat karantina di Provinsi Anhui, China timur pada April lalu.

Baca juga:
Bangladesh Minta Bantuan China untuk Pulangkan Pengungsi Rohingya ke Myanmar
Jurnalis Jepang Ditangkap di Myanmar, Dianggap Menghasut Perlawanan terhadap Militer
ASEAN Desak Junta Myanmar Hentikan Eksekusi Mati
Junta Myanmar Tangkap Warga Jepang karena Rekam Video Demonstrasi
Junta Myanmar Perpanjang Keadaan Darurat Enam Bulan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini