Di sidang sore ini, Najib bakal didakwa 21 tuntutan pencucian uang Rp 9,3 T

Kamis, 20 September 2018 13:04 Reporter : Ira Astiana
Di sidang sore ini, Najib bakal didakwa 21 tuntutan pencucian uang Rp 9,3 T Mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak. AFP/MANAN VATSYAYANA

Merdeka.com - Mantan Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak akan didakwa dengan total 21 tuntutan atas kasus pencucian uang senilai USD 628 juta (Rp 9,3 triliun) dari dana investasi negara 1MDB.

"Najib dijadwalkan menjalani sidang sore ini, di mana dia akan menghadapi 9 dakwaan tentang penerimaan dana secara ilegal, lima dakwaan penggunaan dana ilegal, dan tujuh dakwaan karena mentransfer dana tersebut ke beberapa pihak," kata Wakil Inspektur Jenderal Polisi, Noor Rashid Ibrahim dikutip dari the Guardian, Kamis (20/9).

Najib sendiri telah ditangkap oleh Komisi Anti-Korupsi Malaysia (SPRM) kemarin untuk menjalani sidang sore ini. Penyelidikan KPK Malaysia kali ini akan lebih signifikan, di mana nantinya Najib bakal ditanyai mengapa dana sebesar USD 628 juta bisa masuk dalam rekening pribadinya.

Selain itu, Najib pun akan diminta pertanggungjawaban karena menggunakan dana tersebut untuk keperluan pribadi dia dan keluarga, termasuk membeli real estate kelas atas di Amerika Serikat hingga beberapa karya seni dengan harga selangit.

Meski berbagai bukti telah mengarah kepadanya, namun Najib masih berkeras bahwa dirinya tidak bersalah. Bahkan dia mengklaim dana besar tersebut didapat dari sumbangan 'pribadi' Arab Saudi kepadanya.

Pada 10 September lalu Najib merilis dokumen yang mendukung klaimnya selama ini bahwa uang senilai Rp 9,3 triliun di rekening pribadinya adalah sumbangan dari Saudi. Dia juga mengatakan akan menjelaskan lebih rinci soal dana itu di kemudian hari. [did]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini