Demonstran Hong Kong Ditembak dengan Peluru Tajam

Selasa, 1 Oktober 2019 18:17 Reporter : Pandasurya Wijaya
Demonstran Hong Kong Ditembak dengan Peluru Tajam Perjuangan wartawan abdikan peristiwa bentrokan di Hong Kong. ©2019 REUTERS/Athit Perawongmetha

Merdeka.com - Polisi Hong Kong hari ini kembali menghadapi demonstran besar-besaran di tengah kota dan dekat stasiun kereta bawah tanah di saat China merayakan hari nasional ke-70 kekuasaan Partai Komunis China.

Demonstran sudah turun ke jalan selama hampir empat bulan untuk memprotes RUU Ekstradisi dan mendesak kebebasan berpolitik.

Laman South China Morning Post melaporkan, Selasa (1/10), seorang demonstran tertembak di bagian dada oleh peluru tajam yang dilepaskan polisi di Tsuen Wan. SCMP mengutip sumber yang tidak diketahui namanya. Sejumlah polisi dan petugas medis tampak berdiri di dekat lokasi demonstran yang jatuh tertembak itu.

"Kami melihat mereka lari ke beberapa restoran dan rumah untuk menghindari penangkapan. Sebagian lagi tertangkap," kata reporter Sky News Alex Crawford di Distrik Admiralty, seperti dilansir laman Sky News, Selasa (1/10).

"Polisi bertindak cukup kasar ketika menangkap demonstran. Tapi yang lebih dramatis dari hari ini adalah ada tiga tembakan peluru tajam dilepaskan, salah satunya ditembakkan dalam jarak dekat ke arah seorang demonstran," kata Crawford.

Di kawasan Tsuen Wan polisi tampak berkelahi dengan sejumlah demonstran.

"Anda bisa lihat salah satu polisi menarik pistol dan dalam jarak dekat melepaskan tembakan ke dada demonstran itu."

Pengunjuk rasa itu kemudian dibawa ke rumah sakit dan sejumlah kerabat serta seorang pengacara juga mendampingi dia.

Harian Sing Tao juga mengutip polisi yang mengatakan seorang demonstran ditembak dengan peluru tajam di tengah kericuhan unjuk rasa.

SCMP memperlihatkan foto seorang laki-laki memakai masker oksigen yang terbaring dan dilaporkan dia adalah demonstran yang tertembak itu.

"Seorang polisi mengeluarkan pistolnya setelah mereka diserang demonstran dan seorang pengunjuk rasa terkena tembakan di dadanya di Distrik Tsuen Wan hari ini," kata seorang sumber polisi kepada kantor berita AFPl seperti dilansir laman the Straits Times, Selasa (1/10).

TVB mengutip otoritas rumah sakit mengatakan 15 orang dilarikan ke rumah sakit sekitar pukul 17.00 hari ini. Seorang demonstran dalam kondisi luka serius dirawat di Rumah Sakit Putri Margaret. [pan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini