CIA Tuding Huawei Didanai Intelijen China

Sabtu, 20 April 2019 13:24 Reporter : Pandasurya Wijaya
CIA Tuding Huawei Didanai Intelijen China huawei. ©Reuters

Merdeka.com - Badan Intelijen Amerika Serikat, CIA, menuduh Huawei, perusahaan teknologi, didanai oleh intelijen pemerintah China. Demikian dilaporkan the surat kabar Inggris, Times of London.

Dilansir dari laman the Sydney Morning Herald, Sabtu (20/4), koran Inggris itu mengutip sebuah sumber yang mengatakan Komisi Keamanan Nasional China, Tentara Pembebasan Rakyat (Angkatan Bersenjata China), dan cabang dari jaringan intelijen China mendanai perusahaan Huawei.

Menurut laporkan sumber itu, awal tahun ini intelijen AS memberikan informasi soal Huawei ini kepada Five Eyes, kelompok kerja sama intelijen dari negara Inggris, Australia, Kanada, Selandia Baru.

Huawei dalam pernyataannya membantah tudingan dari koran Inggris itu.

"Huawei tidak berkomentar atas tuduhan tanpa substansi yang didukung nihil bukti dari sumber tidak jelas," kata perwakilan Huawei kepada the Times.

CIA dan badan keamanan China sejauh ini belum menanggapi tudingan ini.

Washington dan Beijing saat ini masih terlibat dalam perang dagang dan AS menuding perangkat Huawei bisa digunakan untuk mata-mata.

Pendiri Huawei, Ren Zhengfei, Januari lalu membantah tuduhan perusahaannya jadi alat mata-mata pemerintah China.

"Huawei tidak pernah menerima permintaan dari pemerintah mana pun untuk menyediakan informasi yang tidak benar," kata Ren seperti dikutip harian the Financial Times dalam wawancara dengan sejumlah wartawan di Kota Shenzen.

"Saya masih mencintai negara saya, saya mendukung Partai Komunis, tapi saya tidak akan pernah menyakiti negara mana pun di dunia ini," kata dia. [pan]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini