China Sebut Selama Ini Terbukti AS Jadi Biang Kekacauan Dunia

Rabu, 16 September 2020 07:30 Reporter : Hari Ariyanti
China Sebut Selama Ini Terbukti AS Jadi Biang Kekacauan Dunia Bendera AS dan China.. ©Press TV

Merdeka.com - Kementerian Pertahanan China mengatakan, bukti bertahun-tahun yang tersedia menunjukkan Amerika Serikat (AS) adalah ancaman terbesar tatanan global dan perdamaian.

Juru bicara Kementerian Pertahanan China, Kolonel Wu Qian mengungkapkan hal tersebut dalam sebuah pernyataan pada Minggu, menanggapi laporan tahunan Pentagon yang dirilis pada 2 September. Laporan Pentagon menyampaikan pengembangan dan tujuan militer China menunjukkan implikasi serius bagi kepentingan nasional AS dan keamanan tatanan internasional berbasis aturan. Demikian dikutip dari Press TV, Selasa (15/9).

Wu menyebut laporan itu sebuah "distorsi ceroboh" terkait tujuan China dan hubungan antara Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) dan 1,4 miliar populasi China.

Dia mengatakan, tindakan AS di Irak, Suriah, Libya, dan negara lainnya selama dua dekade lebih telah membunuh lebih dari 800.000 orang dan penelantaran jutaan lebih orang.

"Daripada bercermin pada diri sendiri, AS menerbitkan apa yang disebut laporan yang membuat komentar salah tentang pertahanan normal China dan konstruksi militer," jelas Wu.

"Bukti bertahun-tahun menunjukkan bahwa AS lah penyebab kerusuhan regional, pelanggar tatanan internasional, dan perusak perdamaian dunia," tegasnya.

Baca Selanjutnya: Laporan Pentagon...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini