CEK FAKTA: Tidak Benar Video Hiu Gigit Kabel Bawah Laut Penyebab Telkomsel Down

Rabu, 22 September 2021 15:02 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Tidak Benar Video Hiu Gigit Kabel Bawah Laut Penyebab Telkomsel Down Ilustrasi hiu. © daily mail

Merdeka.com - Video yang menampilkan seekor ikan hiu menggigit sebuah kabel di dasar laut viral di media sosial. Video itu diklaim sebagai penyebab terjadinya gangguanya jaringan Indihome dan Telkomsel akhir-akhir ini karena digigit hiu pada jaringan kabel bawah laut milik Indihome dan Telkomsel di wilayah Batam.

Unggahan video itu disertai narasi "DETIK-DETIK HIU GIGIT KABEL OPTIK TELKOM"

tidak benar video hiu gigit kabel bawah laut penyebab telkomsel down
TikTok

Penelusuran

Hasil penelusuran merdeka.com, video hiu gigit kabel bawah laut tidak ada kaitannya dengan gangguan jaringan Indihome dan Telkomsel seperti yang tertulis dalam narasi tersebut.

Dilansir dari Liputan6.com berjudul "Kabel Serat Optik Google Jadi Korban Gigitan Hiu" yang diunggah pada 15 Agustus 2014 lalu. Menunjukkan seekor hiu yang terlihat bingung ketika menggigit kabel. Seringnya hiu menggigit kabel bawah laut disebut karena hewan mamalia itu tertarik dengan medan magnet yang tercipta dari tegangan tinggi yang ada di kabel.

Sejumlah kabel serat optik milik Google itu diketahui sebagai jalur internet di seluruh benua, dalam hal ini seluruh Pasifik, dan merupakan tulang punggung (backbone) dari internet.

Setiap kabel yang terbuat dari serat optik memiliki tekstur yang halus, namun dapat mengirimkan data sampai dengan sekitar 1 Gigabit per detik atau sekitar 100 kali lebih cepat dari kabel tembaga.

Menurut yang dilansir Guardian, Jumat (15/8/2014), setiap kabel serat membutuhkan daya untuk mengirim sinyal untuk repeater optik yang ditempatkan di sepanjang kabel guna memperkuat sinyal sejauh 100 km.

Kebanyakan kabel yang ada telah dilindungi secara khusus untuk mencegah transmisi listrik di luar lapisan pelindung. Untuk itu Google harus mengeluarkan uang dalam jumlah besar guna melindungi infrastruktur bawah laut mereka.

Rute Atlantik dilaporkan membutuhkan lebih dari 50 perbaikan setiap tahunnya, yang mana kerap rusak akibat berbagai hal termasuk kapal pukat ikan, jangkar, gempa bumi, dan tekanan air di dalam laut.

Sementara itu, dilansir dari merdeka.com, beberapa hari yang lalu terjadi gangguan pada sistem komunikasi kabel laut JaSuKa (Jawa, Sumatera dan Kalimantan) ruas Batam - Pontianak, mulai sekitar pukul 17.33 WIB pada Minggu (19/9/2021).

Hal ini berdampak pada penurunan kualitas layanan Telkom Group, baik fixed maupun mobile broadband (Telkomsel dan IndiHome) di beberapa wilayah Indonesia. Setelah mengidentifikasi pusat gangguan berasal dari titik sekitar 1,5 Km lepas pantai Batam pada kedalaman 20 meter bawah permukaan laut.

"Itu termasuk penambahan kapasitas beberapa link di wilayah Indonesia seperti dari Papua, Kalimantan maupun Jawa, dan mengoptimalkan gerbang internasional di Manado," ungkap Pujo melalui keterangan resminya, Selasa (21/9).

Kata Pujo, berkat kegigihan dan perjuangan para teknisi TelkomGroup, selang sekitar tiga jam sejak kejadian, jaringan TelkomGroup berangsur kembali normal.

Pujo menegaskan Telkom berkomitmen untuk memberikan akses konektivitas luas di seluruh Indonesia, guna memberikan pengalaman digital terbaik bagi seluruh pelanggan.

Kesimpulan

Video hiu gigit kabel bawah laut yang diklaim sebagai penyebab terjadinya gangguan pada Indihome dan Telkomsel adalah tidak benar. Faktanya, video itu terjadi pada tahun 2014 silam, di mana hiu menggigit kabel serat optik milik Google.

Sedangkan gangguan pada Indihome dan Telkomsel bukan disebabkan gigitan hiu. Melainkan, terjadi gangguan pada sistem komunikasi kabel laut JaSuKa.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.liputan6.com/tekno/read/2091416/kabel-serat-optik-google-jadi-korban-gigitan-hiu
https://www.merdeka.com/teknologi/telkom-gerak-cepat-perbaiki-kabel-bawah-laut-jasuka.html [lia]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Cek Fakta
  3. Telkomsel
  4. IndiHome
  5. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini