CEK FAKTA: Tidak Benar Video Demo Mahasiswa Tuntut Presiden Jokowi Mundur

Senin, 8 Juni 2020 17:08 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Tidak Benar Video Demo Mahasiswa Tuntut Presiden Jokowi Mundur Demo Mahasiswa. ©2019 Liputan6.com/Ady Anugrahadi

Merdeka.com - Beredar sebuah video demo mahasiswa menuntut Presiden Joko Widodo (Jokowi) mundur yang diklaim terjadi pada Juni 2020 viral di media sosial.

Akun Facebook Bandar Media mengunggah video tersebut pada 2 Juni 2020. Dalam videonya, tampak barisan mahasiswa memenuhi sebuah jalanan. Mereka longmarch dengan mayoritas mengenakan jaket almamater berwarna hijau.

Berikut narasinya:

"JAKARTA-INDONESIA, terkini yel-yel Mahasiswa #JkwiTurun Semoga Allah SWT meRIDHOI NyaAamiiiin ya Allah ya Rabbal Alamiiin."

tidak benar video demo mahasiswa tuntut presiden jokowi mundur

©2020 Merdeka.com/ Facebook

Penelusuran

Cek Fakta merdeka.com menelusuri video demo mahasiswa tuntut Presiden Jokowi mundur yang diklaim terjadi pada bulan Juni 2020.

Dikutip dari Cek Fakta Liputan6.com berjudul "Cek Fakta: Video Unjuk Rasa Mahasiswa yang Viral Bukan Terjadi pada Juni 2020" penelusuran dilakukan dengan mengunggah gambar tangkapan layar video tersebut ke situs pencari Yandex.

Hasilnya terdapat video serupa di situs berbagi video YouTube. Satu di antaranya diunggah Channel YouTube RBRJ Channel pada 25 September 2019 lalu.

"Situasi demo mahasiswa pagi ini 25 September 2019," tulis Channel YouTube RBRJ Channel.

Sementara itu dikutip dari akun Facebook Divisi Humas Polri mengatakan video demo mahasiswa tuntut Presiden Jokowi mundur yang diklaim terjadi pada 2 Juni 2020 adalah hoaks.

Faktanya video tersebut merupakan aksi mahasiswa di Palembang, Sumatera Selatan yang diposting dalam platform media sosial Facebook dengan nama Singa Marota Ibra pada 25 September 2019.

Kesimpulan

Video yang beredar terkait demo mahasiswa menuntut Presiden Jokowi turun yang diklaim terjadi di bulan Juni 2020 tidak benar.

Faktanya video tersebut merupakan aksi demo mahasiswa di Palembang yang terjadi pada September 2019.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa di pertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini