Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

CEK FAKTA: Tidak Benar Megawati Usung Gibran-Ganjar di Pilpres 2024

CEK FAKTA: Tidak Benar Megawati Usung Gibran-Ganjar di Pilpres 2024 gibran dan ganjar makan sate. ©2022 Merdeka.com/twitter gibran

Merdeka.com - Sebuah video Ketua Umum PDI-Perjuangan Megawati Soekarnoputri resmi mengusung Gibran Rakabuming Raka bersama Ganjar Pranowo maju di Pilpres 2024 mendatang.

Video diunggah di Facebook pada 14 Januari 2023, bernarasi: "SAH! MEGA USUNG GIBRAN-GANJAR 2024, KEPUTUSAN PDIP BIKIN LAWAN POLITIK KETAR-KETIR".

Di awal video berupa foto Ganjar sedang bersalaman dengan seseorang berwajah Gibran. Terlihat juga Megawati dan Puan Maharani, dengan tulisan: "Sah, Duet Maut Gibran-Ganjar Keputusan Mega Bikin Lawan Politik Ketar-Ketir"

Video berdurasi 8:31 detik itu, terlihat potongan-potongan video Gubernur Jawa Tengah Ganjar. Terlihat juga video menampilkan kegiatan Gibran.

Simak berita Ganjar Pranowo selengkapnya di Liputan6.com

cek fakta tidak benar video megawati usung gibran ganjar di pilpres 2024©Facebook

Penelusuran

Penelusuran cek fakta merdeka.com, dengan mengunggah foto Ganjar sedang bersalaman dengan seseorang berwajah Gibran dalam sampul video ke situl Google Images. Hasilnya foto tersebut sudah diedit. 

Foto aslinya, Ganjar sedang berjabat tangan dengan Presiden Jokowi. Foto tersebut seperti diunggah situs Antara Foto berjudul "PENYERAHAN DIPA DAN DAFTAR ALOKASI TRANSFER DAERAH" pada 14 November 2019 silam.

cek fakta tidak benar video megawati usung gibran ganjar di pilpres 2024

©Antara

Foto itu diberi keterangan sebagai berikut: "Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin (kedua kanan) dan Menteri Keuangan Sri Mulyani (kedua kiri) menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) serta Buku Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa Tahun 2020 kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Istana Negara, Jakarta, Kamis (14/11/2019). Presiden mengatakan bahwa DIPA yang ditransfer ke kementerian dan lembaga sebesar Rp909 Triliun dan Rp556 triliun untuk pemerintah daerah beserta dana desa secepatnya digunakan terutama untuk belanja modal.ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/pd."

Sedangkan video diawal menampilkan Presiden Jokowi seperti sedang orasi di depan banyak orang, identik dengan yang diunggah YouTube Kompas TV berjudul "Jokowi ke Relawan Soal Ciri Pemimpin: Lihat Rambutnya, Kalau Putih Semua Ini Mikir Rakyat!" pada 26 November 2022.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) hadiri silaturahmi akbar Relawan Nusantara Bersatu yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Sabtu (26/11/2022). Dalam sambutannya, Jokowi mengungkapkan ciri-ciri pemimpin yang mengerti apa yang dirasakan rakyat.

"Perlu saya sampaikan, pemimpin yang memikirkan rakyat itu kelihatan, dari mukanya dan penampilannya kelihatan." Ucapnya.

Menurutnya, kerutan di wajah dan rambut putih jadi dua ciri fisik yang merupakan ciri-ciri pemimpin yang memikirkan rakyat.

"Banyak kerutan di wajahnya karena mikirin rakyat ada juga yang mikirin rakyat yang sampai rambutnya putih semua. Jadi pemimpin yang mikirin rakyat itu kelihatan dari kerutan di wajahnya. Kalau wajahnya bersih cling hati-hati. Lihat rambutnya, kalau putih semua ini mikirin rakyat ini." Paparnya.

Jokowi juga mengimbau relawannya agar memilih pemimpin yang mau terjun ke lapangan dan merasakan keringat rakyat.

Sedangkan narator dalam video hanya berisi pendapat tentang peluang Ganjar maju sebagai Capres 2024. Narator dalam video mengatakan peluang Ganjar di Pilpres 2024 bisa dilihat dari elektabilitas yang cukup tinggi dari beberapa lembaga survei, melampaui Anies Baswedan dan Prabowo Subianto. Tidak ditemukan pernyataan terkait deklarasi Megawati untuk mengusung Ganjar-Gibran di Pilpres 2024.

Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri belum mengumumkan siapa capres-cawapres yang akan diusung partainya untuk Pilpres 2024. Mega menegaskan kembali hak prerogatif sebagai ketua umum untuk memilih calon presiden dan calon wakil presiden. Dia menjamin kepada kader PDIP bahwa tokoh yang dipilih merupakan orang yang tepat.

"Urusan calonnya itu adalah hak ketua umum. Pokok e enggak mungkin ibu jebloskan kalian ke sumur," katanya dalam pidato HUT ke-50 PDIP di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Selasa (10/1).

Dia memerintahkan kepada seluruh kader PDIP untuk fokus ke turun ke bawah. Tidak perlu memikirkan hal lain untuk bisa membawa kemenangan bagi PDIP di Pemilu 2024.

"Kita kalau sudah bekerja pasti menang," tegasnya.

Megawati pun enggan didesak-desak untuk mengumumkan calon presiden dari PDIP. Pada HUT ke-50 ini, nama calon presiden di kantong Megawati, belum dideklarasikan.

"Iya dong kan mesti keren, kan saya ketum terpilih di kongres partai sebagai institusi tertinggi partai maka oleh kongres partai diberikanlah ketum terpilih hak prerogatif siapa yang akan dicalonkan. Saiki nungguin gak ada, ini urusan gue," tegasnya.

Kesimpulan

Video Megawati resmi mengusung Gibran-Ganjar di Pilpres 2024 adalah keliru. Faktanya isi video tidak ada pernyataan Megawati mengusung Gibran dan Ganjar. Sampai berita ini dimuat, Mega belum mengumumkan siapa capres-cawapres dari PDIP.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.facebook.com/GudangRejekiii/videos/591244722845243https://www.youtube.com/watch?v=635QCWNY_0khttps://www.antarafoto.com/olahraga/v1573717824/penyerahan-dipa-dan-daftar-alokasi-transfer-daerahhttps://www.merdeka.com/peristiwa/megawati-soal-capres-pokoknya-enggak-mungkin-ibu-jebloskan-kalian-ke-sumur.html

(mdk/lia)
ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Ganjar Sowan ke Pesantren di Garut yang Dikunjungi Jokowi pada Pilpres 2014

Ganjar Sowan ke Pesantren di Garut yang Dikunjungi Jokowi pada Pilpres 2014

Ganjar mendatangi pesantren Zawiyah, Samarang yang dulu dikunjungi oleh Presiden Joko Widodo

Baca Selengkapnya
Gibran Ucapkan Selamat Ulang Tahun ke-51 PDIP, Ini Respons FX Rudy

Gibran Ucapkan Selamat Ulang Tahun ke-51 PDIP, Ini Respons FX Rudy

Gibran mendoakan kesuksesan serta soliditas para kader partai yang dipimpin oleh Megawati Soekarnoputri sebagai ketua umum tersebut.

Baca Selengkapnya
Sinyal Pertemuan Prabowo - Megawati Semakin Kuat, Waketum Gerindra Ungkap Pesan Ini

Sinyal Pertemuan Prabowo - Megawati Semakin Kuat, Waketum Gerindra Ungkap Pesan Ini

Sinyal pertemuan itu juga semakin diperkuat, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburokhman yang menyebut pertemuan itu akan terjadi tidak lama lagi.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Reaksi Santai Gibran usai Ditetapkan KPU sebagai Pemenang Pilpres 2024

Reaksi Santai Gibran usai Ditetapkan KPU sebagai Pemenang Pilpres 2024

Gibran mengaku sudah berkomunikasi dengan capres pasangannya, Prabowo Subianto. Namun untuk pertemuan secara langsung, baru akan dijadwalkan.

Baca Selengkapnya
Prabowo Beri Skor 9,9 untuk Gibran dalam Debat Pilpres ke Empat

Prabowo Beri Skor 9,9 untuk Gibran dalam Debat Pilpres ke Empat

Gibran menyebut, masalah menyerang atau tidak dikembalikan kepada penilaian publik.

Baca Selengkapnya
Gibran Bicara Peluang PDIP Gabung KIM: Semoga Menghasilkan Terbaik

Gibran Bicara Peluang PDIP Gabung KIM: Semoga Menghasilkan Terbaik

Bergabungnya PDI Perjuangan dengan KIM, menyusul adanya rencana pertemuan Megawati Soekarnoputri dengan Prabowo Subianto.

Baca Selengkapnya
TKN Yakin Jokowi Dukung Prabowo 200%: Tidak Mungkin Lepaskan Gibran

TKN Yakin Jokowi Dukung Prabowo 200%: Tidak Mungkin Lepaskan Gibran

Menurut TKN, tidak mungkin Jokowi melepaskan begitu saja putra sulungnya Gibran Rakabuming Raka menghadapi kontestasi Pilpres 2024.

Baca Selengkapnya
Megawati dan Prabowo Dijadwalkan Bertemu, Ini Reaksi Gibran

Megawati dan Prabowo Dijadwalkan Bertemu, Ini Reaksi Gibran

Wali Kota Solo itu berharap para pimpinan bangsa bisa bertemu dan bersilaturahmi pada momen yang tepat, yakni bulan Ramadan.

Baca Selengkapnya
Gibran Pakai Singkatan di Debat Cawapres, Eks Tim Debat Jokowi Ungkap Strategi Serupa Saat Pilpres 2014

Gibran Pakai Singkatan di Debat Cawapres, Eks Tim Debat Jokowi Ungkap Strategi Serupa Saat Pilpres 2014

Penggunaan singkatan untuk bertanya kepada lawan digunakan Jokowi saat debat capres 2014 menghadapi Prabowo.

Baca Selengkapnya