CEK FAKTA: Tidak Benar Mayat Covid-19 Dibuang di Laut India sampai ke Perairan Sabah

Selasa, 8 Juni 2021 14:18 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Tidak Benar Mayat Covid-19 Dibuang di Laut India sampai ke Perairan Sabah ilustrasi laut. lawnstarter.com

Merdeka.com - Beredar informasi di media sosial yang menyebut jenazah penderita Covid-19 dibuang di laut India dan ditemukan di perairan Sabah, Malaysia.

Pada unggahan itu terdapat lima buah foto di sebuah kapal yang menampilkan proses pengangkatan jaring ikan dari laut dan terdapat mayat yang sudah membusuk itu terangkut bersamaan dengan ikan yang banyak.

"Mayat covid19 yang di buang laut di India sudah sampai di sabah siapa berani makan ikan patutlah ikan sekarang lain macam rasanya.!!!"

cek fakta tidak benar mayat covid 19 dibuang di laut india sampai ke perairan sabang
Turnbackhoax

Penelusuran

Hasil penelusuran, melansir dari Turnbackhoax foto yang diklaim sebagai penemuan mayat Covid-19 di laut Sabah nyatanya telah beredar pada tahun 2014 dan 2017.

Foto tersebut ditemukan dalam artikel brilio.net berjudul "Bukan ikan, nelayan ini temukan sesuatu yang mengerikan di jalannya" pada 2 Juni 2017 lalu.

Dalam artikel itu disebut, mayat tersebut ditemukan nelayan Malaysia, bernama Zhe Liu, seorang berkebangsaan China yang pergi ke resort Perhentian Island Resort, Pulau Perhentian Besar dengan keluarganya. Mayat pria ini dikenali dari tato pada dadanya.

"Sebelum kejadian tersebut, Zhe Liu pergi snorkeling sendirian. Sementara teman dan istrinya bergabung dalam aktivitas menyelam di lokasi lain," kata Kapten Besut Supt Mohd Zamri Mohd Rowi, saat itu.

Kesimpulan

Mayat yang diklaim ditemukan di laut Sabah Malaysia bukan mayat pasien Covid-19 yang dibuang ke laut. Foto itu pernah diunggah pada tahun 2017 silam dan mayat itu bernama Zhe Liu berkewarganegaraan China.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.brilio.net/ngakak/bukan-ikan-nelayan-ini-temukan-sesuatu-yang-mengerikan-di-jalanya-170601t.html#
https://turnbackhoax.id/2021/06/06/salah-foto-foto-orang-mati-covid-19-yang-dilempar-ke-laut-tiba-di-laut-sabah/ [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini