CEK FAKTA: Set Top Box Meledak di Perumahan Cikande, Tangerang? Simak Faktanya

Rabu, 7 Desember 2022 12:00 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Set Top Box Meledak di Perumahan Cikande, Tangerang? Simak Faktanya Ilustrasi kebakaran. antara

Merdeka.com - Beredar unggahan dengan narasi yang menyebutkan telah terjadi ledakan di Perumahan Taman Cikande, Kabupaten Tangerang, akibat set top box meledak.

Kejadian tersebut diklaim menyebabkan tiga korban jiwa meninggal dunia. Dalam Unggahan berupa video memperlihatkan sebuah bangunan hangus terbakar api.

“Perhatian sdulur semuanya bagi yg punya alat settopbox kalau tidak di tonton tolong di cabut terminal kontaknya ya guna untuk menghindari ledakan akibat settopbox Udh ada korban lagi keluarga di perumahan Cikande korban meninggal 3 anaknya 2 serta ART nya 1," keterangan dalam unggahan.

kominfo
©Kominfo

2 dari 3 halaman

Penelusuran

Dilansir dari laporan hoaks Kominfo, kejadian STB meledak dan menyebabkan tiga korban jiwa adalah tidak benar. Video pada narasi tersebut adalah situasi sebuah rumah usaha penatu atau laudry yang terbakar di Perumahan Taman Cikande, Kabupaten Tangerang. Adapun penyebab terbakarnya rumah tersebut bukan karena STB meledak.

Kepala BPBD Kabupaten Tangerang Ujat Sudrajat menambahkan dalam peristiwa kebakaran usaha penatu itu terdapat tiga korban jiwa.

Ketiga orang korban diketahui bernama Nanang (27), laki-laki sebagai karyawan laundry, Saka (2) dan Ali (7) yang merupakan anak dari pemilik usaha penatu.

"Ketiga korban itu diketahui laki-laki, korban langsung dilarikan ke RSUD Balaraja untuk dilakukan pemeriksaan," tutur dikutip dari ANTARA.

Ia menyampaikan kondisi toko usaha penatu yang sekaligus rumah tersebut mengalami kerusakan parah dengan satu mobil dan perlengkapan penatu hangus terbakar.

Kebakaran terjadi sekitar pukul 14.30 WIB, sekitar pukul 17.00 WIB api berhasil dipadamkan dan petugas pemadam dan korban berhasil dievakuasi.

Sedangkan perihal STB yang meledak, diberitakan oleh kanal YouTube Pikiran Rakyat, berjudul “Waduh STB di Kramatwatu, Kabupaten Serang, Meledak, TV hingga Meja Terbakar”

Dijelaskan STB milik warga Desa Tonjong, Kecamatan Kramatwatu, Kabupaten Serang yang meledak saat sedang digunakan pada Senin, 21 November 2022. Tidak ada korban jiwa.

3 dari 3 halaman

Kesimpulan

Klaim STB meledak dan menyebabkan tiga korban jiwa meninggal dunia adalah tidak benar. Faktanya kebakaran di Perumahan Taman Cikande, Kabupaten Tangerang, bukan karena STB meledak.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.kominfo.go.id/content/detail/46172/disinformasi-tiga-orang-meninggal-karena-stb-meledak-di-cikanddisinformasi-tiga-orang-meninggal-karena-stb-meledak-di-cikand/0/laporan_isu_hoaks
https://jatim.antaranews.com/amp/berita/660879/tiga-orang-meninggal-dunia-akibat-kebakaran-usaha-penatu-tangerang
https://www.youtube.com/watch?v=uLtiIqBmTKE

[lia]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini