CEK FAKTA: Hoaks Video Pertunjukan Robot di Shanghai, China

Jumat, 20 Mei 2022 15:36 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Hoaks Video Pertunjukan Robot di Shanghai, China Hoaks Video Pertunjukkan Robot di Shanghai, China. AFP

Merdeka.com - Beredar video yang diklaim menampilkan pertunjukan robot buatan China di Shanghai. Video pertama berdurasi tiga menit lebih satu detik itu menunjukkan seorang wanita melakukan pertunjukan akrobat bergantung di udara.

hoaks video pertunjukkan robot di shanghai china
AFP

Sebagian narasi dalam unggahan di Facebook itu berbunyi: "Tarian yang indah karya China di siarkan dari taman Shanghai. Mereka semua bukan ahli penari seni, tetapi semua adalah robot ciptaan China. Waktu pentas cuma sekitar 5 menit , tetapi antrian beli tiket masuk perlu waktu 4 jam, harga tiket rmb 499 (rp.1 juta)."

hoaks video pertunjukkan robot di shanghai china
AFP

Video kedua, yang menampilkan pertunjukan tari balet, diunggah di Facebook. Narasi dalam unggahan sebagai berikut:

"Tarian klasik ini baru diciptakan di China dan ditayangkan di ShangHai disneyland, mereka2 ini bukan artis tari wanita tetapi kesemuanya adalah robot2 made in China, waktu tayangan hanya sekitar 5 menit, tetapi waktu antri ticket membutuhkan 4 jam, harga tiketnya @499 yuan.setara Rp.1.000,500.- lihat gerak mimik wajahnya yg sempurna, terkirim video ini utk dilihat dan marilah kita nikmati bersama.."

Penelusuran

Hasil penelusuran, klaim video menampilkan pertunjukan robot buatan China di Shanghai salah. Kedua video itu menampilkan pertunjukan yang dipentaskan oleh manusia.

Dilansir dari AFP Periksa Fakta, video pertama menunjukkan pemain akrobat China. Video yang lebih panjang diunggajh akun program TV akrobatik dari Radio dan Televisi Guangdong, saluran TV milik pemerintah Provinsi Guangdong, Tiongkok.

Sebagian status unggahan berbahasa Mandarin itu berbunyi: "Liu Xiao, seorang gadis berusia 18 tahun dari Kelompok Akrobat Xi'an Zhanshi Zhanqi, naik ke udara dengan digantung oleh rambutnya, dengan hanya mengandalkan seikat rambutnya untuk melakukan tarian yang indah di udara."

Pertunjukan Liu yang lain disiarkan di sini oleh CCTV, stasiun TV milik pemerintah China, pada tanggal 5 September 2021.

Sedangkan video lainnya menampilkan penari balet dari sekolah tari Amerika yang pentas di China. Video itu diunggah oleh Jiangsu Broadcasting Corporation, saluran TV dan radio milik pemerintah Provinsi Jiangsu, China.

Rekaman video itu diambil dari acara televisi "Beyond Show", yang ditayangkan Jiangsu Broadcasting Corporation.

Judul video berbahasa Mandarin itu berbunyi: "MorningStar Dance Academy of Atlanta menampilkan 'balet kipas lipat', balet gaya China, yang menunjukkan keindahan China."

MorningStar Dance Academy of Atlanta adalah sekolah tari di Atlanta, di negara bagian Georgia, Amerika Serikat.

Kesimpulan

Klaim video menampilkan pertunjukan robot buatan China di Shanghai adalah tidak benar. Faktanya, video pertama menunjukkan pemain akrobat China. Video lainnya menampilkan penari balet dari sekolah tari Amerika yang pentas di China.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://periksafakta.afp.com/doc.afp.com.32AF86F

[noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini