CEK FAKTA: Hoaks Semifinal Sepakbola Sea Games Indonesia vs Thailand Diulang

Jumat, 20 Mei 2022 17:16 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Hoaks Semifinal Sepakbola Sea Games Indonesia vs Thailand Diulang Indonesia vs Thailand. ©AFP

Merdeka.com - Kabar laga semifinal SEA Games 2022 antara Indonesia Vs Thailand resmi diulang karena ada kejanggalan. Kabar itu beredar di media sosial Facebook.

Akun itu mengunggah sebuah video dari Youtube berjudul "RESMI DIULANG!! PANITIA SEA GAMES AKHIRNYA TEMUI KEJANGGALAN INDONESIA VS THAILAND - INI BUKTINYA"

Akun itu juga menambahkan narasi, "Timnas seharusnya mendapatkan hadiah pinalti.... Lagi lagi wasit yg merugikan timnas indonesia"

hoaks semifinal sepakbola sea games indonesia vs thailand diulang
©Liputan6.com

Penelusuran

Hasil penelusuran, dilansir dari Liputan6.com, dalam video berdurasi 2 menit 27 detik itu tidak ada pernyataan resmi bahwa laga semifinal SEA Games 2021 antara Indonesia Vs Thailand diulang karena ada kejanggalan.

Video itu hanya berisi opini dari pembuat video terkait kejadian dalam laga semifinal tersebut.

Selain itu dalam laman resmi SEA Games 2021, seagames2021.com terdapat artikel berjudul "Vietnam, Thailand to vie for gold in men’s football" yang tayang pada 19 Mei 2022.

Artikel tersebut menjelaskan bahwa Thailand dan Vietnam akan bertemu di final SEA Games 2021 cabang sepak bola putra. Kedua tim menang 1-0 dalam laga semifinal masing-masing melawan Indonesia dan Malaysia.

Kesimpulan

Laga semifinal Indonesia vs Thailand resmi diulang karena ada kejanggalan adalah hoaks. Tidak ada informasi valid terkait kabar tersebut. Faktanya, laga Thailand dan Vietnam akan bertemu di final SEA Games 2021.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.seagames2021.com/news/detail/a72a7245-51a5-4ab2-b27d-aa8a4dc37e6d?lang=en-US
https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4967159/cek-fakta-hoaks-video-sebut-laga-semifinal-sea-games-2022-indonesia-vs-thailand-resmi-diulang-karena-ada-kejanggalan

[noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini